Ramadhan itu datang hanya satu tahun sekali, dan di bulan ini segala kebaikan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah. Pasti nggak mau 'kan guys, kalau Ramadhan kita dilalui dengan sekadar melakukan hal wajib yaitu puasa dan shalat?

“Ah yang penting Ramadhan shalat gue ga bolong-bolong.”

“Ah yang penting puasa gue full.”

Nggak salah, sih. Tapi kalau yang ada di benak kamu seperti kata-kata di atas, sayang banget loh. Karena banyak hal baik lainnya yang dapat kita lakukan di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kayaknya kita perlu deh untuk membuat goals yang harus kita capai di setiap Ramadhan.

Coba deh bikin goals pribadi yang ingin kamu capai ketika bulan Ramadhan. Ya, semampu kamu aja sih, tapi ga ada salahnya kan?

1. Shalat 5 Waktu Berjamaah di Masjid

Bisa sekalian jadi ajang silaturahmi juga, lho. via http://witamitravel.com

Wah, agak berat nih kayaknya? Tapi kalian tau nggak, di bulan-bulan biasa aja, apabila kita melakukan shalat berjamaah, kita mendapatkan 27 derajat kebaikan. Nah, apalagi di bulan Ramadhan? Kalau dilipatgandakan 1000 kebaikan aja kita bisa dapat 27.000 kebaikan. Kalau lebih? Bisa jadi… jadi banyak, deh. 🙂

2. Melakukan Shalat Sunnah

Ayooo, disempatkan… via http://tuntunanshalat.com

Shalat sunnah Tahiyatul Masjid, Dhuha, Rawatib, Tahajud, Istikharah, Hajat dan masih banyak lagi shalat-shalat sunnah yang terdapat dalam Islam. Dan ga ada salahnya guys kalau kita melakukannya untuk menyempurnakan ibadah kita selama bulan Ramadhan. Dan FYI nih, ternyata di bulan Ramadhan, ibadah-ibadah sunnah yang kita lakukan dihitung sebagai amalan sahalat wajib. Horee!!

3. Membaca Al-Quran

Advertisement

Biar makin khatam. via http://www.mukenaanaklucu.com

Rasul pernah bersabda, bahwa setiap huruf yang kita baca dalam Al Quran sama dengan 10 kebaikan.

“Aku tidak mengatakan ‘Alif Laam Miim’ adalah satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf (HR Tirmidzi).”

Berarti untuk kata ‘Alif Laam Miim’ kita bisa mendapatkan 30 kebaikan. Nah, kalau kita membaca seditaknya 1 ayat dalam sehari, maka sudah berapa kebaikan yang kita dapat? So? Kayaknya Mending kamu ambil Al-Quran kamu sekarang, deh.

4. Memperbanyak Sedekah

Karena tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. via http://www.liputan6.com

Rasul pernah ditanya oleh sahabat, “kapankan sedekah paling utama?” Rasul bersabda, “sedekah paling baik ialah pada bulan Ramadhan (HR Tirmidzi).”

Wah, kenapa bisa begitu ya?

Secara matematis, kita mendapatkan 700 kebaikan dalam tiap sedekah. Tau nggak, ternyata 700 kebaikan yang kita dapat apabila sedekah di bulan lain itu akan dilipatgandakan menjadi 70 kali lipat. Misal aja kita dalam satu hari sedekah Rp 5000, maka perhitungannya menjadi 5000 x 700 x 70 = 245 juta. Wow, banget gak tuh?

Kebayang kan kalo kita merutinkan kegiatan sedekah itu selama bulan Ramadhan?

Nabung di dunia sih boleh, tapi jangan lupa kita juga harus ingat menabung untuk di akhirat kelak ya.. Yuk, sisihkan dari sekarang.

5. Melakukan I’tikaf

Biar dapet ‘combo’ via http://sidomi.com

Nah ini dia guys, kegiatan di mana kita ngumpulin semua pahala-pahala ‘combo’ di bulan Ramadhan. Karena di sini kita akan memperbanyak ibadah, mulai dari shalat, tilawah Al Quran, sampai dzikir.

“Rasulullah selalu itikaf pada sepuluh malam terakhir hingga beliau wafat, kemudian istri-istri beliau itikaf setelahnya (HR Bukhari dan Muslim).”

So, ga ada salahnya kan kita menyempatkan sedikit waktu kita untuk bermalam di rumah Allah? Seperti yang Rasul contohkan 🙂

6. Berbagi dengan Kaum Dhuafa dan Anak Yatim

Berbagi kebahagiaan itu juga bikin bahagia, lho… via http://gresikkab.go.id

Allah memberikan kita rezeki melalui banyak hal. Dan tidak ada salahnya juga kita berbagi dengan sahabat-sahabat kita dan adik-adik kita yang membutuhkan sebagai salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur kita akan rezeki yang telah Allah berikan.

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu,.." (QS 14:7)

Yuk, mulai sekarang kalau ada rezeki lebih, coba deh berbagi. 🙂

7. Membantu Menyiapkan Santap Sahur dan Berbuka

Jadi lebih hangat deh sama keluarga dan orang di sekitar. 🙂 via https://bilbirosaeliviani.wordpress.com

Nah, ini dia amalan yang sering terlupakan. Guys, bahkan hanya sekedar membantu menyiapkan hidangan untuk santap sahur dan berbuka juga merupakan ladang pahala bagi kita, itu artinya kita telah membantu orang tua, khususnya ibu kita dengan meringankan pekerjaannya. Yuk, mulai sekarang kita luangkan waktu untuk membantu menyiapkan makanan untuk santap sahur dan berbuka.

Nah guys, bagaimana? Ternyata banyak kan hal-hal baik yang dapat kita jadikan goals selama beribadah di bulan Ramadhan ini. Jadi, kegiatan kita di bulan Ramadhan tidak selalu monoton, right? Tidak ada salahnya kita meningkatkan amalan-amalan kita, sebagai bekal kita kelak di akhirat. Dan semoga amalan-amalan tersebut dapat terus kita lakukan bahkan setelah selesai menunaikan ibadah di bulan Ramadhan.

Jadikan Ramadhan-mu tahun ini lebih bermakna. So, happy Ramadhan all!!