Salam sahabat cantik,

Belakangan ini cuaca ekstrim sering terjadi nih dear, apalagi untuk temen-teman yang tinggal diwilayah Yogyakarta dan sekitarnya pasti sering menemui fenomena hujan kaget, dalam satu hari saat udara sangat panas suhu dapat mencapai 30-32ºC bisa saja tiba-tiba turun hujan lebat dan juga hujan lokal. Cuaca ekstrim seperti ini bisa berbahaya untuk kesehatan lo dear, so kita haru pintar menjaga stamina dan kondisi lingkungan yang bersih ya dear.

Bukan hanya teman-teman di Jogja ya, coba kita bayangankan bagaimana di kota-kota besar lainnya, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, bahkan Kalimantan dan daerah yang dilalui garis katulistiwa, so panasnya seperti apa bisa kita kira-kira sendiri ya dear.

Nah berbicara tentang panas, apa sih yang muncul dibenak kita, khususnya perempuan? Panas akibat radiasi matahari pastinya membuat kulit hitam dan bahaya yang lebih parah bisa menimbulkan kanker kulit. Jika cuaca panas, biasanya para wanita akan sibuk menyiapkan alat tempur untuk pergi keluar rumah nih dear, seperti masker, sarung tangan, jaket, dan lain-lain, apalagi untuk para wanita pengguna kendaraan roda dua yang tidak memiliki atap, sudah pasti jadi rempong alias repot ya dear.

Nah tulisan kali ini kita akan membahas kebiasaan-kebiasaan unik para wanita khususnya hijabers untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari. Simak terus ya dear

1. Hijaber dan Hand sock

Di tengah cuaca yang panas, radiasi matahari semakin terasa, apalagi bagi kalian yang tinggal di kota besar dengan gedung-gedung berkaca, dan juga asap kendaraan yang padat masalah kesehatan menjadi prioritas utama. Nah ada hal yang unik tentang kebiasaan para hijaber untuk melindungi kulit nih dear. Yaitu hand sock atau yang lebih dikenal dengan manset tangan. Hand sock berfungsi untuk melindungi aurat (batas anggota tubuh yang boleh dilihat oleh orang lain) yang bagi agama islam sangat dianjurkan dan bahkan wajib.

Advertisement

Nah selain untuk menunaikan kewajiban agamanya, hand sock ternyata dapat menjadi pelindung kulit pergelangan tangan dari paparan sinar matahari yang berlebih dear. Tidak hanya para hijabers lho yang menggunakan hand sock, karena berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari para atlit-atlit juga sering menggunakan hand sock lho, seperti atlit voli, futsal dan lain-lain. Biasanya sih, para atlit ini menggunakan hand sock untuk melindungi dari benturan bola ya dear, kadang kala juga hand sock digunakan untuk menutupi bagian lutut para atlit pria, lucu ya dear.

2. Hijaber dan Masker

Dear, mengapa wanita di identikan dengan makhluk yang ribet, alias tidak praktis, terutama klaim ini berasal dari para adam alias pria. Padahal kita sebagai wanita merasakan hal yang biasa dan normal saja. Nah salah satu yang sering menjadi klaim bahwa wanita ribet adalah keperluan atribut-atribut untuk bepergian seperti masker mulut. "Mau pergi saja persiapannya setahun" itu adalah salah satu celoteh yang sering kita dengar benar tidak dear? Iya kan.

Sejatinya, apa yang diklaim bahwa wanita ribet itu merupakan uapaya wanita untuk tetap menjaga kecantikan dan kesehatan. Apalagi para hijaber nih, biasanya masker nggak bakal ketinggalan untuk dipakai. Contohnya penggunaan masker mulut, khususnya untuk para pengendara sepeda motor masker mulut sangat penting untuk digunakan. Masker mulut berfungsi untuk menghambat udara kotor yang akan masuk kesistem pernafasan kita dear. Selain itu, penggunaan masker mulut ditengah terik matahari juga berguna melindungi kulit wajah kita dari paparan UV dan debu-debu yang mengandung partikel kotor. Coba mari kita bandingkan ketika kita menggunakan masker mulut dengan tidak menggunakan masker mulut.

Advertisement

Ketika kita membersikan wajah, kotoran muka pastinya akan lebih banyak karena aktifitas seharian di bawah sinar matahari dan debu-debu yang menempel dikulit. Nah dengan menggunakan masker, paling tidak kita dapat mengurasi jumlah debu dan kotoran yang menyebabkan masalah kulit kan dear. Ups, lagi-lagi jangan lupa meskipun kita menggunakan masker mulut jagan lupa untuk menggunakan tabir surya yang mengandung SPF tinggi.

3. Hijaber dan Kaos Kaki

penggunaan kaos kaki

penggunaan kaos kaki via https://dr6lu7haad5wd.cloudfront.net

Berbicara tentang kaos kaki, kita pasti ingat dengan sepatu ya dear. Karena jika kita mengguanakn sepatu maka kita tidak terlepas dari kaos kaki. Nah yang unik dari para hijaber yang biasanya menggunakan kaos kaki adalah tidak harus menggunakan sepatu loh dear. Rata-rata hijaber menggunakan sandal ataupun wedges tetap menggunakan kaos kaki.

Sebenarnya mengapa sih mereka gemar menggunakan kaos kaki? Beberapa teman hijaber mengungkapkan bahwa kaki termasuk aurat jadi harus ditutupi bagi wanita muslim, nah beberapa yang lainnya mengungkapkan bahwa terbiasa menggunakan kaos kaki untuk melindungi kaki agar kulit kaki tidak belang (warna kulit tidak merata).

Nah bagaimanapun alasan mereka, secara umum kaos kaki dapat melindungi kulit kaki ya dear, baik itu melindungi dari paparan sinar matahari maupun melindungi dari gesekan-gesekan sepatu atau sandal yang dapat membuat kulit kita lecet.

4. Menutup kulit secara manual, belum cukup untuk membuat kulitmu sehat dan terlindungi

menjaga kebersihan

menjaga kebersihan via https://i0.wp.com

Masih berkaitan dengan 3 tips sebelumnya ya dear, tips 1 sampai dengan 3 bisa dikategorikan sebagai tips menjaga kulit secara manual. Nah pertanyaannya kemudian adalah, apakah sudah cukup dengan kita menggunakan masker, hand sock, kaos kaki untuk melindungi bagian kulit kita yang susah tertutup. Mengapa dikategorikan susah tertutup karena kebiasaan perempuan umumnya tidak begitu memperhatikan kulit dibagian pergelangan tangan dan kaki ya, all hasil kulit menjadi belang alias warna tidak sama.

So menggunakan masker, kaos kaki, dan hand sock bisa membantu kamu menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Namun perlu dicatat ya dear, penggunaan penutup kulit secara manual ini kita juga harus ekstra bersih alias menjaga kebersihan. Misalnya jangan malas mengganti kaos kaki, niat menutup kulit kaki justru mengusir teman sebangku karna kaos kaki tidak pernah ganti, hehe

Karena sejatinya cantik itu adalah bagaimana kita menjaga kebesihan yang hakiki, baik kebersihan badan, pakaian, dan juga tempat tinggal, so keep health and clean ya dear.

5. Memilih produk perlindungan kulit yang tepat

penggunaan lotion yang tepat

penggunaan lotion yang tepat via https://hoathienthao111.blogspot.com

Nah selain menggunakan perlindungan kulit secara manual seperti yang telah kita bahas dalam poin ke 4 diatas, hal yang penting lagi adalah kita harus tetap mengguankan produk perawatan kulit yang baik dan tentunya halal dear. Seperti kebiasaan menggunakan masker akan lebih baik lagi jika dibantu menggunakan tabir surya yang memiliki spf min 15 sehingga radiasi matahari yang sampai kekulit tidak langsung membuat kulit kita gosong, dan menimbulkan kerusakan kulit lainnya.

Selain itu pemilihan hand and body lation yang tepat agar tetap menjaga kelembaban dan kesegaran kulit kita, karena jika terlalu lama kita menutup kulit kita dengan menggunakan kaos kaki hand sock dan lainnya juga dapat menggangu pernafasan kulit. So menjadi wanita cantik kita juga harus pintar ya dear.

Pintar memilih produk yang tepat. Seperti wardah hand and body lation Wardah ini, selain produknya yang halal yang tidak perlu dikhawatirkan oleh para hijaber juga merupaka produk yang pas banget untuk membantu meraawat kulit cantikmu.

Karena cantik itu pilihan, terima kasih semoga bermanfaat ya….

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya