Semua yang kamu jalanin pasti bakal ada ujungnya, begitupun kuliah kamu. Kesabaran kamu mengikuti mata kuliahpun sudah mendekat ke tahap akhir, yang merupakan saatnya kamu memikirkan buat menyusun skripsi.

So, apa saja sih yang kamu laluin dan apa saja yang kamu rasain pas tahap akhir ini? Yuk, kita bahas!

1. Ditinggal Teman

missing friends

missing friends via https://www.pexels.com

Saat-saat bareng ngerjain tugas, makan bareng di kantin sambil nongkrong bakalan jadi hal yang kamu kangenin saat ini. Teman-temanmu mulai sibuk merancang tujuan masing-masing. Pastinya semakin kalian dipisahkan, semakin erat pula kalian dan makin sering kalian berkumpul saat ini.

Advertisement

So, bersyukurlah yang masih lengkap pertemanan sampai memakai toga nanti!

2. Dosen Semakin Killer

Killer Dosen

Killer Dosen via https://www.pexels.com

Mengerti makin sulit mata kuliah yang kamu dapat, makin beda juga dosen yang kamu temuin. Nilai-nilai kamu yang kurang pun harus kamu kejar ke mereka.

So, harus diterima dengan hati yang ikhlas dan penuh kebaikan buat nyelesain matakuliah dosen kaya gini.

3. Pusing Sendiri

Pusing Sendiri

Pusing Sendiri via https://www.pexels.com

Advertisement

Di luar kamu harus nyelesain deadlinemu sendiri, kamupun harus menyeimbangkan dengan kegiatan kamu di luar kampus yang kadang kamu nomor duakan. Dan bakalan lebih hebat lagi kalo kamu kuliah sambil kerja, guys!

4. Puas Dengan Nilaimu

bangga dengan nilaimu

bangga dengan nilaimu via https://www.pexels.com

Berhubung nilai IPK kamu sudah makin terlihat jelas, maka kamupun sudah makin menerka nilai yang bakal kamu dapat diakhir nanti. Ingat perjuangan dari semester awalmu sangat memacu kamu buat nyelesain nilai sampai titik terakhir.

Makin semangat ngejarnya juga jadinya!

5. Bersyukur ke Orang Tua

Di samping semangat dari diri kamu sendiri, ngga lepas dari usaha ortu kamu buat biayain kamu kuliah sampai detik terakhir ini. Mulai berfikir bagaimana setidaknya berterima kasih dengan hasil dan nilai yang baik pula. So, jangan lupain effort mereka ya, guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya