Kalo Kamu Suka Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Yuk Mulai Sekarang Distop Yah~

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur

Mendapatkan tidur malam cukup yang baik, pasti diinginkan semua orang dong. Hal ini sangat penting agar kesehatan, energi kita terjaga dengan baik. Ketika seseorang mengalami susah tidur, biasanya diakibatkan oleh sesuatu yang mereka lakukan. Hal ini mungkin secara tidak sengaja menganggu waktu tidur kita yang seharusnya kita bersiap untuk tidur.

Dilansir dari Wikipedia, manusia menghabiskan sepertiga hidupnya dengan tidur. Bukan karena kelelahan tetapi juga kebiasaan ataupun pola hidup mereka sendiri. Kekurangan tidur biasanya disebabkan begadang atau insomnia. Akibat yang timbul biasanya mudah marah, halusinasi, mudah lupa, atau bisa juga beresiko rentan terhadap penyakit.

Advertisement

1. Menggunakan elektronik berakibat fatal apabila dilakukan terus menerus

Photo by Suara

Photo by Suara via https://www.suara.com

Pernahkah kalian main handphone sebelum tidur? Hayo ngaku. Mungkin hal ini dianggap lumrah oleh sebagian orang. Biasanya orang-orang melakukan ini ketika merasa bosan atau belum bisa tidur. Mengingat sinar UV yang terpancar dari handphone sangat berakibat fatal bagi kesehatan mata. Apalagi dengan kecerahan yang berlebihan.

Selain bisa mengakibatkan minus pada mata, juga bisa mengakibatkan kepala kita kejatuhan handphone disaat mata mengantuk. Bisa juga handphone yang tiba-tiba kita pegang, terjatuh ke lantai. Pastinya nyesek banget tuh, kalau handphone kesayangan kita rusak akibat kelalaian kita.

Advertisement

2. Minum kopi. Apalagi Kopi Susu. Kopi nya bikin mata terbuka, susu bikin mata ngantuk.

Photo by Satria Agni on Star Jogja

Photo by Satria Agni on Star Jogja via https://www.starjogja.com

Tahukah kalian, bahwa kopi mengandung senyawa kafein? Apa itu senyawa kafein? Kafein yang biasa kita dengar pasti untuk menghilangkan rasa kantuk. Manfaat kafein sebenarnya tidak hanya itu saudara-saudara. Antara lain ialah menurunkan resiko diabetes dan jantung, meningkatkan fokus, meningkatkan performa olahraga, dan menurunkan berat badan.

Walaupun manfaatnya yang begitu luar biasa, akan tetapi dikonsumsi berlebihan maka tidaklah baik. Seseorang yang mengantuk, lalu meminum segelas kopi hasilnya pasti rasa kantuknya menghilang. Jika seseorang kekurangan tidur, maka akan menimbulkan kantung mata. Biasanya orang yang kesultan tidur atau tidak biasa tidur akan mendapatkan kantung mata ini di bawah mata mereka. Ciri-cirinya sangatlah mudah dibaca. Yaitu ada hitam-hitam di bawah mata mereka berbentuk kantung. Maka dari itu, hindari minum kopi di saat Anda diharuskan untuk tidur.

3. Makan berkalori dan berlemak

Photo by Thinkstock on Health Detik

Photo by Thinkstock on Health Detik via https://health.detik.com

Makan itu merupakan kewajiban sebagai makhluk hidup agar bertahan hidup. Walaupun tidak makan tidak apa-apa. Asalkan kita tidak tidak kekurangan air atau dehidrasi. Tahukah kalian bahwa makan sebelum tidur tidaklah baik? Mengapa demikian?

Dilansir dari klikdokter, fakta membuktikan bahwa bahwa makan sebelum tidur bukanlah sesuatu yang baik. Apalagi mengonsumsi makanan yang kurang bergizi akan berdampak tambah buruk lagi. Dampak buruk yang akan dialami seseorang jika makan sebelum tidur ialah seseorang akan mengalami kenaikan berat badan, penyakit lambung, diabetes, dan penyakit jantung.

Mengapa bisa demikian? hal itu disebabkan karena makanan yang kita makan tersebut. Makanan dengan lemak dan kalori tinggi akan menumpuk di perut. Dan hal tersebut bisa menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, hindari makan sebelum tidur. Usahakan ada jarak sesudah makan dan kegiatan tidur kita. Kira-kira 1-2 jam. Hal ini untuk menghindari penumpukan kalori pada lambung sewaktu tidur.

4. Berolahraga

Photo by Klik Dokter

Photo by Klik Dokter via https://www.klikdokter.com

Mengapa berolahraga justru sebaiknya dihindari menjelang kita akan tidur? Padahal olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh? Manfaat olahraga tersebut bisa didapat ketika sedang menjelang pagi hari atau siang hari. Karena ada terik matahari yang baik untuk kesehatan.

Kelebihan terkena sinar matahari juga tidak terlalu baik untuk tubuh. apalagi yang memiliki kulit sensitif. Dokter ahli Imsomnia berpendapat bahwa olahraga dimalam hari memberikan dampak yang berlawanan dan membuat kita kesulitan untuk tidur

5. Gosip

Photo by Shutterstock on Suara

Photo by Shutterstock on Suara via https://www.suara.com

Yang terakhir adalah gosip. Sebagian orang yang sedang bergerombol atau lagi nongkrong bareng teman, biasanya ada-ada aja nih yang dibicarakan. Tahukah kalian mengapa gosip bisa berdampak buruk sebelum tidur?

Ketika seseorang tidur, mereka akan mengungkit kembali memori yang mereka ingat. Atau orang biasanya menyebut dengan mimpi. Seseorang yang cenderung suka gosip ataupun mendengarkannya, pasti akan terngiang-ngiang didalam pikirannya. Apalagi membicarakan hal-hal yang buruk. Memori negatif tersebut bisa mengakibatkan kita susah tidur. Hal tersebut juga dapat memicu gejala stres. Jadi lebih kita hindari.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE