Pasar kebanyakan diidentikkan dengan kotor, panas, berdebu, becek, dan segala ketidaknyamanan. Banyak orang yang lebih senang belanja di supermarket dibanding pasar, mungkin kamu salah satunya. Secara gitu ya, supermarket jelas lebih bersih, segar, ga perlu  panas panasan, desak desakan kayak ikan sarden kaleng. Harga juga bersaing.  Jadi, ngapain cape cape belanja dipasar tradisonal? Jangan salah, dibalik segala kekurangannya, ada hal lebih yang tidak bisa kamu temukan kalo belanja di supermarket. Apa aja? Coba simak dulu.

1. Bhinneka Tunggal Ika

walaupun berbeda beda tapi tetap belanja dipasar via http://www.irhamthoriq.com

Bhineka tunggal ika yang bermakna berbeda beda tapi tetap satu bisa kamu temukan dengan mudah disini. Dipasar, segala macam manusia tumplek blek. Kaya, miskin,tua, muda, pegawai esmud, tukang parkir, cantik, kurang cantik, nenteng Jimmy Choo, nenteng tas rotan,naik mobil, naik sepeda, bau parfum, bau ketek, sampe segala macam suku, bangsa, ras,semuanya campur disini. Pasar ibarat sebuah rumah yang welcome sama siapapun. Gak memandang kamu pake apa, penampilan kamu kayak apa. Gak kayak pergi ke mall yang kamu bener bener harus presentable. Dipasar kamu mau pake piyama pun juga gak masalah. Pasar adalah sebuah tempat dimana kamu nyaman jadi diri sendiri. Itulah salah satu keistimewaan pasar tradisional yang jarang kamu temui di supermarket.

2. Murah

borong sis.. via https://sebandung.com

Oke, mungkin murah di sini relatif ya tergantung dimana kamu tinggal dan standar biaya hidup. Tapi kebanyakan harga dipasar emang lebih murah sedikit dibanding supermarket. Belum lagi kalo kamu punya pedagang langganan, dengan senang hati mereka biasanya ngasih diskon.

3. Membantu perekonomian pedagang kecil

Advertisement

ayo dibeli cuu… via https://deeadewie.wordpress.com

Di pasar ada bapak bapak atau ibu-ibu yang jualan buat biaya sekolah anaknya. Janda yang berjuang untuk menyambung hidup, ibu-ibu setengah baya yang memanggul dagangan. Mereka semua punya tujuan yang sama, bekerja untuk meraup beberapa lembar rupiah yang mungkin buat kita nggak seberapa, tapi berarti banyak buat mereka. Dengan belanja dipasar secara gak langsung kita membantu kehidupan mereka dan orang orang yang mereka tanggung,

4. Cuci mata

duh, aye jadi grogi bang… via http://www.huffingtonpost.com

Jangan salah, cowok ganteng dan cewek cakep gak cuma beredar di tempat hangout keren aja. Dipasar pun banyaak. Kalo kamu biasanya nyari jodoh ditempat tempat nongkrong kekinian, gak ada salahnya mulai melirik pasar buat nyari pasangan. Apalagi buat kamu cowok cowok yang kepasar buat nemenin mamanya, gak cuma nungguin dimotor, tapi rela ikut berjejal jejal dipasar buat bawain belanjaan mamanya, ah kamu layak untuk dipersuami.

5. fresh, fresh, fresh

Aesthetically pleasing. via http://jokowarino.id

Oke, buat kamu yang sering nonton berita investigasi di TV soal ikan berpewarna, sayuran pake pengawet, buah disuntik pemanis endesbra endesbre. Pasti bikin kamu parno belanja dipasar dan takut dikibulin pedagang. Dan lebih memilih belanja disupermarket. Padahal dipasar justru banyak buah dan sayur yang dipetik langsung dari kebun dan dijual sama pedagangnya. Jadi kesegarannya bisa dijamin. Selain itu dipasar juga banyak buah dan sayuran lokal yang yang kalo kamu beli juga turut membantu perekonomian petani lokal. Siapa lagi yang akan mengapresiasi produk lokal kalo bukan kita?

6. Pasar = Indonesia banget

Dimana lagi kamu bisa menemukan pemandangan yang khas dengan kebiasaan dan karakter orang Indonesia kalo bukan dipasar? Pasar adalah tempat yang akan membuat kamu terekspos dengan hal hal yang identik dengan orang Indonesia. nongkrong di warung kopi sambil makan gorengan, pengemis, tukang semir sepatu, pedagang kaki lima gelar lapak, orang nyebar nyebar brosur, tukang jamu, mbah jualan pecel, abang odong odong, pedagang yang kumpul kumpul ngerumpi sambil ngerujak, macet. Dan masih banyaaaaak lagi yang lainnya. Semua itu bisa kamu temui dipasar.

7. Jajanan unik dan langka

Bungkusin semua ya bu. via http://www.jalanjajanmurah.com

Indonesia itu negara yang kaya dengan keragaman kuliner. Ada bermacam jenis kuliner yang kita punya, tapi sayangnya gak semuanya bisa kita temui dengan mudah, kecuali diacara acara khusus. Tapi kalo kamu sering kepasar, kamu pasti sering nemui kuliner yang jarang kamu liat ditempat tempat biasa, eh ternyata ada disana. Mulai dari kue basah sampe masakan khas daerahmu. Dan biasanya harganya lebih murah, enak lagi..

Itulah beberapa kelebihan berbelanja dipasar yang mungkin gak kamu temui kalo belanja disupermarket. Well, tulisan ini bukan buat mencibir kamu kamu yang senang belanja di supermarket ya. Mau belanja dipasar ato di supermarket ya hak kamu toh?,Ato kamu mungkin gak pernah kepasar? Ayo sekali sekali coba menjelajah pasar. panas emang, sumpek iya, tapi seru dan berkesan.

Oya, satu lagi buat kamu yang belanja dipasar, pliiiiis banget deh jangan nawar ya. Apalagi yang jualan ikan, sayur mayur, buah, jajanan jajanan murah. Mereka biasanya ngambil untung juga gak seberapa, eh kamu caplok lagi sedikit dari keuntungan mereka dengan nawar. Mungkin kamu ngerasa bangga kalo pintar nawar. Tapi yah liat liat sikon juga. Kalo kamu beli baju ditoko gede mah wajar nawar. Tapi kalo dipedagang kecil sih gak usah yaa. Kamu gak tau kan kalo mungkin seharian dagangan mereka sepi. Kamu orang pertama yang belanja dan mereka udah seneeeng banget. Eh tau tau kamu malah nawar sadis. Kasian kan?. Yuk ah bantu berdayakan ekonomi lokal dan pedagang kecil dengan gak nawar. Itung itung beramal.

Selamat berbelanja dipasar tradisional.