Dunia kampus atau perkuliahan akan menyajikan beragam cerita yang akan menempa seorang mahasiswa menjadi pribadi yang erat kaitannya dengan hidup serba mandiri. Mulai dari belajar hidup susah tanpa orang tua, menghadapi arus adat dan kebiasaan yang jelas berbeda dari jaman SMA, belajar beradaptasi dengan teman yang tabiatnya berbeda, hingga dihadapkan dengan masalah usaha-usaha pencapaian demi mendapatkan indeks prestasi atau IP yang bagus.

Ya, di dunia perkuliahan, IP mungkin adalah satu-satunya pembuktian secara akademis yang dapat disajikan mahasiswa untuk orangtua, sebagai hasil menimba ilmu dimasa perkuliahan. Salah satu indeks yang paling dikejar dari kalangan mahasiswa adalah IP tinggi, atau bahkan IP 4.00. 

Berikut adalah cara-cara elegan yang bisa kamu terapkan demi mencapai impian itu:

1. Datang 30 menit sebelum kuliah berlangsung, kalau terlambat dan buru-buru itu malu-maluin!

jangan telat via https://www.instagram.com

Mengapa 30 menit? Menurut estimasi umum yang biasanya terjadi pada mahasiswa kala kuliah baik itu di waktu pagi atau siang, 30 menit sebelum perkuliahan adalah waktu paling efektif dan otak sedang dalam masa-masa segarnya untuk menerima ilmu yang disampaikan oleh dosen.

Sedangkan, mahasiswa yang datangnya terlambat, mengalami masa relaks otak yang cenderung kacau, sehingga berdampak pada saat penerimaan materi kuliah yang disampaikan dosen.

2. Di malam hari, gunakan 2 jam waktumu untuk mengulang materi kuliah sebelum tidur

jangan kebanyakan nonton sinetron via https://www.google.com

Advertisement

Di kalangan anak kost, umumnya, jam makan akan dimulai sekitar dari jam 6-8 malam. Nah, agar energimu tidak terbuang sia-sia hanya untuk menonton dan kegiatan tidak bermanfaat lainnya, luangkan waktu sekitar 2 jam untuk mengulang materi kuliah yang telah disampaikan dosen.

Aturan penting saat kamu melakukan ini, kamu harus menjauhkan diri dari godaan media sosial terlebih dahulu, atau matikan hal-hal yang mampu mengganggu fokusmu, radio dan tv misalnya.

Aturan belajarnya: 30 menit pertama untuk membaca materi yang didapat paginya; 30 menit kedua untuk mencatat kembali hal-hal yang dipelajari; 30 menit ketiga membuat soal sendiri dari yang telah dipelajari, 10 menit untuk menjawab soal-soal tersebut, kemudian 20 menit terakhir bisa kamu gunakan untuk me-review hasil belajarmu, entah itu dengan mencatat hal-hal yang belum kamu kuasai atau membuat rangkuman.

3. Selain mencatat dan mendengarkan, perbanyaklah diskusi dengan dosen dan teman

berdiskusi via https://www.google.com

Proses belajar sendirimu tidak akan efektif jika hanya kamu mempelajari yang itu-itu saja tanpa meningkatkan informasi melalui diskusi bersama teman-teman atau kakak angkatanmu.

Berkumpulah dengan mereka yang menguasai materi kuliah yang kurang bisa kamu kuasai. Jangan ragu menanyakan apa saja yang tidak jelas dari mereka. Dengan berdiskusi, biasanya kita akan menerima lebih banyak ilmu dan teknik belajar yang lebih jitu.

4. Rajin-rajin update tentang wawasan ilmu yang berkaitan dengan membaca buku atau jurnal di internet

Perpustakaan via https://www.google.com

Setelah belajar dan berdiskusi kamu lakukan, kamu juga wajib untuk menambah wawasanmu dengan update informasi mengenai mata kuliah yang kamu ampu. Bisa melalui internet, baik itu berupa slide power point, atau video-video edukatif dan sumber bacaan digital yang kini banyak beredar di ranah internet. Jangan lupa, pastikan sumbernya jelas dan benar demi originalitas bacaanmu.

5. “Pendekatan” dengan dosen juga terbukti ampuh buat boost IP-mu, lho! Gini caranya

Hal yang paling utama, yang juga patut diperhatikan. Dalam tingkatan mahasiswa, jadilah mahasiswa yang setidaknya mampu menguasai bagaimana beretika dengan dosen. Karena dosen juga melihat cara dan adab kita, bukan sekedar menilai kita saat di kelas saja. Untuk yang satu ini, lakukanlah secara elegan tanpa harus menampakkan niat mencari muka yang terlalu basa basi. Normal saja tapi dilakukan dengan niat setulusnya.

6. Perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi, supaya kamu nggak gampang sakit dan mengantuk saat perkuliahan

boleh juga via https://www.google.com

Mungkin kelihatannya sepele, tapi logika umumnya tidak akan berjalan mulus tanpa logistik. Kebanyakan mahasiswa menyepelekan asupan, padahal asupan yang begizi penting kaitannya dengan konsentrasi saat mengikuti perkuliahan, serta menjaga keseimbangan otak demi kelancaran masa perkuliahanmu.

7. Rutin berdo’a, agar semuanya lancar hingga kamu lulus dan bekerja nanti

yang terpenting via https://www.google.com

Dan yang terakhir, jangan pernah lupa beribadah. Tetap pegang restu orang tua dan memperbanyak doa, tidak hanya saat menjelang ujian tetapi juga dalam keseharian kita sebagai mahasiswa.

Selamat mencoba dan semoga beruntung!