Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dikerjakan mahasiswa untuk bisa lulus dan mendapat gelarnya. Ketika mengerjakan skripsi, biasanya mahasiswa tidak mengambil mata kuliah lainnya. Hal ini dilakukan supaya mahasiswa bisa cepat selesai dalam mengerjakan skripsi. Akan tetapi, dalam mengerjakan skripsi tentu terdapat berbagai hambatan. Salah satunya adalah 'rasa jenuh' yang sering melanda mahasiswa ketika mengerjakan skripsi. Nah, untuk kalian mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, kalian bisa simak tips berikut ini.

1. Berlibur bersama teman kelas

Berlibur bersama teman

Berlibur bersama teman via http://www.destenaire.com

Ketika jenuh melanda, itu artinya kamu membutuhkan refreshing. Kamu membutuhkan waktu untuk meliburkan diri dari skripsi. Kamu bisa mengambil waktu 1-2 hari dalam setiap minggunya, untuk pergi berlibur ke tempat wisata terdekat. Kamu bisa ajak teman sekelasmu yang juga mengerjakan skripsi. Selain menghilangkan rasa jenuh, kamu bisa mempererat kembali hubunganmu yang renggang karena sama-sama sibuk mengerjakan skripsi.

2. Membersihkan dan merapikan kamar

Membersihkan dan merapikan kamar

Membersihkan dan merapikan kamar via https://sthomes.com.sg

Advertisement

Biasanya ketika kamu fokus pada suatu hal, kamu akan melupakan hal lainnya. Salah satunya ketika kamu lupa untuk membersihkan dan merapikan kamar sendiri. Ketika jenuh melanda, tidak ada salahnya untuk membersihkan dan merapikan kamar. Kamu juga bisa mengganti suasana kamar agar beda dengan sebelumnya. Selain kamar menjadi bersih dan rapi, suasana kamar yang baru bisa membuat rasa jenuhmu hilang dan bisa saja kamu mendapat ide untuk mengerjakan skripsi.

3. Melakukan dan mengembangkan hobi

Mendengarkan musik sambil bernyanyi

Mendengarkan musik sambil bernyanyi via https://i.ytimg.com

Cara lain untuk menghilangkan rasa jenuh skripsi adalah dengan melakukan hobi. Cobalah untuk melakukan hobi yang selama ini kamu abaikan karena skripsi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengembangkan hobi tersebut, yang nantinya bisa menjadi pekerjaan sampingan ketika jenuh melanda dirimu lagi.

4. Bermain game bersama teman

Bermain video game bersama teman

Bermain video game bersama teman via https://online.lovetoknow.com

Bermain game sendirian tentu sudah cukup untuk menghilangkan rasa jenuh karena skripsi. Akan tetapi, tidak ada salahnya untu mengajak temanmu bermain game bersama. Disela-sela bermain game, kamu bisa mengajak temanmu untuk saling bertukar pikiran mengenai skripsi satu sama lain. Sehingga selain rasa jenuh yang hilang, kamu bisa mendapatkan ide baru untuk skripsimu.

5. Melakukan quality time dengan keluarga

Quality time dengan ibu

Quality time dengan ibu via https://www.dreamstime.com

Advertisement

Ketika kamu sibuk mengerjakan skripsi, tentu banyak hal yang kamu abaikan. Salah satunya yaitu melakukan quality time dengan keluargamu. Sehingga ketika rasa jenuh melanda, tidak ada salahnya untuk kamu melakukan quality time. Kamu bisa mengajak keluargamu untuk makan bersama di luar, jalan-jalan, dll. Nah, untuk kamu mahasiswa perantauan, kamu bisa quality time dengan menelpon ataupun melakukan video call dengan keluargamu.

 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika jenuh dengan skripsi. Ingat, ya !

Jangan sampai skripsi membuatmu lupa dengan keluarga dan orang yang kamu sayangi

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya