United Kingdom merupakan sebuah negara yang terdiri daripada empat bagian yaitu England, Ireland Utara, Scotland dan Wales. UK memiliki sistem parlemen dalam pemerintahanya yang berpusat di London. Dari berbagai bagian dari UK terdapat berbagai macam tempat wisata yang menarik, bukan hanya foto-able untuk memenuhi Instagram kamu tapi juga dapat menambah wawasan kamu tentang sejarah-sejarah di UK. Berikut adalah tempat yang wajib kamu ketahui dan kamu kunjungi:

1. StoneHenge

Salah satu landmark paling terkenal di Inggris dan dianggap sebagai ikon budaya Inggris. Monumen Bersejarah ini dilindungi secara hukum sejak 1882 yaitu bertepatan dengan undang-undang untuk melindungi monumen bersejarah yang pertama kali berhasil diperkenalkan di Inggris. Keren kan? Stonehenge juga masuk kedalam Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986. Stonehenge terdiri dari tiga puluh batu tegak yang biasa di sebut sarsens dengan tinggi yang sangat bervariasi sekitar empat sampai sepuluh meter dengan berat kira-kira 26 ton. Semua batu tersebut disusun tegak melingkar yang disebut megalithikum.

Ketika Stonehenge pertama kali dibuka untuk umum, pengunjung bisa berjalan di antara bebatuan dan bahkan memanjat batu, namun batu-batu itu dibatasi pada tahun 1977 sebagai akibat dari erosi yang serius. Pada akhirnya pengunjung tidak lagi diijinkan menyentuh batu, tapi bisa berjalan mengelilingi monumen dari jarak dekat. Namun saat ini, English Heritage mengizinkan akses saat musim tertentu musim panas dan musim dingin, dan equinox musim semi dan musim gugur. Selain itu, pengunjung bisa melakukan pemesanan khusus untuk mengakses StoneHenge sepanjang tahun.

Advertisement

Nah untuk kalian yang tertarik mengunjungi StoneHenge kalian bisa menggunakan transportasi dengan bus yang berangkat dari Victoria Coach Station di pusat kota London. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Turunlah di Amesbury dan lanjutkan dengan taksi. Anda juga dapat menggunakan coach, di stasiun, atau dari agen tiket National Express.

Itulah cara termurah untuk perjalanan ke Stonehenge. Nah Harga tiket yang harus Anda bayar untuk masuk ke StoneHenge yaitu sebesar £8.00 jika di rupiahkan sekitar Rp130.000,00 untuk dewasa , anak-anak (5-15 tahun) £4.80, siswa sekolah £7.20 dan paket keluarga sebesar £20.80. Tempat ini buka dari jam 09:30 sampai 16:00.

2. Kastil Windsor

Istana Windsor adalah istana yang dijadikan sebagai kediaman resmi Kerajaan Britania Raya di Windsor, Berkhire, Inggris. Pada awalnya istana ini dirancang untuk melindungi dominasi Norman dari sekitar pinggiran kota London, dan digunakan untuk mengawasi bagian strategis penting dari sungai Thames. Secara bertahap, struktur bangunan kemudian diganti dengan benteng batu, dan benteng ini bertahan selama pengepungan berkepanjangan dalam Perang Baron Pertama pada awal abad ke-13. Sudah terbayang betapa kuatnya bangunan istana?

Advertisement

Bukan hanya itu lho guys, Henry III kemudian membangun istana mewah di dalam kastil selama abad pertengahan, dan Edward III selanjutnya mengembangkan kembali istana menjadi lebih megah, bahkan pembangunannya saat itu disebut sebagai proyek bangunan yang paling mahal pada Abad Pertengahan di seluruh Inggris. Jadi tertarik melihat langsung guys? Jadi kebayang foto di setiap sudut bangunan dan menjadi pangeran dan putri dalam sehari :)

3. Istana Buckingham

buckingham

buckingham via http://country959.com

Selanjutnya masih bangunan bersejarah yaitu Istana Buckingham atau Buckingham Palace. Istana termegah di Inggris yang menjadi kediaman resmi ratu Inggris. Istana ini adalah tempat untuk peristiwa-peristiwa kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, dan menjadi destinasi wisata. Selain sebagai pusat pemerintahan, Buckingham Palace juga menjadi tampat berkumpulnya masyarakat Britania Raya.

Di Istana ini terdapat banyak ruangan, lorong dan taman yang sangat luas yang bisa Anda jelajahi ketika berkunjung. Ketika mendengar hal ini, terpikir akan nyasar ketika berkunjung? Tenang saja, hal itu tidak akan terjadi karena ada pemandu wisata yang akan menemani untuk berkeliling istana.

Ruangan-ruangan dalam istana ini memiliki ciri khas dinding putih dan keemasan dengan karpet merah terhampar. Hal ini membuat ruangan terkesan megah dan elegan yang bisa menjadikan mu ratu atau raja Inggris sehari.

4. Menara London

Menara London

Menara London via https://id.wikipedia.org

Menara London, yang secara resmi menjadi Istana Kerajaan dan Benteng Kerajaan Menara London, adalah sebuah kastil bersejarah yang terletak di tepi utara Sungai Thames di London pusat yaitu berada di perbukitan yang juga dapat menambah daya tarik wisatawan karena dari sana anda dapat melihat dataran Inggris yang luas. Konon katanya tempat ini memang sengaja dibuat untuk memantau keadaan sekitar.

Menara London mulai dibangun pada tahun 1066, merupakan tanda penaklukan tanah Inggris oleh William, Duke of Normandy, seorang bangsawan Perancis. Penaklukan ini merupakan babak baru dari sejarah dan budaya Inggris yang membuatnya menjadi salah satu ikon penting dalam sejarah Inggris.

5. Menara Big Ben

Menara Big Ben

Menara Big Ben via https://www.dailystar.co.uk

Yang terakhir adalah Menara Big Ben yaitu Menara jam ini berada di ujung utara Istana Westminster di London yang merupakan menara jam tertinggi ketiga di dunia dengan tinggi 96,3 meter. Jika ke London, jangan sampai melewatkan kesempatan melihat jam yang mulai berdetak tanggal 31 Mei tahun 1859 ini. Tempat ini semakin indah jika anda berkunjung di malam hari karena sinar lampu kuning keemasan dari Istana Westminster akan menambah susasana menjadi sangat syahdu.

Pastikan jika anda berkunjung ke UK mengunjungi destinasi menarik dan bersejarah di atas ya

Semoga bermanfaat

terimakasih

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya