Ide Storage Kamar Mandi Minimalis yang Autokeren

8 tempat penyimpanan unik dan keren di kamar mandi berukuran mungil

Memiliki kamar mandi minimalis memberikan tantangan bagi pemilik rumah. Yakni bagaimana menyusun tempat penyimpanan untuk perlengkapan mandi agar terlihat rapi dan teratur. Tempat penyimpanan kamar mandi merupakan bagian terpenting yang wajib diperhatikan.

Tak hanya berfungsi menyimpan alat-alat mandi saja, tempat penyimpanan seperti rak akan membuat kamar mandi terlihat lebih menarik. Ada banyak cara kreatif untuk menyimpan peralatan mandi, sehingga kamar mandi tidak terlihat membosankan walaupun ukurannya mungil. Kamar mandi akan nyaman digunakan dan tampak lebih menarik.

Berikut ini beberapa ide kreatif tempat penyimpanan kamar mandi yang bisa kamu coba terapkan di rumah.

Advertisement

1. Di sekitar area bathtub atau meja wastafel

Tempat penyimpanan di area bathtub dan wastafel, kamar mandi Ize Hotel oleh Antony Liu Ferry Ridwan Studio Tonton

Tempat penyimpanan di area bathtub dan wastafel, kamar mandi Ize Hotel oleh Antony Liu Ferry Ridwan Studio Tonton via https://www.arsitag.com

Tak perlu bingung, kamu bisa memanfaatkan dinding kamar mandi untuk dijadikan tempat menyimpan peralatan mandi maupun handuk. Buatlah cerukan atau ambalan yang terlihat menonjol di area dinding kamar mandi. Kamu pun bisa sengaja membuat meja wastafel lebih lebar di bagian sisinya untuk memudahkan menjangkau sabun, sampo, ataupun sikat gigi. Desain yang praktis dan memiliki estetika yang menarik.

2. Maksimalkan area bawah wastafel

Tempat penyimpanan di bawah wastafel, kamar mandi Golden Tulip Devinz Skyvilla oleh Monokroma Architect

Tempat penyimpanan di bawah wastafel, kamar mandi Golden Tulip Devinz Skyvilla oleh Monokroma Architect via https://www.arsitag.com

Biasanya ruang bagian bawah wastafel kamar mandi menjadi area kosong. Kamu bisa memanfaatkannya untuk dipasangkan rak khusus menyimpan handuk atau perlengkapan mandi lainnya. Tempat penyimpanan akan membuat suasana kamar mandi terlihat rapi dan tidak berantakan.

Advertisement

3. Gantungan tangga

Tempat penyimpanan peralatan mandi model tangga, kamar mandi Tanjung Mas House oleh Inspiratio

Tempat penyimpanan peralatan mandi model tangga, kamar mandi Tanjung Mas House oleh Inspiratio via https://www.arsitag.com

Ada cara yang lebih praktis sekaligus dekoratif untuk tempat penyimpanan kamar mandimu, yaitu dengan menggunakan tangga sender. Kamu bisa menggantungkan handuk dan rak-rak kecil untuk peralatan mandi yang bisa ditempatkan di dekat toilet duduk. Jadi, kamu tak perlu repot-repot membuat gantungan lagi.

4. Tempat penyimpanan di dinding

Tempat penyimpanan perlengkapan mandi di dinding, kamar mandi Apartment at Kemang oleh Atelier Prapanca

Tempat penyimpanan perlengkapan mandi di dinding, kamar mandi Apartment at Kemang oleh Atelier Prapanca via https://www.arsitag.com

Ide yang satu ini bisa kamu terapkan saat ingin merenovasi kamar mandi. Memasang lemari atau laci di dinding adalah ide yang tidak pernah salah. Kamu bisa membuat lemari tersebut di atas wastafel sehingga kamar mandi tampak nyaman tak ada barang-barang yang berantakan. Model penyimpanan ini dapat menyembunyikan berbagai perlengkapan mandi seperti handuk cadangan dan peralatan mandi lainnya.

5. Rak melayang terbuka

Tempat penyimpanan kamar mandi dengan rak gantung terbuka

Tempat penyimpanan kamar mandi dengan rak gantung terbuka via https://www.cherryburtonftlp.org

Untuk kamar mandi berukuran mungil, gunakan tempat penyimpanan berupa rak gantung yang seolah “melayang”. Ide yang sangat ampuh agar tidak banyak memakan tempat untuk menyimpan berbagai peralatan mandi. Sementara untuk handuk, kamu bisa membuat tiang gantungan di meja wastafel. Selain terlihat rapi, kamar mandi ini memiliki gaya kontemporer dan terkesan natural dengan penggunaan perabot kayunya.

Advertisement

6. Tempat penyimpanan tepat di atas kloset

Rak penyimpanan di atas kloset, kamar mandi Senayan Residensial oleh Wawan Setiawan

Rak penyimpanan di atas kloset, kamar mandi Senayan Residensial oleh Wawan Setiawan via https://www.arsitag.com

Kamu pun bisa memanfaatkan area di atas kloset yang seringkali dibiarkan kosong. Pasang tempat penyimpanan berupa rak built-in. Tak perlu berukuran besar, yang penting cukup untuk menyimpan alat mandi seperti sikat gigi, sampo, sabun, dan peralatan kecantikan. Model rak yang ditanam dalam dinding membuat kamar mandi terlihat lebih menarik.

7. Fungsional dengan rak memanjang

gantung memanjang untuk lebih banyak tempat, kamar mandi P Modern Home oleh Inspace Studio

gantung memanjang untuk lebih banyak tempat, kamar mandi P Modern Home oleh Inspace Studio via https://www.arsitag.com

Daripada kamar mandimu berantakan akibat banyaknya printilan alat mandi, mengapa tidak membuat rak gantung memanjang saja? Menggunakan rak ramping model memanjang, peralatan mandi lebih tertata rapi dan bersih, serta memudahkan kamu untuk mencarinya.

8. Sembunyikan di balik cermin

Tempat penyimpanan di balik cermin, kamar mandi Foresta Fiore House oleh DDAP Architect

Tempat penyimpanan di balik cermin, kamar mandi Foresta Fiore House oleh DDAP Architect via https://www.arsitag.com

Supaya tidak terkesan berantakan, sembunyikan perlengkapan mandi di balik cermin dinding. Langkah yang efisien sekaligus memberikan pandangan yang lebih luas pada area kamar mandi. Letakkan rak yang dilengkapi dengan cermin di atas wastafel, supaya lebih memudahkanmu menjangkaunya.

Bagaimana, sudah adakah inspirasi yang tepat untuk tempat penyimpanan kamar mandimu? Atau apakah kamu punya ide lainnya? Jangan lupa bagikan juga di sini, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE