Rata-rata orang di Asia Pasifik menghabiskan lebih dari 6 jam di tempat kerja. Sementara itu, mereka dituntut untuk memiliki semangat kerja yang stabil. Bagaimana caranya? Untuk tetap produktif, haruslah memulai hari dengan benar.

Cara kamu membuka harimu di pagi hari akan berdampak kepada suasana hati dan semangat untuk bekerja dengan maksimal. Apabila di pagi hari saja kamu sudah tidak mood, gimana mau produktif sepanjang hari?

1. Sarapan sehat itu kelihatannya sepele. Tapi sebenarnya…

healthy breakfast via http://www.emtalks.co.uk


Kenapa nggak sarapan, sis?

Nggak punya waktu. Nggak selera. Lagi diet


Itu adalah beberapa alasan kenapa banyak orang melewatkan sarapan. Padahal, sarapan itu paling penting loh. Orang yang terbiasa sarapan sebelum beraktifitas jarang mengidap obesitas, kadar gula mereka stabil, dan tentunya lebih bertenaga untuk bekerja sepanjang hari. Jadi, jangan lupa sarapan ya!

2. Usahakan selalu datang tepat waktu. Ini baik buat melatih mentalmu!

Advertisement

Datang telat bukan cuma membuat performancemu di tempat kerja menurun, tapi moodmu pun akan menurun! Lebih gawat lagi kalau kamu ditegur atasanmu karena terlambat. Pasti kamu nggak mau kan, sarapan ceramah dari bos, apalagi di depan teman kerja lainnya. Jadi, datang lebih awal akan menghindarkanmu dari keributan-keributan nggak penting.

3. Latihan pernapasan biar bebanmu sedikit berkurang

deep breathing via https://imgflip.com

Saat sampai di meja kerjamu, jangan buru-buru nyalain komputer deh. Duduk dulu, cari posisi yang paling nyaman untukmu, Lalu tarik nafas sedalam-dalamnya dan hembuskan. Lupakan kemacetan yang kamu hadapi di perjalanan, atau masalah di rumah yang belum selesai. Dengan begini, kamu bisa mengurangi stress dan lebih fokus bekerja.

4. Lakukan peregangan sederhana ketika jam istirahat di kantor

simple exercise via https://www.tutorialspoint.com

Luangkan waktumu sebentar untuk melakukan gerakan-gerakan yang sederhana seperti peregangan otot atau jalan di sekitar kantor. Ini akan melonggarkan ototmu yang tegang dan memperbaiki sirkulasi darah. Karena kamu akan berjam-jam duduk di kursi, gerakan-gerakan itu akan membuatmu lebh rileks saat bekerja.

5. Evaluasi kerjaan kemarin; "oh ternyata salahku di sini", "oh, aku harus lebih baik lagi dari kemarin!"

evaluate yesterday's work via http://directorpoint.com

Mengevaluasi apa saja yang sudah kamu kerjakan kemarin itu sangat penting, loh. Jadi saat proyek yang kamu kerjakan sudah selesai, kamu bisa move on ke proyek lain dengan nyaman. Apapun yang terjadi kemarin, tinggalkan dan mulai hari yang baru dengan pikiran segar.

6. Buat to-do-list agar semua kegiatanmu tertata rapi

Rencakan apa yang akan kamu kerjakan dengan proyek terbarumu. Membuat daftar tugas yang diperlukan akan membantumu menentukan mana yang lebih penting. Kamu pun bisa lebih fokus, lho. Jika bisa diselesaikan hari ini, selesaikan dan jangan ditunda!

7. Luangkan waktu untuk chit-chat barang sebentar

Ngobrol-ngobrol cantik dengan teman kerja sambil minum kopi akan membantumu lebih rileks sebelum kembali masuk ke tumpukan lautan kerjaan.

Ayo, mulai terapkan tips-tips tersebut dan rasakan perubahannya!

Artikel ini terbit pertama kali di : http://bit.ly/morning-habits