Inggris adalah negara yang paling hangat menerima warga muslim dibanding negara Eropa lainnya, kenapa?

Britania Raya atau Inggris, negara yang umumnya diketahui sebagai negara non-muslim ternyata adalah negara yang paling hangat menerima umat muslim dibanding USA atau negara Eropa lain, bahkan Islam menjadi agama mayoritas kedua di negara dengan multikulturalisme yang luar biasa tersebut. Islam adalah agama terbesar kedua di Inggris berdasarkan sensus yang dilaksanakan oleh British Government pada tahun 2011, menempati angka 2,7 juta muslim atau sekitar 4.8% dari total populasi Inggris dan terus meningkat hingga saat ini. Berdasarkan garis keturunan, kelompok terbesar muslim di Inggris adalah Pakistan dan Bangladesh, sedangkan kelompok kecil lainnya adalah Indian, Arab, Kurdi, dan Afrika. Banyak yang telah mengetahui dan mempelajari sejarah Inggris, namun sedikit yang mengetahui bagaimana sejarah masuknya agama dengan penganut terbanyak kedua di negara dengan mayoritas umat Nasrani tersebut. Penasaran dengan sepak terjang Islam hingga bisa menjadi mayoritas kedua di Inggris? Yuk, kita simak sejarah singkat awal mula masuknya Islam ke Inggris berikut bukti historis yang dapat dijadikan destinasi wisata wajib bagi para muslim traveller!

1. Hindoostane Coffee House Restoran Halal Pertama di Inggris

Plakat Hindoostane Coffee House

Plakat Hindoostane Coffee House via https://en.wikipedia.org

Sejarah awal masuknya Islam di Inggris adalah melalui proses imigrasi. Hampir dari seluruh fase masuknya Islam ke Inggris didominasi oleh para imigran. Fase pertama dimulai pada abad ke-18 tepatnya tahun 1869 yang dikenal sebagai tahun dibukanya Terusan Suez. Dari sini sudah mulai terlihat para pekerja dari Yaman yang sangat menonjol dalam aktifitas perdagangan. Sejalan dengan meluasnya ekspansi kolonial Inggris melalui jalur laut, para pedagang muslim semakin lama semakin banyak dan mulai membentuk pemukiman baru di kota-kota pelabuhan seperti Cardiff, Liverpool dan Pollockshields. Kegiatan perdagangan ini, membuat para imigran Muslim asal India turut andil meskipun India pada waktu itu masih berada di bawah jajahan Inggris, namun sudah banyak pegawai lokal asal India yag bekerja di kantor Kerajaan Inggris bahkan menetap disana. Hal ini membuktikan bahwa muslim India-lah salah satu dari beberapa komunitas yang menetapkan pondasi-pondasi Islam di tanah Inggris. Beberapa bukti historis fase petama adalah, berdirinya restoran India bernama Hindoostane Coffee House yang didirikan pada tahun 1810 oleh Sake Dean Mahomed seorang kapten dari the British EIC (East Indian Company) atau lebih dikenal sebagai Perusahaan India Timur. Sehingga sampai saat ini tidak sulit untuk menemukan makanan atau restoran halal di Inggris.

2. Shah Jahan, Masjid Pertama yang Dibangun di Tanah Britania Raya

Bukti historis lain fase awal masuknya Islam ke Inggris adalah didirikannya masjid pertama di Woking pada tahun 1889 yaitu The Shah Jahan Mosque yang sudah berumur 129 tahun dan masih berfungsi hingga kini. Peningkatan jumlah pembangunan masjid dewasa ini juga menjadi salah satu cerminan perkembangan komunitas muslim di Inggris yang begitu pesat. Nah, muslim traveler pencinta sejarah wajib mengunjunginya nih!

3. London Central Mosque, Pusat Kajian Kebudayaan Islam di Inggris

London Central Mosque

London Central Mosque via http://www.iccuk.org

Advertisement

Pakistan pada tahun 1947 yaitu pemecahan negara di India dengan terbentuknya negara Islam Pakistan sehingga membuat sejumlah warga memilih pindah ke Inggris melalui kerabat yang telah menetap di sana. (Yang keturunannya nanti melahirkan Sadiq Khan, walikota Muslim pertama di London yang saat ini menjabat). Selain itu terbitnya Commonwealth Immigration Act (Undang-undang Imigrasi Persemakmuran) pada tahun 1961 semakin memberikan kemudahan kepada warga bekas jajahan Inggris menjadi warga negara Inggris. Hal ini berlanjut dengan dibangunnya Masjid Raya London (London Central Mosque) pada tahun 1969 di atas lahan donasi Raja George VI kepada warga muslim di Britania sebagai rasa terima kasih kepada Raja Farouq yang telah mendonasikan lahan untuk pembangunan katedral di Kairo, Mesir. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah Inggris sangat menjamin hak warga negaranya untuk beragama didukung dengan adanya kebijakan pemerintah Inggris yang membebaskan warganya untuk menjalankan ajaran agamanya.

4. East London Mosque, Masjid yang Dibangun Setelah Perang Dunia II

East London Mosque

East London Mosque via https://www.thetimes.co.uk

Terletak diantara Whitechapel dan Aldgate. Tower Hamlets, London. Masjid ini berdiri sejak tahun 1982 dibangun diatas tanah kosong akibat pengeboman selama Perang Dunia II. Masjid ini yang mepelopori bersatunya kaum muslim untuk berdonasi membangun masjid di tanah Britania dan sebagian besar dana pembangunan masjid berasal dari donasi King Fahd dari Arab Saudi, juga pemerintah Inggris sendiri. Resmi beroperasi pada tahun 1985 dan dikelola oleh East London Mosque Trust. Para imigran mendiami are di sekitar masjid sehingga jumlah imigran muslim meningkat tajam secara signifikan.

5. Universitas Islam Toledo hingga Universitas Oxford

University of Oxford

University of Oxford via http://www.ox.ac.uk

Selain fakta historis, Islam juga berkembang dari segi kontemporer, dan sosial budayanya di Inggris, dibuktikan dengan pemindahan Universitas Islam Toledo dari Andalusia ke Inggris sejalan dengan Inggris yang saat itu telah memiliki Universitas Cambridge dan Oxford, inilah yang menjadi cikal mahasiswa muslim menetap dan semakin bertambah di Inggris karena mendapat dukungan dari pemerintah negara muslim dengan mengirim mahasiswanya belajar di Inggris. Universitas di Inggris juga telah banyak yang menyediakan jurusan perkuliahan mengenai kajian Islam di negara yang memiliki universitas-universitas terbaik di dunia tersebut. Hingga abad ke 21 ini, banyak kegiatan yang dilakukan mahasiswa muslim di kampus-kampus Inggris mulai dari mengikuti kegiatan nasional, mengadakan kegiatan sosial budaya Islam di kampus-kampus, hingga membentuk organisasi Islam yang berperan mensosialisasikan Islam melalui gerakan dakwah yang menarik bagi masyarakat Inggris, sehingga banyak penduduk pribumi yang tertarik untuk memeluk Islam. Dari sini semakin bertambah masyarakat muslim di Inggris sehingga menjadikan umat Islam agama dengan penganut terbesar kedua di Inggris dan menjadikan Inggris negara yang sangat ramah terhadap kaum muslim.

Advertisement

Jadi tunggu apalagi muslim traveller! Jelas terbukti bahwa Inggris adalah negara yang muslim-friendly sehingga jalan-jalan disana akan menjadi sangat menyenangkan karena kita dapat mengeksplorasi lebih banyak peninggalan sejarah Islam di negara yang hangat menerima warga muslim tersebut. Yuk kemasi barang-barangmu sekarang dan jadikan Inggris sebagai destinasi wisatamu selanjutnya! #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya