Ide Olahan Telur Rebus yang Murah, Bergizi, dan Nikmat di Lidah Anak Kos

Telur adalah salah satu bahan pangan yang terbilang sangat mudah dijumpai. Meskipun harganya kadang turun dan sering naik, telur termasuk bahan yang hampir selalu ada di setiap rumah. Itulah salah satu alasan mengapa telur termasuk dalam anggota sembilan bahan pokok. Padahal dulunya, telur ini sempat menjadi salah satu makanan yang terbilang mewah karena yang tersedia adalah telur ayam kampung. Saat itu, telur ayam broiler belum tersebar secara merata atau bahkan belum muncul sehingga tidak banyak yang bisa menjadikan telur sebagai bahan pokok.

Tidak hanya dapat dijumpai di setiap rumah, rata-rata anak kos pun menjadikan telur sebagai bahan pokok di tempat tinggal mereka. Anak kos memang sering dipandang sebagai orang yang memiliki budget rendah. Sebetulnya bukan karena budget yang rendah, sih. Mereka lebih condong ke menerapkan prinsip hidup hemat supaya kehidupannya di perantauan tetap bisa berjalan dengan baik.

Kalau kamu anak kos, sebetulnya bosan nggak sih kalau telur cuma digoreng atau direbus? Tanpa kamu jawab pun, jawabannya sudah bisa ditebak, hehe. Nah, ngomong-ngomong soal telur goreng dan rebus, ternyata telur rebus itu lebih sehat, lho!

Berdasarkan informasi dari British Journal of Nutrition, telur rebus lebih sehat karena kandungan lemaknya yang lebih rendah. Oleh karena itu, supaya kamu nggak bosan dengan olahan telur rebus yang begitu-begitu saja, simak ide olahan telur rebus yang cocok buat anak kos di bawah ini, ya!

Advertisement

1. Perfect Hard Boiled Eggs

photo by Trang Doan on Pexels

photo by Trang Doan on Pexels via https://www.pexels.com

Perfect hard boiled eggs ini istilah telur rebus dalam bahasa inggris. Olahan telur rebus ini merupakan cara yang paling simpel. Cukup merebus air sampai mendidih kemudian masukkan telur ke dalam rebusan air secara perlahan supaya telur tidak pecah.

Setelah itu, tunggu selama kurang lebih 8 menit. Setelah matang, rendam dalam air dingin selama beberapa saat lalu kupas cangkangnya. Telur rebus bisa langsung dinikmati atau diberi sedikit garam, lada, dan taburan bumbu lainnya sesuai seleramu.

Advertisement

Mengapa tidak direbus selama 5 menit saja supaya jadi setengah matang? Nah, sesuai dengan namanya, Perfect hard boiled eggs merupakan telur rebus dengan kuning telur yang tidak lembut alias padat.

Di Indonesia, telur rebus yang matang sempurna lebih disarankan daripada telur setengah matang. Hal ini disebabkan karena kebersihan telur ayam konsumsi di Indonesia belum terjamin sehingga dikhawatirkan orang yang mengonsumsinya akan keracunan. Tapi, kalau memang sudah yakin dengan kebersihan telur yang akan kamu makan, boleh saja kok menikmati telur rebus setengah matang.

2. Ajitama

Advertisement
photo by Serious Eats on Pinterest

photo by Serious Eats on Pinterest via https://id.pinterest.com

Ajitama merupakan telur yang sudah direbus kemudian direndam dalam larutan kecap asin dan bahan lain, seperti bawang putih cincang, lada, dan sedikit gula. Istilah ‘ajitama’ berasal dari Jepang yang artinya telur rasa.

 

Biasanya, ajitama menjadi pelengkap ramen atau makanan Jepang lainnya. Nah, untuk kamu yang mulai bosan jika telur hanya direbus kemudian diberi taburan bumbu penyedap, cara ini bisa kamu terapkan supaya makanan yang masuk ke dalam mulutmu lebih bervariasi.

3. Deviled Eggs

photo by Allrecipes on Pinterest

photo by Allrecipes on Pinterest via https://id.pinterest.com

Membuat deviled eggs terhitung mudah untuk anak kos. Cukup mempersiapkan telur, bumbu penyedap dan satu bahan tambahan, yaitu mayones. Telur yang sudah direbus sampai matang sempurna kemudia dibelah menjadi dua bagian.

 

Setelah itu, sisihkan bagian kuning telur ke dalam kantong plastik yang kemudian akan dihaluskan bersamaan dengan mayones. Kuning telur yang sudah tercampur rata dengan mayones kemudian diletakkan dalam cekungan putih telur dengan bentuk mengerucut ke atas. Deviled eggs siap disantap dan cocok dijadikan sebagai menu sarapan.

4. Eggs Bun

photo by Paleo Hacks on Pinterest

photo by Paleo Hacks on Pinterest via https://id.pinterest.com

Berbeda dari egg bun yang menjadi makanan asal Korea, egg bun yang satu ini menjadikan telur rebus sebagai pengganti roti pada burger. Cara membuatnya cukup mudah.

 

Telur yang sudah direbus, dipotong menjadi 2 bagian sehingga bentuknya mirip seperti bun pada burger. Di bagian tengah potongan telur bisa diisi dengan sayur-sayuran dan sosis yang sudah diiris tipis serta saus atau mayones.

 

Setelah itu, tusuk bagian atas telur menggunakan tusuk gigi sampai menembus ke lapisan telur paling bawah. Memang terlihat sedikit agak ribet dan kurang ramah di kantong anak kos. Tapi, olahan ini merupakan menu sehat yang bisa membantu menjaga keseimbangan gizi anak kos.

5. Scotch Eggs

photo by Tastemade UK on Pinterest

photo by Tastemade UK on Pinterest via https://id.pinterest.com

Sebetulnya, scotch eggs merupakan olahan yang kurang cocok dijadikan menu makan anak kos. Tapi, mencoba olahan telur rebus ini sesekali di awal bulan juga tidak salah, kok. Scotch eggs merupakan makanan yang berasal dari eropa. Scotch eggs adalah telur rebus yang dibalut dengan daging cincang kemudian dibalut lagi dengan tepung roti.

Setelah tepung roti sudah membaluti daging dengan rata, scotch eggs siap digoreng dan disantap. Memang kurang ramah di kantong, tapi makanan ini sangat nikmat di lidah anak kos.

Itu tadi adalah 5 ide olahan telur rebus yang sehat dan bervariasi. Dengan adanya menu yang bervariasi, makan dengan bahan seadanya di kos pun lebih bersemangat. Kalau sudah begitu, tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk jajan makanan setiap hari dan prinsip hemat ala anak kos pun dapat terpenuhi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Orang biasa yang tidak bisa apa-apa tanpa campur tangan dari-Nya

CLOSE