Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Saat aku masih kecil, banyak sekolah meliburkan semua siswanya selama 30 hari penuh, bahkan ditambah dengan cuti lebaran. Tetapi sekarang terasa sedikit berbeda, apalagi kuliah disini yang hanya libur selama 2 minggu. Tetap disyukuri 😀

Masuk di kampus biru ini mengajarkanku bahwa ramadhan itu tak hanya berkumpul bersama keluarga, tetapi ada keluarga lain yang bisa membuatku seolah-olah berada dirumah, yaitu bersama teman-teman. 

Banyak hal-hal yang tetap kita lakukan disini saat bulan ramadhan tiba.. Apa aja yah? ???

1. Hari puasa yang namanya kuliah tetep jalan. Dosen masuk full time dan full tuga. Tetap semangat yah !!

yeyen rachma via https://www.facebook.com

Kuliah di hari puasa lumayan menantang perut. hehe. Tidak peduli bulan ramadhan, sebagai kewajiban taruna di Sekolah Tinggi Transportasi Darat, kita tetap melaksanakan perkuliahan, bahkan sampe sore.

Senin

Danton : teman2, nanti jam 1 ada kuliah ya. jangan lupa tugasnya

Selasa

Danton: teman2, dosennya g msuk, ini dikasih tugas dikumpulin sebelum jam 12.

Rabu

(Kuliah Full time)

Kamis:

Tugas kelompok

Jumat

Danton :teman2, bapaknya g masuk, jangan lupa tugas penjadwalan kapal sampai rekayasanya ..

hohooooooiiiiiii

2. Biasanya “buka bersama” menjadi budaya disini…

Advertisement

@yeyensponsca95 via https://twitter.com

Ada buber jurusan, buber kelas, buber almamater, buber apa lagi yah. … Padahal tiap hari kita buber loh,, buber di ruang makan merpati 😛

gapapa sih buber terus, tapi ini yang biasanya terjadi….

(ceritanya lagi di kamar)

tok tok tok..

As: ijin kak, nama taruna muda astutik (misalnya) ijin masuk kak

Yen : masuk dek, ada apa dek..

As: ijin menyampaikan kak, minggu ini ada buber (ini itu) bayarnya sekian sekian sekian (Rp Rp Rp)……………….

Yen : oh iya dek, nanti kesini lagi ya, kakak tanyain dulu sama temen2 kakak (padahal itu trik biar g bayar dulu,, soalnya g punya uang ).. hehe

3. Gak kalah lagi,, waktu surveypun dijadikan moment untuk buka bersama

yeyen rachma via https://www.facebook.com

Curi-curi waktu luang,, setelah survei enaknya buka bersama diluar bersama teman2 kelas.. Meskipun lelah satu hari penuh untuk survey,, tapi masih ada kesempatan buat buka bersama.. Dimanapun tempatnya, yang penting kebersamaannya.

4. Tapi, hal yang sangat dirindukan ketika kita sedang sekolah di perantauan yaitu buka puasa bersama keluarga

@yeyensponsca95 via https://twitter.com

Yang paling dirindukan seperti bagaimana keluarga membangunkanku di waktu sahur,

"yen, ayo tangi2.. "

"sahuuur… selak entek loh panganane"

"bantu2 noto piring ndek mburi" 😀 😀

kita juga bersama-sama menikmati acara televisi. Aku, ayah, ibu, mbak, mas seringkali tertawa melihat tingkah polah artis di televisi untuk menghibur penonton di kala sahur. Saat buka puasapun begitu juga. nyiapin untuk berbuka puasa,, kadang2 sampe nyobain makanannya dan lupa kalo lagi puasa.. ups .. 😀

"wadoh rek lali, kan aku poso iki. gpopo wes, terlanjur. kan g sengojo .. hahaha 😀 :D"

5. Ramadhanku memang terasa lengkap dengan senyum keluargaku

@yeyensponsca95 via https://twitter.com

Bulan ramadhan memang terasa indah saat bersama keluarga yang kita cintai. Keluarga akan selalu berada didekatmu saat kita berhasil maupun terjatuh, saat kita disakiti maupun saat kita bahagia. mereka selalu mencintaimu apa adanya.

Kasih sayang seorang ayah setinggi gunung, dan kasih sayang seorang ibu mengalahkan kedalaman samudra. Keluargaku adalah petunjuk menuju kenyataan, saat kehidupan di mulai dan saat cinta tak pernah berakhir.

Selamat menunaikan ibadah puasa 1437 H. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin 🙂 🙂