Jangan Kebawa Stres dalam Bekerja, 6 Cara Ini Ampuh Bantu Kamu Mengatasinya

Biar kerja lebih optimal, jaga pikiran biar terhindar stres

Selain mencetak prestasi yang gemilang ketika bekerja, mengeola stres juga bagian dari kemampuan khusus yang perlu bisa kamu kuasai. Tentunya bidang ini sangat bermanfaat jika kamu dapat menguasainya secara terukur dan terstruktur. Salah satu manfaat dari mengelola stres tentunya bisa membuatmu bertahan lebih lama di kantormu. Selain itu, butuh kesabaran yang ekstra dengan apa yang selalu kamu geluti setiap harinya.

ADVERTISEMENT

1. Me Time

Photo by RODNAE Productions on Pexels

Photo by RODNAE Productions on Pexels via https://www.pexels.com

Kesibukan kerja pastilah membuatmu terkadang lupa untuk memberikan waktu untuk diri sendiri. Cara pertama ini wajib kamu coba untuk menghilangkan stres yang terkadang tanpa kita sadari sudah melakukan pekerjaan yang sebetulnya tidak kita sukai. Dengan me time inilah sebenarnya kamu bisa me-refresh kembali dirimu untuk melakukan pekerjaan tanpa stres tersebut.

ADVERTISEMENT

2. Perhatikan Pola Tidur

Foto oleh Ivan Oboleninov on Pexels

Foto oleh Ivan Oboleninov on Pexels via https://www.pexels.com

Cara kedua yang bisa kamu coba dalam mengatasi stres kerja adalah dengan memperhatikan pola tidurmu. Pola tidur yang tidak teratur dapat mendorongmu untuk tidak bersemangat dalam menjalani aktivitasmu ketika di kantor. Jika kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya, tak hanya fisik saja yang merasa capek, namun kesehatan mentalmu juga akan terpengaruh.

ADVERTISEMENT

3. Mulai Hari dengan Semangat

Foto oleh Andrea Piacquadio on Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio on Pexels via https://www.pexels.com

Sebagian orang setuju, dunia kerja memang tidak seindah melihat bias yang tampil di layar kaca dan beranda media sosial kita. Namun, selalu ingat dan bersemangat dalam bekerja adalah bagian yang tidak kalah menyenangkan untuk memulai hari. Selain menghilangkan stres, memulai hari dengan semangat bisa membuat lingkungan pekerjaanmu menjadi positif nantinya.

ADVERTISEMENT

4. Minta Waktu untuk Berlibur

Foto oleh Te lensFix on Pexels

Foto oleh Te lensFix on Pexels via https://www.pexels.com

Sebagai orang dewasa, terkadang kehidupan menuntut kita untuk selalu hadir dan bekerja. Namun sebagian lainnya lupa, bahwa selain me time, berlibur juga merupakan agenda wajib yang harus dilakukan. Setidaknya dengan melihat suasana kehidupan di luar pekerjaanmu, dapat membantu untuk menghilangkan stres yang ada di dalam kepala.

ADVERTISEMENT

5. Temukan Solusi dari Setiap Masalah

Foto oleh Pixabay on Pexels

Foto oleh Pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Jangan selalu berpatokan pada masalahmu timbul karena apa? Namun, sesekali cobalah kamu langsung mencari solusi ketika masalah timbul. Dengan mencarikan solusi tanpa memikirkan masalahmu timbul karena apa, mustahil rasanya kamu dapat menghilangkan stresmu dengan gampang. Untuk itulah setiap kamu mengalami masalah, carilah jalan keluar yang membuat masuknya masalah tersebut.

ADVERTISEMENT

6. Beri Penghargaan Terhadap Diri Sendiri

Foto oleh Andres Ayrton on Pexels

Foto oleh Andres Ayrton on Pexels via https://www.pexels.com

Sebagai seorang pekerja, kita memang sering melupakan bahwa selain memberi penghargaan kepada orang yang di sayang, diri kita juga butuh diberi penghargaan. Semacam penghargaan kecil berupa makanan di restoran kesukaan, menonton film di bioskop, menikmati konser band kesukaan, dan hal yang paling ingin kita lakukan juga sudah membantu diri kita pulih lebih cepat terhadap stres tersebut. Atau mungkin, pujian atau ucapan sederhana terima kasih telah berjuang juga bisa membantu kita lekas pulih.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis dan membaca.

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam