“Mulai detik ini, jika anda memiliki rencana untuk mengunjungi pulau lombok, mohon renungkan kembali. Renungkan berulang-ulang kali. Karena konsekuensi ke depannya sangat besar. Sekali anda melangkah, maka langkah anda tidak akan dapat ditarik mundur. Jadi sebelum anda menyesal, mohon pikirkan kembali tujuan wisata anda. Lombok itu bahaya”

Lombok itu bahaya…..

Mohon maaf sebelumnya jika saya terkesan memprovokasi anda semua. Saya bingung entah judul apa yang harus saya buat untuk menggambarkan keindahan dari pulau surga ini. Saking indahnya, saya hampir kehabisan kata-kata untuk menggambarkannya. Saya sungguh bangga terlahir sebagai orang lombok. Puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa selalu saya ucapkan sebagai bentuk rasa syukur saya atas semua nikmat yang telah diberikannya kepada saya.

Buat teman-teman yang bukan orang lombok, mohon maaf, mungkin anda akan sedikit iri dengan segala macam keindahan yanag dimiliki oleh pulau saya ini. Sehingga jika anda ingin mengunjunginya, saya sarankan untuk memikirkannya kembali, mengunjungi lombok itu bahaya. Bahaya karena takutnya ketika anda sudah menginjakkan kaki di pulau surga ini, anda akan menjadi lupa akan kampung halaman sendiri. Bahaya karena takutnya anda ingin tetap berada di sini dan tak mau kembali pulang ke kampung asal anda. Keindahan lombok tidak ada duanya. Mengelilingi dunia tanpa mengujungi pulau lombok saya rasa traveling anda belum mabrur. Saya pastikan tak ada yang seindah dan semenarik pulau lombok. Surga para bidadari langit.

Buat anda yang sudah berencana mengunjungi pulau lombok, ini alasan mengapa pulau ini sangat bahaya untuk dikunjungi.

1. Masyarakat Lombok Super Ramah

Masyarakat Lombok via http://google.com

Jika ada datang ke lombok jangan terkejut jika secara tiba-tiba ada orang langsung tersenyum kepada anda. Atau jangan tambah terkejut lagi ketika anda didatangi oleh orang yang mungkin anda anggap sok ramah. Orang lombok itu bukannya orang yang miring, yang senyum-senyum gak jelas, namun ia justru begitu bangga meyambut kedatangan anda di pulau surga ini. Jika anda merasa tersesat, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada mereka, karena bagi mereka memberikan informasi kepada para pendatang memberikan kebanggaan tersendiri. Jangan khawatir, jawaban mereka tidak perlu dibalas dengan uang, ucapan terimakasih saja mereka sudah merasa diangkat ke langit ketujuh. Itulaah bedanya orang lombok dengan yang lainnya. Keramahan inilah yang meyebabkan para pendatang menjadi meleleh dan tak ingin kembali ke kampungnya kembali. Ini luar biasa bahaya kan?

2. Kaya Budaya

Gendang Belek via http://google.com

Meskipun ekonomi masyarakat lombok masih banyak yang mengalami kekuarangan, namun bukan berarti ia miskin dari semua aspek. Mereka memang banyak kekuarangan dalam segi ekonomi, namun cara mereka menikmati hidup membuat mereka menjadi serba berkecukupan. Masyarakat lombok adalah masyarakat yang kaya akan budaya dan tradisi. Bahkan antara satu kampung dengan kampung yang lainnya memiliki budaya dan tradisi yang berbeda-beda. Jadi bisa anda bayangkan, jika mengunjungi pulau lombok dan kemudian berjalan menaiki mobil dari bandara ke kota Mataram, maka sudah berapa tradisi dan budaya yang anda lewatkan sepanjang perjalanan? Jika anda melewati 10 desa atau kampung maka 10 budaya juga yang sudah anda lewatkan. Kekayaan budaya inilah yang meyebabkan pengunjung menjadi ingin terus menempel di pulau lombok, hayo masih berani datang ke Lombok? Yakin?

3. Kaya Tradisi

Advertisement

Perisean via http://google.com

Masyarakat lombok terkenal dengan kekayaan tradisinya. Tradisi yang unik senantiasa melekat pada pulau surga ini. Misalnya perang topat di Lombok Tengah, Bau Nyale, dan lain sebagianya yang tentunya tidak akan pernah anda temui di tempat yang lainnya. Jadi perjalanan anda ke pulau ini tidak akan sia-sia. Saya sarankan jika anda ingin mengambil gambar, siapkan memori yang sangat besar, karena jika memori anda masih ukuran giga, saya rasa itu terlalu kecil untuk menyimpan ribuan kekayaan tradisi pulau lombok. Dengan kekayaan yang begitu luar biasa, yakin mau simpan satu photo saja?

4. Surga Dunia

Anda tidak perlu mati terlebih dahulu untuk bisa menikmati surga, karena surga dunia sudah disiapkan tuhan di tanah lombok. Pemandangan yang laur biasa eksotis membuat setiap pasang mata menjadi terhipnotis olehnya. Lombok terkenal dengan pemangadangan alaminya, tidak ada yang dibuat-buat. Hamparan gunung yang menjulang dari timur ke barat, dari utara ke selatan, membuat daerah lombok memiliki pemandangan yang tidak ada duanya. Itulah sebabnya kebanyakan para pengunjung yang mengunjungi pulau lombok merasa sulit untuk meninggalkan daerah ini. Siapa sih yang mau meninggalkan surga?

5. Jangan Takut Kelaparan, Lombok itu Kaya Kuliner

Plecing via http://google.com

Masalah kuliner jangan ditanyakan. Daerah lombok adalah daerah yang sangat kaya akan kuliner. Salah satu kuliner khas lombok adalah plecing dan sambal terasi. Makanan ini adalah kuliner yang sangat unik dan khas daerah dari daerah lombok. Sensansi sayur kangkung yang biasa-biasa saja disulap menjadi kuliner yang menari-menari didalam lidah dengan racikan bumbu khas lombok yang tidak ada duanya. Jadi bagi anda yang akan datang berekunjung ke Lombok, jangan pernah takut kelaparan di daerah kami, karena kami akan selalu mengerti akan kebutuhan perut anda. Itulah yang meyebabkan para pengunjung kebanyakan tidak mau meninggalkan kakinya dari tanah lombok yang subur ini.

6. Dompet Kering? Jangan Khawatir

Dompet Kering via http://google.com

Bagi anda sang traveler dengan kantong yang pas-pasan jangan khawatir. Daerah lombok adalah daerah yang benar-benar cocok untuk semua level traveler. Teramasuk treveler berkantong tipis. Daerah lombok bukanlah daerah yang memiliki tingkat inflasi yang sangat tinggi yang menyebabkan harga segala kebutuhan begitu tajam. Harga-harga barang di daerah lombok benar-benar ramah terhadap isi kantong dari para pengunjung. Uang seribu rupiah masih bisa beli makanan kok. Kalau di daerah lain pasti hanya dijadikan sebagai uang sewa parkir. Itulah yang menyebabkan pulau Lombok benar-benar berbeda dibandingkan dengan daerah yang lain. Kalau ada barang dengan kualitas yang sama dengan harga yang lebih murah, mengapa harus ambil yang mahal? Sekali lagi pikirkan lagi niat anda untuk mengunjungi pulau Lombok, saya benar-benar takut anda ketagihan di tempat surga ini

7. Butuh Bantuan? Satu Kampung Siap Membantu

Ringan menolong via http://google.com

Seperti yang pernah saya katakakan dimuka, masyarakat lombok itu adalah masyarakat yang sangat ramah dan peduli. Jika di tempat lain terdapat semboyan tidak ada yang gratis, tidak ada uang tidak sayang, kalau di lombok masih terdapat banyak hal yang gratis. Jika di daerah lain kita ingin pipis harus sewa tempat, kalau di lombok datang saja ke rumah-rumah penduduk sekitar, minta izin, maka mereka akan langsung menyambut dengan ramah. Jangankan sekedar numpang pipis, setelah selesai itu pasti akan di jamu dengan banyak hal. Hal inilah yang meyebabkan para pendatang benar-benar terlena dengan pulau surga ini. Yakin ingin tetap ke Lombok? Aduh jangan deh… bahaya….

8. Lombok Itu Luas…

Luasnya lombok via http://google.com

Tips dari saya jika anda ingin tetap kukuh datang ke lombok adalah tetapla membawa google maps. Sumpah… lombok itu luar biasa luas. Keindahan lombok tidak bisa dinikmati hanya dalam sehari. Anda harus menyiapkan waktu berhari-hari untuk benar-benar bisa menikmati semua kenikmatan pulau surga ini. Oleh karena itu tidak heran mengapa kebanyakan orang non lombok lebih memilih menetap di lombok, saking mempesonanya. Itulah mengapa saya katakan hati-hati datang ke lombok. Takutnya anda tidak mau pulang. Kasihan kan keluarga dirumah menunggu anda yang tidak mau pulang ke kampung halaman. Sekali lagi ini bahaya…. Pikirkan lagi niat anda untuk mengunjungi pulau lombok.

9. Aman dan Tentram

Aman pak…. via http://google.com

Daerah lombok adalah daerah yang aman. Bisa dikatakan bahwa daerah lombok memiliki tingkat kriminalitas yang rendah. Sekalipun ada orang yang akan berbuat jahat kepada anda, maka masyarakat sekitar tidak akan tinggal diam melihat anda dijahati, mereka akan dengan sangat geram melihat pengunjung di perlukukan tidak baik. Bahkan anda tidak membutuhkan polisi pribadi untuk melindungi liburan anda, karena masyarakat yang anda temui di sekitar akan dengan senang hati melindungi anda dari tindakan-tindakan yang tidak anda inginkan. Jika ada orang yang berniat jahat kepada anda, satu kampung yang akan menolong anda. Nah yang kayak gini yang meyebabkan para pendatang benar-benar mabuk di landa dilema keindahan lombok. Nah benar kan lombok itu bahaya, bisa bikin kecanduan mengunjunginya. Masih yakin ingin tetap kesini? Awas bahaya…

10. Cewek dan Cowok Lombok Itu Bening-Bening

cowok-cewek bening via http://google.com

Tradisi, budaya, kuliner, keindahan alam, dankeamanan belum cukup untuk membuat anda berdecak kagum? Keindahan lombok tidak sampai disitu saja. Masih banyak keindahan rahasia yang di miliki oleh pulau surga ini. Salah satunya adalah para pemuda dan pemudinya yang tampan dan cantik-cantik seperti penghuni kahyangan langit ke tujuh. Buat anda yang jomblo, liburan anda bisa ditambah dengan mengeksplorasi pemuda dan pemudinya yang bening-bening. Tidak heran jika banyak pengujung yang malah kepincut dengan orang lombok kemudian memilih untuk tinggal di lombok, nah bahayakan kan? Sudah saya bilang. Hati hati datang ke lombok. Kalau tidak kuat bisa bahaya.

Nah….. itulah alasan mengapa pulau lombok itu bahaya untuk dikunjungi. Sekarang, masih tetap ingin mengujungi pulau lombok? Yakin? Yasudah sebelum datang kesini, kuatkan dulu iman anda, agar setelah tiba disini iman anda tidak tergoyah untuk tetap berada disini.

Lombok Aku Mencintaimu. Keliling dunia itu percuma saja kalau anda belum mengunjungi pulau surga ini. Lombok…. Luar biasa pedas daya pikatmu, sepedas sambal terasimu! Uenak….

Silak batur tiang antih….