Tidak dapat dipungkiri, dalam hidup manusia pasti akan merasakan rasa kecewa. Rasa kecewa sendiri disebabkan oleh banyak hal, baik dari keadaan diri sendiri maupun orang lain. Rasa kecewa biasanya muncul apabila kita telah mempercayai orang dengan sepenuh hati, namun orang yang diberi kepercayaan itu justru berkhianat.

Rasa kecewa pun dapat muncul apabila apa yang diekspetasikan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Nah, berikut jawaban warganet Ask.fm apabila ditanya penyebab rasa kecewa. 

 

1. Kecewa karena tidak berhasil menggapai sesuatu

kecewa karena kegagalan

kecewa karena kegagalan via http://ask.fm

Advertisement

Seperti lagu band Nidji, mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia. Tiap orang pasti memiliki mimpi, tiap orang pasti memiliki cita-cita. Seseorang yang telah berani bermimpi harusnya berani berusaha keras untuk dapat menggapai mimpinya. Namun, terkadang tidak semua mimpi dapat terwujud, tidak semua cita-cita dapat tercapai. Tentunya kekagagalan merupakan hal yang sangat mengecewakan.

Tak jarang orang akan menjadi stress setelah merasa gagal. Tapi, ketahuilah kegagalan yang sedang kamu jumpai itu merupakan suatu tanda bahwa Tuhan ingin melihatmu berusaha lebih keras lagi. Jadi, jangan terus-menerus terlarut dalam kekecewaan, bangkit dan berusahalah kembali.

2. Kecewa karena dibohongi

kecewa karena dibohongi

kecewa karena dibohongi via http://ask.fm

Sebagian orang tidak suka dibohongi, terutama apabila dibohongi oleh orang terdekatnya sendiri. Hal sekecil apapun itu, tetap saja berbohong merupakan hal yang tidak baik. Sejak masih sekolah pula kita diajarkan bahwa berbohong adalah hal yang tidak terpuji.

Advertisement

Apabila seseorang telah memberikan kepercayaan terhadapmu, sebaiknya kamu menjaga kepercayaan yang telah dia berikan itu dengan baik. Jangan berkata bohong kepadanya. Sekecil apapun itu pasti akan membuatnya kecewa. 

3. Kecewa karena diselingkuhi

Kecewa karena diselingkuhi

Kecewa karena diselingkuhi via http://ask.fm

Rasa kecewa pun dapat disebabkan oleh pasangan sendiri. Sudah mencintai seseorang dengan sepenuh hati, eh dia malah bertindak seenaknya sendiri. Sudah berjuah dengan segenap jiwa, eh dia selingkuh begitu saja. Pasti akan timbul rasa kecewa, sedih dan tidak karuan.

Eh tapi, jangan membalasnya dengan perlakuan serupa ya. Sebaiknya kamu tinggalkan dia saja dan biarkan waktu yang membalasnya. Percayalah, karma itu ada.

4. Kecewa karena gagal bimbingan

Kecewa karena dosen

Kecewa karena dosen via http://ask.fm

Bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang untuk lulus, seringkali merasa kecewa karena dosen. Sudah menunggu lama di depan ruang dosen, eh dosen yang ingin ditemui ternyata sedang ada tugas ke luar kota. Mencoba mengirim pesan untuknya, eh hanya di read saja.

Kecewa memang, namun ketahuilah bahwa akan ada hikmah di balik ini semua. Hal ini akan melatih kesabaran dan tanggung jawab kamu. Sabar karena harus terus menunggu dan merasa kecewa, dan bertanggung jawab karena tugas akhir kamu harus segera diselesaikan. 

5. Kecewa karena tidak melibatkan Allah

Kecewa karena tidak melibatkan Allah

Kecewa karena tidak melibatkan Allah via http://ask.fm

Rasa kecewa pasti ada, namun jangan biarkan itu mempengaruhi seluruh hidupmu. Bangkit dan terus berusahalah, dan jangan lupa berdoa sebelum memulai sesuatu. Percayalah pada Tuhan, bahwa segala sesuatu akan indah pada waktunya. Ketahuilah bahwa Tuhan mengabulkan doa hambanya melalui 3 (tiga) cara, antara lain: (a) Ya, Aku kabulkan; (b) Tunggu, berusahalah lebih keras lagi: dan (c) Tidak, akan Kuberikan yang lebih baik. Nah dalam hal ini jangan lupa libatkan Tuhanmu saat akan memulai sesuatu. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya