Pernahkah Anda merasa takut untuk bertanya? Sebuah buku yang sangat menginspirasi saya menjelaskan tentang pentingnya bertanya dan berbagai manfaatnya. Kata-kata yang cukup mudah dipahami membuat saya semakin paham dengan sebuah alasan daripada munculnya suatu pertanyaan.

Ketika Anda malu bertanya, Anda membatasi diri Anda. Anda membiarkan pikiran Anda dangkal dan hidup dengan tidak percaya diri. Selain itu dengan mengurung diri dan malu untuk bertanya, Anda mengambil keputusan yang buruk karena pemahaman tidak matang.

Dahulu, saya jarang bertanya dan saya mengira bahwa menjadi pemimpin adalah orang yang harusnya tahu segalanya. Ketika saya memimpin, saya harusnya tahu setiap jawaban dari pertanyaan anggota saya. Alhasil, saya menerapkan sikap konyol "Jangan buat dirimu terlihat bodoh!" Sayangnya hal ini menghambat diri saya sendiri. Saya harus cukup dewasa untuk memahami kekurangan saya dan membutuhkan bantuan orang lain. Bukankah lebih baik banyak bertanya sehingga memahaminya walaupun terlihat bodoh di awal daripada benar-benar bodoh dan sok tahu didalamnya?

Ubah pola pikir Anda jika Anda memang seperti itu! Dengan merendahkan hati untuk bertanya kepada orang lain, akan lebih mudah untukmu mendapatkan ilmu yang seluas-luasnya.

Sebagai contoh awal, saat Anda bingung memilih sepatu yang pantas dipakai disebuah acara bukankah Anda memerlukan masukan? Bukankah masukan itu ada jika Anda bertanya kepada orang lain? Bukankah masukan itu nantinya menjadi jawaban atas kebingungan Anda? Bukankah semakin banyak masukan maka semakin matang jawaban Anda? Begitukah? 

Sekarang Anda tahu pentingnya bertanya!

Berikut ini adalah manfaat-manfaat lain dengan bertanya.

1. Bertanya adalah cara terampuh menjalin hubungan dengan orang lain.

Komunikasi berasal dari kata communis, yang berarti "bersama". Sebelum berkomunikasi, tegakkanlah kesamaan. Semakin banyak kesamaan maka semakin banyak pula dukungan. Tujuan komunikasi yang efektif adalah mendorong orang lain untuk berpikir, Saya juga. Bukannya setelah berargumen panjang, pendengar bertanya-tanya, Jadi Kenapa?

Dengan berkomunikasi yang baik Anda juga dapat mengerti wawasan lawan bicara Anda serta hal-hal yang mungkin mereka ketahui dan kita tidak. Alhasil, kita mampu bertanya tentang hal yang tidak kita ketahui dengan pertanyaan yang bermutu dan cocok kepada orang tersebut.

Selain mendapat jawaban yang pas, tentu kita telah menjalin persahabatan baik dengan orang tersebut.