Bagaimana kabar keluargamu sekarang? Semoga senantiasa baik dan harmonis. Membicarakan tentang rumah tangga memang menyenangkan, ada banyak hal yang bisa dilalui bersama. Namun, menjalani kehidupan sebagai keluarga juga cukup berat, apalagi jika menyangkut soal keungan. Faktor keuangan memang menjadi masalah yang cukup sensitif dalam sebuah keluarga, masalah ini bisa membuat keluarga hancur, tetapi mudah-mudahan hal ini tidak menimpa kita semua.

Jika sudah hidup atau baru hidup sebagai keluarga bersama pasangan, manajemen keuangan memang sangat penting untuk dibicarakan dan direncanakan. Dengan mengatur pemasukan dan pengeluaran yang tepat, segala kebutuhan bulanan dan kebutuhan lain dalam keluarga bisa dipenuhi.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki keuangan keluarga yang stabil, berhemat adalah salah satu cara paling ampuh untuk dipraktekkan. Berikut ini ada beberapa cara berhemat yang ampuh untuk menjaga keuangan keluarga kamu.

1. Berbelanja di pasar tradisional

Harga di pasar tradisional cenderung lebih murah

Harga di pasar tradisional cenderung lebih murah via https://kaskus.co.id

Saat ini supermarket memang sudah menjamur di mana-mana. Berbelanja di supermarket memang lebih mudah dan nyaman, terlebih dengan fasilitas AC yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di dalamnya. Namun, tanpa kita sadari berbelanja di supermarket atau mal akan membuat pengeluaran kita bertambah banyak dan besar.

Untuk mengatasi hal ini lebih baik jika kamu berbelanja di pasar tradisional. Meskipun tidak ada AC yang mengharuskan kamu panas-panasan, setidaknya di sini kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah dengan kebutuhan yang bisa kita dapat di supermarket.

2. Hemat listrik

Menghemat pemakaian listrik sangat berpengaruh pada pengeluaran

Menghemat pemakaian listrik sangat berpengaruh pada pengeluaran via http://benergi.com

Advertisement

Tagihan listrik setiap bulan memang harus dipikirkan prioritas pembayarannya. Terlebih saat ini kita banyak menggunakan peralatan elektronik yang membutuhkan daya listrik. Selain itu adanya kenaikan tarif listrik juga cukup membebani pengeluaran bulanan kita, daripada pengeluargan semakin membengkak, sebaiknya kamu mulai menggunakan peralatan elektronik dengan label hemat energi.

Selain menggunakan peralatan listrik berlabel hemat energi, kamu juga perlu membiasakan diri untuk disiplin menggunakan listrik. Misalnya mencabut charger setelah digunakan, karena jika tidak dicabut listrik akan terus mengalir percuma. Kemudian mematikan atau mengatur pendingin ruangan sesuai dengan luas dan banyaknya orang di ruangan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan lampu LED yang lebih hemat daya dan tahan lama.

3. Meminimalisir biaya trasportasi

Menghemapt pengeluaran dengan transportasi umum

Menghemapt pengeluaran dengan transportasi umum via https://pinterest.com

Sebagian besar keluarga di Indonesia pasti memiliki motor, sebagian lainnya juga memiliki mobil. Menggunakan alat transportasi pribadi setiap hari tentu membutuhkan biaya bahan bakar, memang tidak terasa jika kita mengisinya sedikit demi sedikit. Namun, jika dihitung mungkin pengeluaran untuk biaya bahan bakar saja sudah cukup tinggi. Maka dari itu alangkah baiknya membiasakan untuk menggunakan alat transportasi umum bila memungkinkan. Jika kamu harus berjalan sedikit untuk hal ini kamu akan mendapatkan manfaat sehat karena jalan kaki juga termasuk olahraga.

4. Kurangi hangout

Jangan sering-sering hangout

Jangan sering-sering hangout via https://huffingtonpost.com

Advertisement

Kebiasaan buruk lain yang bisa membuat pengeluaran bulanan kamu semakin boros adalah hangout. Berkumpul bersama teman untuk melepas penat memang sah-sah saja dilakukan, namun jika terlalu sering hingga menjadi kebiasaan tentu akan membebani dompet kamu. Karena jika sudah hangout di cafe atau restoran kita lebih susah untuk menahan untuk tidak mengeluarkan uang.

5. Prioritaskan menabung

Buat prioritas untuk menabung secara rutin

Buat prioritas untuk menabung secara rutin via https://www.theodysseyonline.com

Memiliki sebuah keluarga memang membuat kita menjadikan keluarga sebagai prioritas utama di atas prioritas pribadi. Dan karena faktor keuangan sangat berpengaruh dalam keluarga, menabung merupakan kebiasaan yang tepat untuk dilakukan pasangan. Dengan menabung kamu bisa memiliki cadangan uang yang bisa digunakan dalam saat-saat tertentu.

Biasakan menabung menjadi prioritas, jika kamu mendapatkan uang gaji atau rezeki lain, pertama-tama sisihkanlah untuk menabung yang nominalnya sudah disepakati, baru sisanya bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan lain, jangan di balik. Karena jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain dulu kamu bisa saja kehabisan uang untuk ditabung.

Selain itu jika hendak menabung untuk jangka panjang, alangkah baiknya jika uang diinvestasikan dalam bentuk emas atau surat berharga. Karena uang akan mengalami penurunan harga setiap tahunnya, dengan begini nilai uang anda akan terus berkurang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya