Mata memandang riang. Istri tercinta tertidur pulas penuh kedamaian. Teh hangat English Breakfast ditambah sedikit sentuhan susu memberi kesegaran. Derum suara pesawat terbang halus mengisi gelapnya malam dan sepinya kabin pesawat. Awan mungil seolah menari di depan mata, memahami betapa bahagianya sang penulis saat ini.

Bukan tanpa alasan sang penulis berbahagia. Hati sedang berbunga-bunga, karena impian masa kanak-kanak menjadi kenyataan. “Akhirnya aku bisa menginjakkan kaki ke Britania Raya!” Hati ini bersorak-sorai, penuh semangat, penuh rencana, penuh angan-angan.

Begitu pesawat mendarat di Bandara Gatwick, London, dengan langkah sigap sang penulis langsung menggandeng sang istri meninggalkan bandara untuk mengejar bus dari Gatwick menuju London Victoria, dengan harga £10 untuk dua tiket. Sangat murah, dan perjalanan sekitar satu jam menuju ibukota negara impian akhirnya menjadi nyata.

Pemandangan kota yang begitu indah dan mempesona, seakan menyihir sang penulis untuk tidak berkedip, menikmati segala sesuatu di depan mata. Sesampainya di London, perjalanan dilanjutkan menuju ke penginapan. Mungil dan hangat, begitu kesan penginapan yang kami pilih. Setelah membasuh diri sekilas dan bersiap-siap, sekarang saatnya untuk menikmati Inggris Raya, sang negara impian.

Perjalanan di London tentu harus dimulai dengan segala sesuatu yang populer. Istana Buckingham, London Eye, Big Ben, Tower of London, Westminster Palace, dan Sungai Thames tak luput dari serangan blitz kamera yang kami bawa. Dengan berbekal semua catatan perjalanan yang sudah tertata rapi, sekarang saatnya untuk menuju aneka tempat wisata anti-mainstream yang kita temukan!

1. Museum Sherlock Holmes

Museum Sherlock Holmes

Museum Sherlock Holmes via https://www.solosophie.com

Museum arkeologi? Sudah biasa. Madame Tussaud? Sudah biasa. Museum untuk seorang tokoh fiktif? Luar biasa! Sherlock Holmes merupakan tokoh fiktif buah karya Sir Arthur Conan Doyle, yang mungkin sudah sering kamu tahu dari komik Jepang Detective Conan. Buat kamu pecinta novel Sherlock Holmes, ini adalah tempat wisata yang wajib kamu datangi di London.

Dirancang dengan penuh ketelitian, museum ini bertekad untuk memberi pengalaman nyata tentang apa yang akan kamu lihat seandainya kamu adalah seorang tamu dari detektif kenamaan ini. Struktur bangunan yang sangat mirip dengan novelnya, peralatan-peralatan yang mungkin digunakan, bahkan biola yang mungkin dimainkan oleh Sherlock semua menjadi nyata di museum ini. Dengan £15, kamu bisa menikmati pengalaman mengasyikkan dan unik ini.

2. Thin House Knightsbridge

Thin House London

Thin House London via https://www.express.co.uk

Advertisement

Rumah dengan batu bata menjadi pemandangan yang sangat biasa di Eropa. Bangunan tinggi menjulang, pencakar langit, ataupun bangunan moderen menjadi santapan sehari-hari. Tapi tahukan kamu bahwa di Knightsbridge London, kamu bisa menemui rumah yang sangat kurus!

Dengan lebar bangunan tidak lebih dari enam kaki, atau kurang lebih 183 sentimeter, tentu kamu tidak akan bisa membayangkan betapa sempitnya ruangan di dalam. Bentuk bangunan yang unik, dan bisa kamu temui secara gratis, tentu memberi pengalaman yang berbeda dalam mengunjungi ibu kota Inggris ini.

3. Salisbury Cathedral

Setelah puas berjalan-jalan di London, sekarang saatnya melangkah lebih selatan menuju kota Salisbury. Perjalanan dapat ditempuh dalam waktu satu jam tiga puluh menit menggunakan kereta dari London Waterloo menuju kota Salisbury. Harga tiket adalah £9.55 per orang (harga tiket £9.10 per orang ditambah biaya booking sebesar £0.90 untuk dua orang). Harga ini tidak jauh berbeda dari harga bus, tapi perjalanan dengan bus akan memakan waktu kurang lebih tiga jam, sehingga kita lebih memilih untuk menggunakan kereta.

Advertisement

Salisbury adalah kota yang sangat cantik, dan penuh dengan nuansa sejarah yang kental. Salah satu objek wisata super cantik yang ada di tengah kota adalah Salisbury Cathedral. Katedral ini dibangun pada tahun 1220, dan masih berdiri dengan sangat megah! Bangunannya yang begitu kokoh, dibangun dengan gaya Gothic; merupakan salah satu contoh sempurna betapa megahnya gaya ini hingga menjadi salah satu gaya yang diadopsi di secara luas di dataran Eropa.

Apabila kamu ingin menikmati keindahan bangunan ini dari luar, kamu tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun. Tetapi apabila kamu sekaligus ingin mengikuti tur bangunan katedral ini, kamu bisa mempersiapkan uang sebesar £12.50 untuk pengalaman tak terlupakan!

4. Old Sarum

Old Sarum merupakan satu objek tempat wisata yang sangat luas dan memiliki beberapa bagian yang tidak kalah cantiknya, yaitu Iron Age Hillfort, The Royal Castle, dan reruntuhan katedral lama. Foto di atas merupakan foto dari Old Sarum secara keseluruhan, dan bisa kita bayangkan betapa luasnya tempat tersebut. Begitu banyak sejarah yang sangat menarik di sini. Kamu bisa pelajari sendiri, atau kamu bisa beli panduannya dengan harga £3,5.

Pada abad kedua belas, Old Sarum ini adalah sebuah kota yang ramai dengan katedral yang megah menjadi salah satu ikon kota. Karena sulitnya memenuhi kebutuhan air di kota ini, pada akhirnya kota ini ditinggalkan dan mereka membangun kota baru dengan nama New Sarum, yang pada akhirnya berubah nama menjadi.. Salisbury!

5. Stonehenge

Stonehenge

Stonehenge via https://unsplash.com

Stonehenge merupakan salah satu objek wisata mainstream, tetapi apabila kamu sudah sampai di Salisbury, kenapa tidak kita sekaligus mengunjungi relik bebatuan yang penuh dengan misteri ini. Bebatuan yang sangat besar dan menumpuk seakan memberi arti rahasia yang belum dapat dipecahkan hingga saat ini.

Apakah daerah ini merupakan daerah mistis? Atau mungkin merupakan daerah tempat pemujaan bagi leluhur? Atau dahulu merupakan tempat berkumpul para kesatria handal pelindung raja? Tidak ada yang tahu, dan semoga dengan semakin majunya teknologi, rahasia ini dapat cepat terkuak!

Masih banyak tempat-tempat wisata lain di Salisbury yang penuh dengan nilai sejarah. Tetapi sekarang saatnya sang penulis harus meninggalkan kota Salisbury dan menuju ke kota Bath di utara Salisbury, yang sangat terkenal dengan keindahan kotanya. Banyak yang mengatakan bahwa Bath mungkin kota terindah di Britania Raya! Dengan penuh semangat sang penulis dan sang istri bergerak menuju stasiun bus untuk menuju ke kota Bath.

Sang penulis yang sedikit lelah setelah menikmati betapa banyaknya pengalaman hidup baru di kota Salisbury, memutuskan untuk menutup mata sebentar… dan membuka matanya kembali setelah beberapa detik. Sang penulis tertegun, kenapa tiba-tiba dia berada di ruang kerja pribadinya? Ternyata, sang penulis hanya bermimpi! Mimpi yang begitu nyata, begitu indah, begitu mempesona..

Mimpi #AyoKeUK #WTGB #OMGB bisa menjadi nyata, apabilia kamu mempersiapkan diri dengan aneka artikel menarik dan informatif dari Hipwee Travel, disertai dengan kemudahan dalam membeli tiket pesawat maupun penginapan melalui WEGO Indonesia. Kamu siap untuk traveling? #AyoKeUK bareng-bareng!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya