Jarang Diketahui, 5 Buah-Buahan Antioksidan Ini Mampu Mengatasi Stres

Buah-buahan sehat tidak hanya segar tetapi juga dapat mengatasi stres!

Stres sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang. Stres ditimbulkan dengan berbagai faktor, dan dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi mental serta fungsi sistem organ tubuh apabila berlangsung lama. Oleh karena itu, stres harus dikelola dan diatasi sedini mungkin.

Melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti berolahraga, pergi bersama teman atau keluarga, atau sekedar menikmati pemandangan alam dipercaya dapat mengatasi dan mencegah terjadinya stres. Mengonsumsi makanan manis juga dinilai sebagai cara efektif untuk mengembalikan mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Tetapi, makanan manis yang mengandung banyak gula jika dikonsumsi secara berlebihan memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Sebenarnya ada beberapa jenis buah dengan kandungan antioksidan alami yang tidak hanya nikmat untuk dimakan tetapi juga dapat meredakan stres. Buah-buahan ini telah terbukti mampu menstimulus dorongan energi, menurunkan hormon kortison yang memicu stres, dan meningkatkan kadar hormon “bahagia” atau yang dikenal sebagai hormon serotonin dalam tubuh. Berikut daftar buah-buahan yang jarang diketahui dapat mengurangi tingkat stres dan menenangkan suasana hati:

Advertisement

1. Anggur

Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan

Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan via http://dinkes.bogorkab.go.id

Buah dengan berbagai warna, mulai dari warna hijau, ungu dan hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang tergolong tinggi. Anggur mengandung antioksidan dari jenis flavonoid, provitamin A, vitamin C dan B, juga besi, kalsium, fosfor, dan kalium. Di dalam 100 gram anggur terdapat 10,8 ml vitamin C. Disarankan untuk mengonsumsi anggur cukup 100 gram per hari. Anggur yang mengandung kadar antioksidan tinggi ini tidak hanya menyehatkan bagi tubuh tetapi juga membuat emosi menjadi stabil.

            Flavonoid yang terkandung dalam anggur adalah sumber antioksidan yang prima. Di dalam tubuh, flavonoid membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah timbulnya penyumbatan pada dinding arteri koroner, sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner. Semakin gelap warna anggur, maka semakin tinggi kadar fenolnya. Fenol memiliki efek kardioprotektif sangat kuat yang mampu mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. World Health Organization (WHO) mengklasifikasikan anggur dalam jenis buah sehat penurun kolesterol, karena kandungan serat larut (soluble fiber) dalam air yang tinggi.

Advertisement

2. Apel

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://www.pexels.com

Malang dikenal sebagai daerah penghasil apel lokal di Indonesia. Buah yang kerat kaitannya dengan daerah malang ini memiliki kandungan senyawa pektin yang mengandung banyak zat gizi berupa kalori, hidrat arang, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan B, serta air. Apel juga dikenal sebagai salah satu buah dari berbagai jenis buah yang mengandung antioksidan tinggi untuk mengatasi stres. Kandungan pektin dalam buah apel berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Pektin pada apel bekerja sangat cepat dalam bentuk jus. Selain itu, buah apel berfungsi dalam mengobati sakit kencing manis (diabetes mellitus).

3. Kelapa

Photo by NipananLifestyle.com from Pexels

Photo by NipananLifestyle.com from Pexels via https://www.pexels.com

Buah yang berasal dari tumbuhan jenis Arecaceae yang terkenal sebagai tumbuhan serbaguna memiliki banyak manfaat dalam berbagai keperluan. Selain di jadikan sebagai santan dalam memasak, pemanfaat kelapa juga dipakai untuk pembuatan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) atau lebih dikenal dengan sebutan VCO. Diyakini dalam VCO ini memiliki sejumlah khasiat untuk menjaga kesehatan manusia. Minyak kelapa murni tidak memproduksi radikal bebas, memberi gizi penting yang dibutuhkan tubuh, serta mengandung antioksidan dan vitamin E yang berguna untuk membantu mencegah penyakit kanker. Bagi para wanita, VCO baik untuk kesehatan kulit. Dapat membuat kulit lembut dan halus, sehingga mengurangi risiko terkena kanker kulit.

4. Kiwi

Photo by PhotoMIX Company from Pexels

Photo by PhotoMIX Company from Pexels via https://www.pexels.com

Kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan adalah ciri dari buah yang dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbesar di antara buah-buah yang lainnya. Bentuk buahnya yang unik, berbulu dengan tekstur buah yang khas membuat kiwi memiliki kualitas terbaik dengan harga yang cukup mahal. Namun, tidak heran apabila harga buah ini mahal karena di dalamnya terkandung banyak zat gizi yang menyehatkan tubuh. Terdiri atas vitamin A, B1, B2, potassium, niasin, dan asam folayt dalam jumlah yang tinggi. Di samping itu, buah kiwi merupakan sumber antioksidan terbaik dengan kandungan mineral esensial yang sangat banyak serta kandungan vitamin yang sangat beragam. Peran vitamin C dan E dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan, sebagai zat penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan pencegahan terhadap sel kanker. Kiwi biasanya dijadikan tambahan berbagai olahan makanan dan menambah selera makan karena warnanya yang cerah,

Advertisement

5. Semangka

Photo by Jill Wellington from Pexels

Photo by Jill Wellington from Pexels via https://www.pexels.com

Citrullus lanatus, atau yang kerap disebut semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau muda dengan garis-garis hijau tua. Ada dua jenis warna pada semangka yaitu warna kuning dan merah. Semangka yang berwarna merah menandakan tingginya kadar likopen, hal ini membuat semangka merah lebih dianjurkan daripada semangka kuning. Kandungan likopen pada semangka membuatnya jauh lebih ampuh dalam memerangi radikal bebas. Bahkan, likopen dibantu dengan zat antioksidan lain, yakni betakaroten mampu menyegarkan kembali sel-sel yang sudah terlanjur dirusak oleh radikal bebas. Selain iitu, likopen dikenal sebagai zat yang memiliki manfaat untuk membuat kulit wajah tampak bercahaya, segar, dan lebih muda. Buah semangka sangat banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE