Inggris bukan hanya memiliki panorama indah serta perpaduan kota-kota yang megah. Namun juga merupakan Negara unik dengan perpaduan banyak budaya yang masih alamiah. Bicara tentang tradisi, tidak hanya Indonesia saja yang memiliki tradisi unik di mata mancanegara. Inggris pun memiliki keunikannya sendiri yang masih terjaga.

Meskipun mengalami perkembangan dalam bidang Industrialis, Inggris tetap mempertahankan tradisi lokal mereka selama berabad-abad lamanya.

1. GURNING (Melipat Wajah)

GURNING (Melipat Wajah)

GURNING (Melipat Wajah) via https://unik.babe.news

Tradisi gurning atau tradisi menyengir merupakan salah satu acara teraneh dan unik di Inggris. Banyak dilakukan di pinggiran inggris dengan para pesertanya yang menampilkan ekspresi wajah konyol dan buruk rupa. Dan tradisi ini pun berlangsung dari tahun 1267. Kontes gurning ini sendiri sangat ditunggu-tunggu serta mengundang banyak perhatian.

Gurning mewajibkan para pesertanya untuk melipat wajahnya. Selain lucu dan juga sangat menyenangkan dibutuhkan kepercayaan yang tinggi dan banyaknya gigi yang harus tanggal, makanya para pesertanya lebih banyak diikuti oleh lansia saja.

2. WORM CHARMING (Memancing Cacing)

Advertisement

Tradisi ini lebih menarik lagi yakni berburu cacing tanah dengan cara unik. Kamu yang ikut tradisi ini diwajibkan mematuhi 18 peraturan yang telah ditetapkan. Serta kamu hanya memiliki wilayah perburuan 3×3 meter persegi saja. Kamu diperbolehkan memainkan musik apa saja untuk memancing serta memikat cacing agar keluar.

Dan tidak diperbolehkan menggunakan obat-obatan termasuk air. Tetapi Jika kamu memiliki fobia dengan cacing, sebaiknya lihat saja dari kejauhan. Namun sayang sekali jika tidak dicoba, bukan? Hehe tertarik untuk mencoba?

3. PEARLY KINGS DAN QUEEN

Ialah sebuah acara amal yang biasa diadakan oleh masyarakat kelas buruh dan pekerja. Dan tradisi ini sudah menjadi sebuah budaya bagi seluruh masyarakat menengah kota London. Uniknya, para peserta Pearly King dan Queens diwajibkan memakai busana berkilauan yang berasal dari kancing mutiara (pearl) yang dibuat pada abad ke 19

4. STRAW BEAR (Hari Beruang Jerami)

Advertisement

Atau dikenal dengan Hari Beruang Jerami Merupakan salah satu tradisi tua yang selalu diselenggarakan di Inggris setiap tanggal 7 Januari. Perayaan tradisional ini selalu berlangsung meriah di sebuah kawasan kecil Fenland. Tradisi ini dipercaya untuk mengawali masa bertani dan berladang oleh masyarakat sekitar perbatasan. Jika kamu berpartisipasi dalam perayaan ini maka diwajibkan menggunakan kostum jerami mulai dari kaki hingga kepala.

Dan kamu akan berjalan mengetuk pintu rumah yang satu ke rumah lainnya sambal menari. Menarik, bukan? Yang lebih menarik dan menyenangkan lagi, para penari akan memperoleh hadiah dari para pemilik rumah sebagai imbalannya. Baik berupa uang, makanan atau minuman. Kamu harus coba deh.

5. TEA TIME

TEA TIME

TEA TIME via https://dagelan.co

Tea Time atau Afternoon Tea ini biasanya dilakukan sekitar jam sore oleh Para Bangsawan. Yaitu diantara makan siang ke makan malam, jadi ada jeda waktu 8 jam. Rasa lapar inilah yang dilakukan warga Inggris untuk minum teh. Dengan meminum teh dan makanan manis ditambah perangkat yang mahal, sudah membuat kaum bangsawan Inggris merasa senang.

6. COOPER’S HILL CHEESE-ROLLING

COOPER’S

COOPER’S via http://home.bt.com

Festival yang diadakan setiap bulan Mei di Cooper’s Hill, Gloucesteshire di Inggris. Melibatkan keju yang digelindingkan menuruni bukit yang sangat curam, ratusan orang yang mulai berjalan menuruni bukit untuk menangkap keju. Dan perlombaan unik ini sudah berlangsung selama 200 tahun di tempat yang sama. Pemenang dari masing-masing empat ras akan mendapatkan keju Gloucester ganda. Tertarik mencoba?

7. MORRIS DANCING

Merupakan salah satu tarian tradisional masyarakat Inggris yang biasanya diiringi musik. Tarian ini dilakukan secara berkelompok dan lebih menekankan pada kelincahan dan kekuatan kaki. Para penari ada yang membawa tongkat, pedang, dan sapu tangan sebagai pelengkap tarian. Meskipun mereka menari secara berkelompok dan berdekatan, mereka tidak khawatir untuk terluka.

Itulah beberapa tradisi budaya yang masih terjaga kelestarian di Inggris. Semoga Di negara manapun kota berada, selalu memberdayakan dan melestarikan tradisi budaya sendiri. Salam

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya