Meski Sudah Mantan, Apa Salahnya Mengungkapkan Kasih Sayang? Intip 5 Cara Ungkapin Rasa Sayang Tapi Tetap Jaga Batasan!

Buat yang pengin menjaga hubungan baik dengan mantan, wajib coba!

Bagi sebagian orang, mantan memang kurang berguna untuk dikenang. Selain bikin gagal move on, takutnya juga malah membuka luka lama. Tapi, untuk kita yang berpisah dengan baik, apa salahnya untuk tetap membina hubungan baik? Intip yuk, cara untuk tetap ungkapin rasa sayang meski bukan sebagai pasangan ala aku!

Advertisement

1. Stop Ungkit Masa Lalu dan Ngebandingin Dengan Pasangannya yang Sekarang.

Photo by Pexels.com

Photo by Pexels.com via https://www.pexels.com

Buat kamu yang pengin menjaga hubungan baik dengan mantan jangan sampai lewatin poin pertama ini. Terkadang, saking belum move on atau masih sayangnya sama dia bikin kamu tanpa sengaja ngungkit masa lalu dan bandingin perlakuanmu sama pasangannya yang sekarang. Red Flag!

Aku saranin berhenti deh, karena kalau kamu belum bisa yang satu ini, bakalan susah untuk berhubungan baik. Bayangin deh, emangnya kalau kamu yang dibandingin enak? Jadi, yuk stop ngungkit masa lalu dan ngebadingin pasangan mantan kamu!
 

Advertisement

2. Ungkapin Kalau Dia Tetap Menjadi Cowo yang Hebat

photo by pexels.com

photo by pexels.com via https://www.pexels.com

Seburuk apapun kenangan kamu dengan mantan kamu, dia tetap sosok laki-laki yang hebat kalau meninggalkanmu dengan alasan yang jelas dan permintaan maaf. Jangan sampai, karena sakit hatimu ke dia malah bikin bentuk pertanggungjawaban dia jadi kurang berarti di mata kamu.

Dengan menghargai dan tetap mengungkapkan kehebatannya dulu akan tetap membuat dia merasa kamu perempuan yang baik dan patut untuk dijaga hubungan baiknya.

Eits, bukan berarti dengan ngungkapin ini kamu gak boleh ngasih dia saran, ya! Saran boleh banget kok kamu sampaikan ke dia, asal tetap dengan etika dan cara yang baik, ya! 

Advertisement

3. Beri Apresiasi Dengan Hadiah Kecil

photo by pexels.com

photo by pexels.com via https://images.pexels.com

Memberikan apresiasi bukan hanya ketika kamu masih berhubungan dengannya, ya. Apresiasi sah-sah aja kok untuk kamu aturkan meskipun sudah bukan sebagai pasangan.

Terkadang, hal-hal menyakitkan di masa lalu emang bikin hati kamu sakit. Tetapi, kalau cara meninggalkan kalian baik, bukankah akan sangat disayangkan untuk berakhir seperti orang asing? Untuk memperbaikinya, kamu bisa memberinya hadiah kecil sebagai tanda perdamaian kamu. Memang setelah putus hubungan kamu perlu memberikan jeda.

Namun, kalau perdamaian sudah kamu dapatkan, kamu pun masih berhak untuk memulai hubungan yang baik. So, kalau kamu bisa membina hubungan yang baik, kenapa tidak? 

4. Hati-Hati Dan Selalu ingat Batasan (Mantanmu Juga Punya Pasangan)

photo by pexels.com

photo by pexels.com via https://www.pexels.com

Ingat, walaupun kamu ingin membina hubungan baik dengannya, hubungan kalian hanya akan sampai pada titik teman. Jadi, jangan sampai kamu malah melewati batas-batas pertemanan itu. Mantan kamu juga bisa jadi punya pasangan.

Sebagai teman, kamu perlu mendukung kebahagiaan pasangan kamu dan salah satu caranya adalah menjaga batasan kamu sendiri agar hubungan mereka bisa lebih bertahan lama.  
 

5. Beri Dukungan Untuknya Dan Pasangan Barunya!

photo by pexels.com

photo by pexels.com via https://www.pexels.com

Mungkin, ini kesannya agak susah, ya, apalagi kalau mantanmu sosok laki-laki idaman yang susah dicari penggantinya. Belum lagi, kalau alasan perpisahan kalian bukan karena kesalahan. Namun, bagaimana pun juga, ia telah memilih masa depan yang dia impikan. Kamu mungkin masih menyayanginya, tapi salah satu bukti kamu menyayanginya adalah dengan mendukung kebahagiaannya—termasuk dengan pasangan barunya. Lagipula, daripada menyimpan kecemburuan dan permusuhan, lebih baik kalian saling berteman, kan?

Kasih sayang tidak bisa dipelajari hanya sekali pandang. Ada terlalu banyak bukti rasa kasih sayang yamg tidak bisa dijelaskan. Meski bukan kepada pasangan atau orang terdekat, rasa kasih sayang juga nyatanya pernah kamu berikan untuk seseorang di masa lalu. Sungguh, tidak ada masalah kok untukmu jika masih menyayanginya. Kamu masih berhak untuk berhubungan baik dengannya tanpa melanggar batasan sebagai mantan dan teman.

Sebab, mengasihi dan menyayangi adalah pelajaran seumur hidup yang selalu perlu dipelajari!

Semoga, valentinemu menyenangkan dan bisa menebarkan begitu banyak kasih sayang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Miftakhu Rahma Wardhani, kerap dipanggil Mifta. Seorang perempuan pemimpi yang senang berkarya. Seorang gadis extrovert yang senang menulis. Si Sanguinis yang sangat mempercayai cinta hingga terkadang tak berpikir dengan logika. Memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi walau tidak mudah mengungkapkan perasaan. Memiliki ketertarikan di bidang prosa, esai dan puisi. Bercita-cita menjadi seorang penulis dan pegiat pendidikan. Jejak dan prestasinya dapat ditelusuri di aplikasi Instagram @miftarahmaaa_

CLOSE