Jika Semua Software Komputer Beli Semua, Berapa Ya Harga Jadinya Kira-kira?

Komputer atau Laptop di era masih menjadi kebutuhan bagi orang-orang di zaman sekarang ini. Dengan adanya alat tersebut, dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Komputer terdiri dari beberapa komponen penting yaitu : Perangkat keras (hardware), Perangkat lunak (software), dan Sistem operasi sebagai jembatan antara hardware dan software.

Harga sebuah komputer terkadang dinilai dari harga hardware yang tertanam di dalam komputer itu sendiri. Terkadang kita tidak menilai harga software dan sistem operasi yang kadang diikutsertakan oleh pabrik. Pada tulisan ini, kita akan menghitung harga sebuah komputer bukan dari segi hardware saja, tetapi beserta software dan sistem operasinya. Nanti kira-kira berapa harga jadinya?

1. Sistem Operasi

Advertisement

Langsung ke intinya saja. Mayoritas komputer di dunia menggunakan sistem operasi Windows besutan Bill gates. Paling umum di gunakan yakni Windows 10 Home.

Harga Flashdisk Installernya (kalau zaman dulu pake CD/DVD) atau jika beli online serial key-nya sekitar Rp. 2.600.000 per tulisan ini di buat tanggal 27 November 2018 dengan kurs dollar pada tanggal tersebut.

2. Office

Ini software wajib ada di setiap komputer dan setiap orang pasti menggunakannya. Yang paling terkenal Microsoft Office. Untuk yang versi 2019 sekitar Rp. 1.800.000 per tulisan ini di buat tanggal 27 November 2018 dengan kurs dollar pada tanggal tersebut.

Advertisement

3. Antivirus

Norton Antivirus

Norton Antivirus via https://pcmag.com

Sebenarnya terdapat antivirus bawaan di dalam sistem operasi khususnya Windows. Terkadang orang merasa kurang puas dan pengen yang lebih. Di luar sana banyak anti virus gratis tapi karena pengen yang lebih jadi memilih anti virus berbayar.

Kita ambil contoh Norton yang paling basic saja. Per tulisan ini di buat tanggal 27 November 2018 sekitar Rp. 290.000. Itu merupakan biaya berlangganan per tahun bukan harga beli putus.

4. Editor Photo

Advertisement
Adobe Photoshop

Adobe Photoshop via https://morethanasnapshot.com

Bagi yang punya kreatifitas lebih atau yang ingin jadi editor foto, software jenis ini sangat dibutuhkan. Paling sering digunakan Adobe Photoshop.

Untuk harga per tahunnya (karena Adobe tidak menerapkan sistem beli putus) jadi sekitar Rp. 3.237.600. Perlu diingat itu harga per tahunnya.

5. Download Manager

Terkadang aktivitas download file masih di perlukan pada sekarang ini. Apalagi untuk download file-file besar atau yang benar-benar penting. Download manager merupakan software yang digunakan untuk mempersingkat waktu download dan menjaga file yang didownload tidak rusak karena internet yang tidak stabil.

Internet Download Manager adalah salah satunya. Walaupun sederhana fungsinya, tapi software ini berbayar. Pada saat tulisan ini di buat harganya sekitar Rp. 362.000.

6. Statistik

Khususnya mahasiswa apalagi yang tingkat akhir. Software statistik sangat diperlukan. Setiap mahasiswa tingkat akhir pasti tau namanya SPSS. Software hasil besutan IBM. Harga per tulisan ini di buat sekitar Rp. 18.111.250. Dengan catatan, itu harga pertahunnya.

7. Total Akhir

Total Harga

Total Harga via https://instagram.com

Windows 10 Home Rp. 2.600.000

Microsoft Office 2016 Rp. 1.800.000

Norton Antivirus Rp. 290.000/tahun

Adobe Photoshop Rp. 3.237.600/tahun

Internet Download Manager (IDM) Rp. 362.000

SPSS Statistics Rp. 18.111.250/tahun

Total Rp. 26.400.850

Dengan catatan beberapa software biayanya di bayar per tahun alias langganan. Harga software saja, belum termasuk harga komputernya. Anggap saja kita beli komputer dengan harga Rp. 5.500.000.

Maka jumlah akhirnya : Total + Komputer Rp. 31.900.850

Jika harga softwarenya ikut dihitung bisa jadi komputer sekelas Intel Core i3 bisa seharga komputer gaming dengan Intel Core i7 dan Graphics Card Nvidia GTX1070.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seseorang yang memiliki hobi menulis. Dan mulai perlahan-lahan merambah ke dunia fotografi dan videografi. Berusaha mencari inspirasi untuk di berikan kepada banyak orang.

CLOSE