Teman-teman jujur deh, apa yang pertama dicari sehabis melihat kalender baru? Pasti tanggal merah bukan? Mencari yang bertepatan pada hari Jumat agar bisa long weekend dengan keluarga, teman-teman, atau diri sendiri yang pastinya sudah ditandai oleh kamu dari jauh hari. Karena, long weekend adalah cara kamu melepas kelelahan dari dunia nyatamu, maupun untuk mengenal dirimu lebih baik.

Tapi, biasanya dengan liburan, pasti kamu mengeluarkan banyak duit. Mulai dari transportasi, hotel, juga makanan yang disantap tiap harinya. Apalagi waktu high season, saat semua orang bisa dan ingin berlibur. Akankah lebih baik kalau kamu bisa mengurangi pengeluaranmu untuk liburan? Inilah beberapa tips liburan maksimal dengan harga terjangkau!

1. Pesanlah tiket jauh hari sebelumnya, supaya kamu bisa menimbang-nimbang keuntungan dan kerugiannya

Pesan tiket dan hotel dari jauh hari

Pesan tiket dan hotel dari jauh hari via https://www.xplornet.com

Kalau kamu ada rencana untuk berlibur di luar kota, merencanakan segala kebutuhan jauh sebelum waktu liburan adalah hal yang menguntungkan. Ada baiknya kalau kamu bisa pesan tiket dan hotel dua hingga tingga bulan sebelum bepergian. Biasanya, dalam jangka waktu tersebut, kebanyakan orang belum kepikiran mau pergi ke luar kota! Maka, matangkan ide liburanmu itu! Semakin cepat kamu bisa pesan, semakin murah harga tiket pesawat dan hotel yang bisa didapatkan!

Advertisement

Tapi tidak semua orang bisa mendapatkan kenikmatan simpel itu. Untuk kamu yang masih harus menunggu tanggal gajian, atau yang diberi terlalu banyak kerjaan sama si boss, memesan tiket dan hotel dari jauh hari tidak akan bisa masuk ke dalam agenda. Nah maka dari itu, untuk tips kedua, ada harta karun untuk kamu yang ingin berlibur murah.

2. Situs-situs ini wajib kamu ketahui kalau mau dapat informasi diskonan tiket dan akomodasi

Situs-situs yang wajib kamu ketahui!

Situs-situs yang wajib kamu ketahui! via https://3rxg9qea18zhtl6s2u8jammft-wpengine.netdna-ssl.com

Situs Skyscanner dan Jetradar adalah pintu surga dalam berlibur dengan harga terjangkau. Kedua situs tersebut terlihat seperti layaknya situs liburan biasa, perantara untuk kamu yang sedang mencari hotel dan tiket pesawat. Tapi, uniknya, bagi kamu yang mengira situs berlibur sudah murah, akan dimurahkan lagi sama mereka! Bingung? Sama.

Skyscanner menawarkan pilihan “Everywhere” sebagai destinasi, dimana mereka akan menyaring dan memberimu harga termurah untuk tujuan berlibur manapun, disortir dari negara yang termurah. Sedangkan untuk Jetradar, walaupun mereka memberi penerbangan dengan lay over yang sangat panjang, tiket yang ditawarkan oleh mereka dijamin murah dibandingkan harga tiket pesawat lain. Satu tip kecil, buka situsnya dalam kondisi halaman incognito atau private, sehingga website cookies kamu tidak bisa dilacak oleh orang lain, menjaminkanmu tiket pesawat termurah. Aneh, tapi berhasil.

Advertisement

Tapi, untuk ini, kamu harus bisa menyesuaikan destinasi liburan kamu dengan hasil yang keluar. Jangan punya satu tujuan tertentu! Jangan pilih-pilih! Karena semakin spesifik destinasinya, semakin mahal penerbangannya. Kamu ingin mendapatkan harga yang lebih murah, jangan minta kemewahan. Berlibur ke kota yang tidak direncanakan sebelumnya, percaya, liburan kamu pasti lebih seru!

3. "Lalgu, gimana sih cara milih pesawat yang tepat?"

Pemilihan pesawat penghubung

Pemilihan pesawat penghubung via https://smedia2.intoday.in

Hal selanjutnya bisa dibilang sedikit berisiko. Tapi, bukankah kita hidup untuk mengambil risiko? Misalnya, kamu harus pergi ke Amsterdam untuk mengunjungi nenekmu tapi hanya bisa menemukan tiket seharga 15 juta rupiah. Tapi, setelah menelusuri situs-situs penerbangan lebih lanjut, kamu menemukan pesawat dengan harga yang jauh lebih murah. Transit ke Bristol lalu berpindah ke pesawat lain untuk ke Amsterdam. Bukankah itu lebih hemat? Uangmu bisa dipakai untuk kebutuhan yang lebih penting, bahkan untuk liburan selanjutnya!

Tapi seperti yang disebut sebelumnya, memang ini hal yang berisiko. Karena kalau misalnya penerbangan dibatalkan atau tertunda, maka kemungkinan untuk mengejar penerbangan yang kedua semakin kecil. Untungnya, ada satu tip untuk itu. Kamu bisa menyelesaikan masalah itu dengan membuat jangka waktu antara kedua penerbang tersebut lebih longgar, amannya minimum 6 jam, agar bisa menutupi segala masalah yang bisa muncul dalam perjalanan spesial kamu itu.

4. Trik memilih akomodasi ini juga perlu kamu pelajari!

Siapa yang tidak kenal Airbnb? Situs travel yang memberi kamu akomodasi homey, mau dalam bentuk apartemen, kamar, atau rumah. Tidak banyak yang tahu, Airbnb suka membagikan potongan harga per minggu atau untuk sebulan. Jadi bagi kamu yang berencana untuk berlibur dalam waktu panjang, coba telusuri. Jika kamu akan bepergian dengan keluarga atau dalam kelompok, akan jauh lebih murah menyewa satu apartemen atau rumah di Airbnb ketimbang menyewa kamar hotel yang banyak.

Selain itu, karena kamu ingin mengurangi pengeluaran, hostel adalah solusi lainnya. Hostel adalah bentuk akomodasi dimana kamu menyewa kasur di dalam satu kamar. Cocok untuk kamu yang akan berlibur sendirian atau bersama 1-2 teman. Iya, kamu akan satu kamar dengan sekelompok orang yang kamu tidak kenal. Tapi, coba pikir lagi, orang-orang yang kamu akan temui itu bisa jadi orang terkeren yang kamu kenal! Lagi, akankah lebih baik jika kamu bisa menggunakan uangmu untuk hal-hal lain?

5. Milikilah kartu-kartu sakti seperti di bawah ini…

Kartu-kartu sakti

Kartu-kartu sakti via http://thegate.boardingarea.com

Memiliki kartu kredit yang bekerja sama dengan pesawat sangat menguntungkan. Untuk kartu kredit seperti itu, setiap kamu melakukan suatu transaksi akan ada poin yang masuk. Hanya dengan menggesek kartu dalam pembelian apapun, tiba-tiba kamu bisa mendapatkan kursi, dinaikan kelasnya, bagasi gratis, dan akses ke lounge karena kamu bermitra dengan suatu pesawat karena kartu kreditmu itu. Bahkan, ada beberapa kartu kredit yang memberimu global entry, dimana kamu tidak perlu mengantri lama di imigrasi dan langsung meluncur ke depan barisan.

Tapi terkadang, belum tentu membuat kartu kredit jawaban yang mudah. Maka dari itu, kartu airline miles adalah opsi selanjutnya.

Sekarang ini, ada tiga kelompok pesawat terbesar, Star Alliance, One World, dan Skyteam. Ada sekitar 20 (atau lebih) perusahaan penerbangan yang bekerja sama di tiap persekutuan itu. Nah, kamu tinggal cari dan pilih kelompok yang bermitra dengan pesawat-pesawat yang kamu sering gunakan. Mereka akan lacak perjalananmu. Nah mungkin kamu bakal bertanya, untuk apa perjalananku di-track? Aku hanya ingin tiket murah! Well.. seperti kartu kredit yang diatas, kamu mendapatkan beberapa keuntungan! Bagasi extra, lounge, hanya karena kamu memilih untuk terbang dengan pesawat-pesawat yang saling bekerja sama itu! Enaknya lagi, mendaftar untuk kartu airline miles itu gratis! Jadi mau nunggu apa lagi?

Berlibur itu hanya susah dan mahal kalau kamu orang yang sulit. Tidak penting. Hilangkan! Memiliki kepribadian itu hanya akan menahan kamu dari melakukan hal-hal keren di hidup kamu dan bertemu orang-orang keren dari seluruh dunia. Ya, mungkin kamu akan bertemu seseorang yang mengorok di kamar hostel berisi 8 kasur itu, atau transit 5 jam di airport yang kecil. So what! Emang kenapa? Kamu akan mengalami salah satu momen terbaik dalam hidupmu, dan lebih banyak uang di saku kamu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya