Hutan mangrove adalah ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Salah satu ciri tanaman mangrove memiliki akar yang menyembul ke permukaan. Penampakan mangrove seperti hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut. Tak hanya berfungsi sebagai penahan abrasi dan menjaga keseimbangan ekosistem, kini hutan mangrove dikembangkan menjadi destinasi wisata favorit.

1. Taman Hutan Mangrove PIK Jakarta

Jembatan besar Hutan Mangrove PIK via https://sukagitu.com

Selain foto, di sana kita bisa camping. Jangan khawatir hujan atau binatang melata dari rawa mangrove, camping di sini sudah diakomodasi dengan fasilitas yang memadai dengan pilihan camp ground ataupun villa. Bagi yang ingin berwisata singkat bisa berjalan-jalan mengelilingi rimbunnya tanaman bakau ke seluruh area dan melihat burung dari menara. Banyak sekali burung putih yang sepertinya sejenis belibis.

Di sana juga menyediakan aneka wisata air, bisa canoeing maupun sepeda air yang berupa bebek besar, pas banget bagi yang mendambakan kesejukan setelah tersengat matahari saat mengelilingi area hutan mangrove.

2. Nusa Penida Bali

Mangrove Point | Nusa Penida Bali via http://google.com

Advertisement

Nusa Penida dibentuk dengan salah satu tujuannya itu perikanan yang berkelanjutan selain pariwisata yang berkelanjutan dan perlindungan keanekaragaman hayati laut. Di dalam kawasan konservasi itu dibuat zona-zona seperti zona inti yang gunanya untuk melindungi tempat-tempat ikan berpijah dan bertelur sehingga zona ini sama sekali tidak boleh diganggu.

3. Hutan Mangrove Surabaya

Jalanan setapak yang terbuat dari kayu via http://google.com

Di Indonesia, wisata mangrove yang paling terkenal adalah Wisata Alam Pantai Indah Kapuk Jakarta dan Nusa Penida Bali. Kedua mangrove ini gaungnya juga sudah terkenal sampai wisatawan asing.

Nah, ternyata di Surabaya pun memiliki hutan mangrove yang tak kalah bagus, tak hanya itu juga mudah di jangkau.

4. Hutan Mangrove Tapak Tugurejo Semarang

Canoeing di Hutan Mangrove Tapak Tugurejo via http://google.com

Dari area parkir kendaraan, para pengunjung akan dibawa menggunakan delman atau andhong untuk menuju area kedatangan lokasi ekowisata hutan mangrove tersebut.

Di sana telah siap menunggu para penyambut tamu yang mengalungkan kain samir batik dengan keramahannya.

5. Hutan Mangrove Tongke Tongke Sinjai

Foto Drone Mangrove Tongke Tongke via http://google.com

Menikmati panorama alam di Kabupaten Sinjai, tidak langkap rasanya jika kita berpelesiran kearah utara Sinjai saja.

Dibagian timur laut Kabupaten Sinjai jejeran dan rimbunan hutan bakau yang tertata alami, pesisir laut Tongke-Tongke menampakkan keindahan panorama alam serta ribuan kelelawar yang bergelantungan pada tiap bulan April sampai pada bulan September mengikuti musim adaptasi lingkungan spesies binatang tersebut.