Bagi kamu yang mempunyai adik pasti bukan hal aneh jika tiba-tiba ada saja kelakukan 'copy-paste' sang adik yang bikin geleng-gelang kepala, kalau udah kaya gini pasti sang kakak udah nggak ada pilihan lain selain pasrah.

Tak heran jika hubungan kakak-adik memainkan peran penting dalam proses pembentukan kepribadian si adik. Penasaran kenapa hal itu bisa terjadi? Berikut penjabaran lengkapnya yang dilansir dari Go Dok:

1. 'Copy-Paste'

Serba Kembaran

Serba Kembaran via http://www.go-dok.com

Pengen pake baju kembaran, makan dengan menu yang sama, hingga dekor kamar yang nggak jauh-jauh dari punya 'si kaka' adalah beberapa tingkah adik yang bikin geleng-geleng kepala. Walau pun terkadang terasa menjengkelkan namun kebiasaan ini merupakan hal yang baik lho, untuk perkembangan si adik. Sebab, dengan meniru si kakak, si adik dapat belajar mengenai hal-hal baru yang mungkin belum pernah dia lakukan sebelumnya.

2. Bertengkar bak 'kucing dan anjing'

bak anjing dan kucing

bak anjing dan kucing via https://www.google.com

Advertisement

Merasa tidak pernah akur dengan sang adik? Jangan khawatir, sebab, melalui pertengkaran ternyata baik kakak maupun adik akan belajar untuk saling menghormati. Menurut dr. Jolinda dari Go Dok dalam situasi bertengkar jangan selalu meminta kakak untuk mengalah kepada adik, sebaiknya berikanlah pengertian kepada sang adik untuk menghormati benda-benda kepunyaan kakaknya dan tidak merebut apapun yang terlebih dahulu telah diambil oleh kakak. Ingat walaupun si adik memiliki umur yang lebih muda, bukan berarti adik bisa mendapatkan semua yang dia inginkan. Dengan cara ini, si adik dapat lebih menghormati si kakak, begitu pula sebaliknya.

3. Debat kusir

Selain berantem bak 'kucing dan anjing' hubungan kakak beradik juga tak jarang diwarnai dengan debat kusir yang sulit menemukan solusi. Namun dari seringnya perdebatan kedua belah pihak akan belajar untuk bersabar dan mencari solusi.

4. Kakak sedang sakit

kakak sakit

kakak sakit via https://www.google.co.id

Percaya nggak percaya, keadaan dimana sang kakak yang sedang terbaring lemah karena sakit akan memunculkan rasa empati bagi adik. Meski pun yang dilakukan sang adik hanya bermain, tidur-tiduran atau malah terus-menerus mengajak kakak berbicara. Apalagi jika ia juga melihat Anda sibuk merawat kakaknya dan harus bermain sendiri, duh pasti rasa empati langsung tumbuh.

5. Makan adalah momen berbagi

Makan bersama

Makan bersama via https://www.google.com

Advertisement

Disela-sela kesibukanmu luangkanlah waktu untuk makan bareng adik, karenan di momen ini ia akan belajar bersosialisasi dan berbagi. Nggak percaya? Cobain deh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya