Seorang calon penulis atau penulis pemula terkadang mengalami kesulitan dalam mendapatkan ide baru untuk bahan tulisan yang akan dituangkan pada blog pribadinya atau buku catatannya. Wajar sih, karena biasanya ide-ide ini tidak selalu muncul tepat waktu disaat kamu membutuhkannya. Bahkan tidak jarang otak kamu dipaksa untuk berpikir keras agar ide dan inspirasi itu muncul. Jangan ya guys. Kasian otaknya. Bukannya malah dapat ide, nanti malah stress.

Nah, mungkin 5 cara berikut ini bisa kamu praktekkin ketika kamu mengalami masalah seperti di atas. Simak, yuk !

1. Mendengarkan lagu favoritmu

Pasang headphone, atur volume, setel deh lagu favoritmu… via http://www.ampera.co

Musik memang sudah jadi karya seni yang susah dilepaskan dari kehidupan kita. Nggak hanya tanpa cinta hidup bisa jadi hampa. Itu ternyata berlaku juga lho buat musik. Tanpa musik hidup juga bisa jadi hampa. Hampa banget. Nah, ketika ide yang kamu butuhkan belum datang, kamu bisa coba cara ini. Kamu bisa dengerin semua jenis musik kesukaan kamu. Apa aja, yang menurut kamu enak. Mulai dari yang beraliran dangdut, keroncong, jazz, blues, rap, R&B atau mungkin rock. Hmmm….

Tapi kalau saran sih, coba kamu dengerin lagu dengan alunan musik yang beraliran easy listening gitu. Contohnya Afternoon Talk – There's Only One Thing You Should Know, Hollywood Nobody – Kiss The Pain Away atau Mocca – My Only One.

Lagu lainnya mungkin bisa kamu tambahkan sendiri ya 🙂

2. Coba refreshkan pikiranmu dengan jalan-jalan

Advertisement

Bisa jalan-jalan sendiri atau bareng pacar (kalau punya) via http://intisari-online.com

Jalan-jalan nggak harus melulu yang jauh kok. Kamu bisa coba kegiatan ini di sekitar rumah kamu contohnya di taman. Pemandangan rumput hijau dan pohon-pohon yang ada di sana bisa membuat kamu segar dan tenang. Bisa kamu lakukan sambil jalan kaki atau dengan bersepeda juga kan ? Itung-itung sekalian olahraga hihihi. Selain taman, kamu juga bisa mencoba tempat yang agak jauh sedikit, contohnya seperti gunung, pantai atau sawah. Sebuah ide atau inspirasi biasanya datang ketika kamu dalam keadaan santai atau relax, guys.

3. “Nongkrong” di kamar mandi

Masa kalah sama adek lucu ini.. via http://blog.tokopedia.com

Selain berfungsi sebagai tempat untuk mandi atau membersihkan diri ternyata kamar mandi juga mempunyai fungsi yang lain lho.. Yyaap, salah satunya sebagai tempat mengumpulkan ide. Percaya atau tidak, cara ini dianggap ampuh bagi kebanyakan orang. Entah itu terjadi pada saat sedang mandi, sedang keramas, sikat gigi atau sedang BAB. Sebenarnya nggak ada teori pasti yang menerangkan bahwa dengan "nongkrong" di kamar mandi, ide dan inspirasi itu pasti muncul tapi bagi beberapa orang yang sudah mengalaminya yaa percaya-percaya aja. Begitulah faktanya.

Kalian pernah mengalaminya ?

4. Merenung sebelum tidur

Ngelamunin apa neng ?? via http://www.gponline.com

Saat di kasur sebelum tidur, sekali-kali kamu bisa coba untuk merenung sejenak tentang apapun. Contohnya kamu bisa merenung tentang hal-hal yang ingin kamu lakukan pada keesokan harinya atau merenungkan tentang konsep apa yang ingin kamu jadikan bahan untuk tulisanmu. Yang terpenting adalah kamu harus memikirkan segala sesuatu yang berbau positif yaa. Jangan merenungkan hal-hal yang negatif. Ingat, positif !! Biasanya saat di kasur menjelang tidur, badan dan pikiran sudah mulai santai dan tidak tegang, siapa tau ide cemerlang yang kamu harapkan tiba-tiba muncul tidak terduga.

5. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa

Berdoalah.. via http://syariahcenter.com

Apabila 4 cara di atas sudah kamu lakukan namun tidak ada yang berhasil. Jangan menyerah. Tenang, masih ada cara terakhir yaitu berdoa. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan biarkan ide serta inspirasi itu muncul dengan sendirinya. Karena usaha yang didasari tanpa doa pun itu juga akan jadi percuma.

Bagaimana ? Siap mencoba 4 cara diatas atau hanya salah satunya ?

Semoga berhasil yaa..

Good Luck!