Ungkapan “Tidur Hanya Bagi Si Lemah” mungkin adalah jargon hidup kalian, sang pekerja keras sejati. Tapi memang dasar setan selalu menampakkan wujudnya melalui sepoi angin penyejuk ruangan pun empuk sofa yang melambai mesra dari kejauhan. Sebagai mantan buruh periklanan yang selalu didera tenggat waktu dan lembur tiada berkesudahan, saya akrab betul dengan hal-hal itu. Awalnya saya sok kuat. Saya tahu alarm secanggih apapun tidak akan berguna bagi saya dan tentunya saya tidak ingin terbangun bermandikan penyesalan. Namun, setelah membaca beberapa artikel tentang produktivitas dan menerapkannya secara bertahap, saya akhirnya menemukan resep begadang yang mujarab. Mari kita simak!

1. Minum Kopi Sebelum Tidur

Alat dan bahan yang dibutuhkan: secangkir kopi, bantal, alarm atau teman yang galak. via http://www.huffingtonpost.com

Ya, kamu nggak salah baca. Kebanyakan dari kita mungkin kuat meminum kopi bergelas-gelas dalam satu hari untuk tetap terjaga. Tapi semakin banyak kopi yang kita minum, semakin kebal tubuh kita terhadap kafein. Bukannya mengusir kantuk, asam lambung jadi naik dan jantung pun berdebar kencang seperti genderang mau perang. Jika kopi telah tandas dan kamu masih tetap mengantuk, tidak usah tambah kopinya. Kafein memang membutuhkan waktu setidaknya 15 menit sebelum ‘menendang’ otak kamu. Sembari menunggu, manfaatkanlah 15 menit berharga itu untuk power nap atau tidur super singkat. Pasang alarm atau minta teman galak untuk membangunkan kamu dan Voila! Tubuh kamu pun segar bugar seperti terlahir kembali.

2. Mengubah Siklus Tidur

Alat dan bahan yang dibutuhkan: bantal, alarm, atau teman yang galak. via https://www.askideas.com

Advertisement

Menyinggung soal power nap, ternyata resep ‘sebentar tapi sering’ nggak hanya berlaku untuk pola makan, tetapi juga pola tidur. Sebenarnya kita bisa saja tidur hanya 2 jam dalam satu hari dengan mengikuti dymaxion cycle. Cara kerjanya cukup simpel, kita hanya perlu power nap selama 30 menit setiap 6 jam sekali. Setelah beberapa tahun menjalani dymaxion cycle, Bucky Fuller sang penemu siklus tersebut memeriksakan kondisinya ke dokter dan mendapati dirinya sehat walafiat. Jadi daripada menggunakan waktu istirahat untuk merokok, lebih baik manfaatkan setengah jam tersebut untuk tidur secara berkala. Tentunya, manfaatkan alarm atau teman yang galak untuk membangunkan kamu setelah setengah jam. Jika teman yang galak sudah tidak mempan, mungkin kamu bisa menggantinya dengan dosen atau bos yang keji.

3. Membasuh Beberapa Titik Pada Tubuh

Alat dan bahan yang dibutuhkan: air via http://www.reddit.com

Semasa kerja kantoran, saya selalu diledek sok religius oleh rekan kerja hanya karena saya terlalu sering shalat saat jam kerja. Mereka tidak tahu sebenarnya proses favorit saya ketika shalat adalah berwudhu, di mana tubuh ini memperoleh kesegaran lewat basuhan air dan saya seketika lupa pada pekerjaan. Ternyata praktik berwudhu ini juga mirip dengan Vyapak Saocha dalam Ilmu Ayurveda. Di mana setelah mendinginkan titik-titik panas pada tubuh, isi pikiran kita menjadi tidak segaduh sebelumnya. Saya bahkan sering mendapatkan ide-ide baru saat sedang berwudhu seperti halnya orang-orang mendapatkan ide di bawah shower selagi mandi. Terlebih lagi, membasuh beberapa titik pada tubuh dengan air terbukti mampu membangunkan kembali syaraf-syaraf pada tubuh.

4. Memutar Lagu Bertempo Cepat

Alat dan bahan yang dibutuhkan: headset, playlist lagu upbeat, dan teman yang maklum. via http://getinfocity.blogspot.co.id

Mari sumbat telingamu dengan headset dan adakan pesta kecil dalam benak. Dengan mendengarkan lagu upbeat, detak jantung kita akan terpacu dan otak pun akan bersemangat untuk bekerja lebih keras. Namun, utamakan mendengar lagu tanpa lirik agar tetap fokus. Jangan sampai kamu terkena sambit seperti saya karena menyanyi tidak karuan saat bekerja ditemani soundtrack Meteor Garden.

5. Rutin Minum Air Putih

Alat dan bahan yang dibutuhkan: air putih matang via http://www.nbcnews.com

Advertisement

Sebelumnya saya tegaskan, poin terakhir ini tidak ada hubungannya dengan kampanye merek air minum yang terkenal itu. Tapi memang benar dehidrasi bisa membuat kita mengantuk. Poin ini memang cukup sulit dilakukan karena kebanyakan dari kita lebih suka air dengan pemanis dan pewarna buatan. Percayalah, saya dulu termasuk salah satunya. Syukurlah saya kini sudah insyaf dengan memaksakan minum paling tidak setengah gelas air secara berkala. Hindari memasok air putih di tempat minum berukuran jumbo atau meminta tolong orang lain mengambilkan air untuk meminimalisasi pergerakan. Sebenarnya proses mengisi ulang air berpengaruh banyak untuk meningkatkan kesadaran karena kita bergerak aktif saat itu. Apalagi, setelah rajin minum saya juga rajin buang air kecil yang juga memaksa saya untuk bergerak.

Ya, walaupun sudah lima ajian sudah saya keluarkan untuk begadang, tetap saja resep begadang paling manjur berasal dari Bung Rhoma Irama: “Begadang jangan begadang kalau tiada artinya”. Lakukan pekerjaan secepat dan sedini mungkin untuk menghindari kemungkinan begadang di malam hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya