Di hari yang indah, aku berkesempatan jelajahi Lombok, pulau yang sangat istimewa, selain pantai, kuliner menjadi godaan utama program diet, dijamin malah perut tambah lebar dan mulut nggak berhenti nguyah.

Sebelumnya sudah posting foto lewat Instagram @indonesianfooded, biar jejaring makin luas, kali ini bakal posting menu kuliner Lombok. Berikut beberapa kuliner yang bikin nagih dan hanya ada di Lombok :

1. Ayam Taliwang

instagramindonesianfooded

instagramindonesianfooded via https://www.instagram.com

Sasaran utama berburu makanan satu ini. Seperti kebanyakan proses pada umumnya, ayam ini digoreng atau dibakar sama pada ayam biasanya, tapi bumbu yang khas bikin godaan mulut mau lagi dan lagi.

Advertisement

Rasa pedas yang greget juga bikin nambah. Menurutku, menu satu porsi nggak akan cukup. Kali ini aku icipnya di Rumah Makan Pak Udin, JL. Gelatik No. 2B Cakranegara, Mataram.

2. Plecing Kangkung

Dari nama utamanya, sudah jelas ‘kangkung’, jadi bahan utamanya juga kangkung pastinya. Tapi kangkung yang satu ini beda, yang sering biasa kita temui itu tumis kangkung yang pakai terasi, tapi menu kuliner Lombok satu ini kangkung yang diolah dengan sambal tomat. Kangkung rebus, tauge dan kacang goreng di mix dengan sambal tomat yang cukup pedas.

Ketika itu, saat aku icip plecing kangkung, pedasnya luar biasaaa. Benar benar luar biasa, aku yang hobi banget pedas, tapi kali ini udah give up banget deh. Icip satu sendok aja, lemesnya berkepanjangan. Better kalau mau makan plecing kangkung di Rumah Makan Pak Udin, JL. Gelatik No. 2B Cakranegara, Mataram, satu tempat dengan ayam taliwang. Ups bukan maksud membedakan, tapi plecing kangkung ini pedasnya masih.

3. Sate Rembiga

Advertisement

Kuliner selanjutnya yang terkenal, yaitu sate rembiga, konsonan aslinya aku kurang tahu, Rembiga atau Rembige. Mohon koreksi. Icip di Warung Ibu Sinnaseh, Jl. Wahidin Sudirohusodo no. 11B Mataram. Sate pada umumnya, yaitu sate sapi. Tapi ntah sate ini rasanya enak sekali.

Nggak ada bumbu apapun yang jadi makanan pendamping, bumbu nya sudah meresap murni sampa ke dagingnya. Kondisi saat itu, sudah kenyang sekali. Jadi 1 porsi saja (10 tusuk) sudah cukup untuk mengisi perut di malam hari.

4. Sate Tanjung

Sate Tanjung

Sate Tanjung via https://www.instagram.com

Kebanyak sate, biasanya terbuat dari daging ayam, sapi atau kambing. Tapi sate satu ini terbuat dari daging ikan segar. Dikala sore, saat aku menepi di bawah pohon kelapa pantai Nambung, Lombok Barat, ada ibu–ibu bawa bakul dagangannya.

Beliau menawarkan yang bernama sate tanjung dari daging ikan. Unik dan baru kali ini nyobain, meski begitu rasanya its so amazing. Balutan ikan dan lagi–lagi bumbu meresap sempurna bikin nagih. Sampai saat ini penyesalan utama, kenapa hanya beli 1 porsi dicari lagi si ibu penjual udah nggak ketemu. Yah begitulah, ragu di awalnya, sekedar icip jadi beli cukup 1 porsi dan sekarang mau lagi dan lagi.

5. Beberug Terong

Sebenernya menu kuliner satu ini sering kali jadi menu pendamping saat di rumah, cuma yah disebutnya sambel lalap. Ternyata di Lombok, jadi menu kuliner yang harus banget dicoba. Sambal tomat pada umumnya, di campur dengan kacang panjang, terong ungu bulet dan irisan bawang merah mentah.

Yah bedanya, kalo dirumah makan kacang panjang dan terong sebagai lalap yang di cocol ke sambal. Pecinta lalap, harus icip yah. Hampir disemua rumah makan di Lombok, menyediakan menu ini.

6. Bebalung

Menu terakhir yang aku icip, namanya bebalung. Bener-bener suegeer banget ini kuahnya. Dari tampilan fisiknya, yah cuma olahan sapi dan kuah bening. Tapi saat dirasa, its so amazing, kuah asem seger dengan daging sapi yang super lembut.

Buat gigi sepuh masih bisa kok menikmati menu Lombok ini. Bebalung yang aku icip sama dengan lokasi sate rembiga, yaitu di Warung Ibu Sinnaseh, Jl. Wahidin Sudirohusodo no. 11B Mataram.

Sebenernya banyak cita rasa kuliner Lombok yang harus banget di datengin, tapi berkaitan waktu singkat. Cukuplah sudah, kita jelajah kuliner Lombok kali ini. Kini aku sedang merindukan Lombok.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya