Menilik dunia kampus, seminar maupun workshop adalah hal yang sudah lumrah dan biasa. Selama satu minggu pasti tak lepas dari kegiatan seminar di berbagai fakultas, entah seminar wajib maupun nonwajib.

Mahasiswa pun menanggapinya dengan bermacam-macam pandangan, ada yang cuek-cuek saja dengan seminar, datang kemudian duduk bahkan tak jarang tertidur di atas kursi, atau sibuk dengan gadget-nya masing-masing, karena memang mereka tidak berniat untuk mengikutinya, berhubung seminar tersebut diwajibkan oleh dosen dan dihitung absen, terpaksa mereka mengikutinya. Ada juga mereka yang semangat mengikutinya dan inilah beberapa faktornya:

1. Ilmu yang tidak didapat di kelas

Tak jarang beberpa seminar menawarkan materi yang tidak didapatkan mahasiswa di kelasnya, seperti pengalaman-pengalaman bekerja dan lain-lain. Sisi inilah yang membuat mereka tertarik untuk bergabung dengan seminar itu, apalagi materi yang disodorkan menyangkut permasalahan yang sedang panas.

2. Sertifikat

Bagi sebagian mahasiswa, sertifikat adalah sebuah barang berharga dan dicari-cari, apalagi kegunaannya untuk mengurus administrasi di akhir masa perkuliahan. Penilaian keaktivan yang dilakukan universitas, mahasiswa dituntut memiliki tanda bukti telah mengikuti acara yang memiliki SKP (Satuan Kredit Prestasi) yang menjadi syarat untuk kelulusan mahasiswa. Hal ini memaksa mahasiswa untuk berburu sertifikat di seminar-seminar yang diadakan di kampus.

3. Snack

Advertisement

Salah satu senjata yang digunakan oleh panitia seminar agar banyak orang yang hadir didalamnya adalah disuguhkannya makanan berupa nasi kotak ataupun makanan ringan di awal maupun di akhir seminar. Akhir-akhir bulan adalah waktu yang tidak disia-siakan oleh para mahasiswa untuk mengirit uang bulanan mereka dengan mengikuti beberapa seminar.

4. Pemateri yang diidolakan

Tak jarang beberapa seminar menghadirkan tokoh-tokoh yang diidolakan oleh mahasiswa dan memiliki banyak fans dan pengikut, dalam dunia nyata maupun dunia maya. Hal ini pun tak disia-siakan oleh para mahasiswa untuk menghadirinya, apalagi bisa foto bersama dengan sang idola.

5. Melatih mental

Public speaking

Public speaking via https://blog.hubspot.com

Selain mendapatkan beberapa poin di atas, seminar pun bisa menjadi wasilah untuk melatih mental kita, bagaimana kita dapat berbicara di muka umum dengan baik dan lancar serta tidak gemetaran.

Advertisement

Itulah beragam macam minat para mahasiswa dalam mengikuti seminar di sela-sela waktu perkuliahan mereka. Semoga kita bisa memanfaatkan waktu kita dengan baik!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya