Teman adalah mereka yang selalu menjadi support system terbaik dalam hal apapun. Teman juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pribadi kita. Teman yang baik akan menularkan kebaikannya yang pada akhirnya menjadikam kita orang yang baik pula. Begitupun sebaliknya, teman yang buruk maka akan memberikan pengaruh buruk terhadap karakter dan sikap kita.

1. Dia sering menjadi "Google" bagi kita karena pengetahuannya yang luas tentang banyak hal.

dia seolah selalu tau apa yang tidak kita tahu

dia seolah selalu tau apa yang tidak kita tahu via https://www.google.com

Teman tidak hanya dia yang selalu hadir saat kita merasa sedih dan ingin mencurahkan segala isi hati saja. Tetapi ada jenis teman yang justru lebih membanggakan dari pada itu. Yaitu teman yang selalu siap sedia dengan topik apapun yang kita bahas, arti singkatnya adalah teman yang selalu nyambung dalam bahasan apapun, tidak melulu menyoal perasaan atau cinta, teman yang memiliki wawasan luas dan bisa saling bertukar pikiran dengan kita maka itu adalah teman yang akan mendorong kita menjadi manusia yang terus berkembang.

Advertisement

Meski berdiskusi sampai harus berdebat sekalipun namun perdebatan ini justru jadi hal yang melatih diri agar juga lebih terbuka dalam berpikir. Walaupun terkadang ocehannya agak ngelantur dan sumraut hehehe tapi memiliki teman diskusi dalam banyak hal itu sangat baik untuk mengasah pola pikir.

Saat kita ngerasa payah terhadap satu hal, teman hadir memberikan pencerahan.

2. Jangan sakit hati kalo diktritik sama teman, karena tipe teman yang berani mengkritik akan membuat kita open minded

kadang omongan temen tuh pedes

kadang omongan temen tuh pedes via https://www.google.com

Mungkin kebanyakan orang lebih ingin memuji temannya dibanding mengkritik. Hal ini dikarenakan takut menyakiti perasaan temannya. Sebenarnya, ada satu ikatan antara kita dengan teman yg bahkan kita tidak bisa deskripsikan bagaimana ikatan itu terjalin. Jika dia sudah menganggap kita adalah bagian dari hidup, maka dia tidak akan canggung untuk mengkritik kita bahkan sampai kita menangis sekalipun karena kritikan yang dia lontarkan.

Advertisement

Sepedas apapun kritikan seorang teman, jauh di dalam hatinya dia tidak pernah berniat utk menyakiti kita. Dia justru yakin bahwa kita pasti bisa berubah. Karena dia percaya kepada kita.

Teman bukan hanya dia yang berkata "make up lo kece hari ini " tapi juga dia yg berkata "kalau mau masuk jurusan favorit, ya belajar lah, usaha juga! jangan ngurusin make up mulu

Teman yang berani memuji dan berani mengkritik adalah teman yang akan selalu membikin kita maju kearah yang lebih baik. Teman dibutuhkan bukan hanya untuk melakukan pujian, tapi juga memberikan kritikan. Karena teman yang seperti ini akan membuat kita menjadi peribadi yang terus berpikir dan memperbaiki.

3. Dia yang kalau ada, ngeselin, kalau nggak ada, ngangenin.. Hayo siapa yang sering kesel ke temen tapi kalau nggak ada malah nyariin ?

kalau temen gak ada rasanya sepi

kalau temen gak ada rasanya sepi via https://www.google.com

Yang ini memang rada drama ya, tapi serius, kalau kita sudah bener-benar ngerasa temenan banget sama dia, rasanya dia itu bisa banget nolongin apapun yg kita gak bisa lakuin (walaupun belum tentu). Meski kadang cara kita minta tolong itu rada nggak tahu diri, hehe tapi temen kita dengan baik hatinya masih tetep bantuin, walaupun dengan menggerutu bahkan ngomel dan mungkin mengeluarkan sumpah serapah kepada kita.

Tapi itu hanya sementara, dia nggak serius kok dengan sumpah serapahnya hehe, karena dia juga tahu kalau someday dia akan minta tolong hal yang "nggak kepikiran" kepada kita. Saat kita berjauhan dengan dia, kok ada yang kurang, kok kangen ya, kok dia nggak balik-balik ya, kok dia ngabisin waktu sama pacarnya mulu sih, kok…. Nah berarti, dia sudah menjadi teman terbaik dalam hidup kita.

4. Telinganya nggak pernah kehabisan baterai selalu siap sedia mendengarkan apapun curhatan kita, sekalipun itu hal konyol dan nggak penting.

pendengar yang baik

pendengar yang baik via https://www.google.com

Pas lagi banyak masalah, teman adalah tujuan pertama untuk di datengin dan di curhatin. Mungkin dia tidak selalu memberika solusi mujarab untuk segala permasalahan tapi dengan dia bersedia mendengarkan segala keluh kesah tanpa menghakimi kita itu akan membuat hati lega.

Pendengar yang baik adalah tipe teman yg paling loyal menampung segala curahan hati kita dan selalu tau bagaimana mengatasi kondisi kita saat dalam keterpurukan.

5. Kejujurannya bikin kita betah temenan sama dia

meski sulit, dia akan berusaha untuk jujur

meski sulit, dia akan berusaha untuk jujur via https://www.google.com

Saat memberikan masukan, dia akan memberikan banyak gagasan yang berdasar agar kita terbuka akan hal yang tidak kita ketahui sebelumnya. Dia akan berusaha seobjektif mugkin dalam memberikan masukan, karena pada dasarnya teman juga tidak memiliki hak untuk mengintervensi kita dalam membuat keputusan.

Namun dari segala yang dia katakan, dia selalu berusaha juga mencari jalan keluar atas segala kesulitan kita, walaupun terkadang apa yang disampaikannya mungkin tidak selalu apa yang ingin kita dengar. Kita mungkin kecewa atas kejujuran yang dia lakukan, tapi jujur bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karenanya sangat sedikit orang yang bisa jujur baik dalam prilaku atau perkataan. Maka, jika seseorang telah jujur kepada kita, maka jelas itu adalah sebuah keberuntungan bagi kita.

Dan teman yang baik akan selalu berusaha jujur bagaimanapun keadaannya.

6. Ajaibnya, dia seperti ibu peri yang selalu ada saat kita membutuhkannya

nggak pernah absen

nggak pernah absen via https://www.google.com

Teman baik selalu ada untuk kita dalam keadaan apapun meski dia tak selalu bisa menyelesaikan permasalahan kita. Walaupun kita tidak setiap hari bersama dia, tidak selalu menghabiskan waktu bersama tapi dia adaaaa aja kalo kita lagi membutuhkan sesuatu. Dia selalu ada untuk menjadi teman bercerita.

Selalu ada untuk menjadi teman berbagi, selalu ada untuk menjadi pemberi semangat terbaik, Selalu ada untuk meluangkan sedikit dari waktu berharganya, Selalu ada saat isi dompet kita menipis, hehe Selalu ada untuk sama-sama melakukan hal gila, Selalu ada ide tak terduga keluar dari pikirannya, Dan bahkan selalu ada saja waktunya hanya untuk protes dan ngomelin kita

Teman terbaik mungkin sudah kamu temukan saat satu nama ada dalam pikiran ketika kamu membaca tulisan ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya