Ini Dia, 5 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Kamu Jelajahi!

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera. Kepulauan Bangka Belitung yang beribukotakan Pangkalpinang ini terdiri dari 6 Kabupaten diantaranya, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur.

Selain kaya akan peninggalan prasejarah, dan terkenal akan pertambangan timah serta lada. Bangka belitung juga menyimpan banyak keindahan pariwisata yang dapat menenangkan dan memanjakan diri. Dari ujung hingga ke ujung, Bangka belitung memiliki beragam hamparan pantai dan wisata yang indah, yang wajib untuk kamu datangi dan jelajahi. Berikut adalah ulasannya!

Advertisement

1. Museum Timah Indonesia

Tempat ini menjadi salah satu rekomendasi jika kamu pergi ke Bangka Belitung. Tentunya karena museum timah ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang dahulunya merupakan badan usaha milik pemerintah kolonial. Apalagi museum ini merupakan museum timah pertama di Asia dan berada di tengah-tengah Kota Pangkalpinang.

Jika kamu mengunjunginya tentu saja tidak akan rugi, di sini kamu dapat belajar bagaimana sejarah di dunia pertimahan dan banyak sekali koleksi-koleksi barang-barang yang bersejarah. Ayo, tunggu apa lagi?

Advertisement

2. Pulau Ketawai

BangkaTengahKab

BangkaTengahKab via https://bangkatengahkab.go.id

Pulau Ketawai ini berada di wilayah Bangka Tengah, merupakan pulau kecil yang memiliki hamparan pantai yang sangat indah. Terlebih lagi, pulau ini jauh dari keramaian. Sehingga kamu dapat melakukan aktivitas yang dapat menenangkan dirimu dengan bebas.

Jika kamu kemari, pasti rasa penatmu akan segera terlepas dan terasa ringan. Untuk mencapai pulau ini, kamu harus menyewa perahu yang sudah disediakan tentunya. Tapi jangan khawatir, saat kamu menyeberanginya, kamu akan melihat betapa mempesonanya laut biru yang terbentang luas. Di tambah lagi dengan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi dan bebatuan, cocok sekali untuk mengabadikan momenmu di sana.

3. Pantai Siangau

Portal Bangka Baratkab

Portal Bangka Baratkab via http://portal.bangkabaratkab.go.id

Pantai Siangau ini berlokasi di Kabupaten Bangka Barat, tepatnya di Kecamatan Parit Tiga Jebus. Pantai ini memiliki ciri khas yaitu banyaknya bebatuan granit yang berada di bibir pantai. Tidak jarang para pengunjung melakukan kegiatan memancing di pantai ini. Airnya yang jernih ini dapat merefleksikan dirimu dengan baik. Saat suasana senja, keindahan pantai ini akan semakin eksotis dan sangat cocok dengan kamu yang menyukai dunia fotografi.

Advertisement

4. Pulau Lengkuas

Kalau pulau yang satu ini berada di Kabupaten Belitung. Nah, pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Jika kamu sudah menginjakkan kaki disini, kamu akan melihat sebuah mercusuar yang sangat tinggi dan berdiri dengan kokohnya dan sudah ada sejak masa pemerintahan kolonial belanda.

Selain itu, alam sekitar pulau ini terasa sangat alami dan menyegarkan. Pasir putih pantai yang tebal ditambah dengan air laut yang sangat jernih, serta bebatuan yang sangat besar bertebaran di sekitar pantai ini. Apalagi coba yang membuatmu bingung? Come on!

5. Pantai Tanjung Kelayang

Destinasi selanjutnya ini masih berada di wilayah Belitung ya. Pantai Tanjung Kelayang ini terkena dengan batu-batuan di sekitar pantai yang sangat banyak dan berukuran raksasa. Tempat yang satu ini dapat kamu jadikan referensi untuk liburan bersama keluargamu. Serius, kamu seperti berada di Bali loh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE