Kamar Pengap Karena Tidak Ada Jendela? Ini 5 Trik Mengatasinya, Dijamin Gampang!

Cara Membuat Kamar Tidur Tanpa Jendela Jadi Nyaman

Idealnya, tempat tinggalmu, terutama kamar tidur perlu ada minimal satu jendela. Fungsi jendela enggak cuma buat estetika kamar tidur aja, tapi juga buat kesehatan kamu sebagai penghuni kamar. Jendela adalah saluran ventilasi yang penting untuk membawa masuk udara segar dan cahaya matahari ke dalam kamar.

Membuka jendela setiap hari bakal membuat kualitas udara kamar tidur jadi lebih baik. Polutan udara bisa keluar ruangan dan hembusan angin bisa masuk sebagai pendingin ruangan alami.

Begitu juga cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar tidur. Mencegah kamar tidur jadi lembap, mengurangi pemakaian lampu, memberi nutrisi untuk tanaman yang ada di dalam kamar, dan tentunya memberikan vitamin D dan manfaat kesehatan lain buat penghuni kamar.

Makanya, sayang banget kalau kamar tidurmu tak berjendela. Cuma, kalau memang begitu keadaannya, bukan berarti kalian harus berkompromi tinggal di kamar yang gelap, sumpek, dan pengap.

Masih ada beberapa tips dan trik terkait pengaturan ruangan dan desain interior yang bisa kalian ikuti untuk mengatasinya. Mulai dari pemilihan tema warna, jenis dan ukuran furnitur, sampai gimana mengatur pencahayaan supaya nyaman di mata dan enggak terkesan datar.

Dekoruma udah ngumpulin beberapa cara yang bisa dilakukan buat mengakali kamar tidur tanpa jendela. Pokoknya, hasilnya bakal senyaman kamar tidur yang berjendela buat istirahat, deh! 

Advertisement

1. Pakai Warna-warna Terang dan Netral, Warna Gelap Bikin Kamar Terasa Panas, Sempit, dan Pengap

Sumber: Zillow

Sumber: Zillow via https://www.zillow.com

Di kamar tidur tanpa jendela, apalagi yang ukurannya enggak terlalu luas, gunakan warna-warna terang yang sifatnya netral. Misalnya putih, abu-abu muda, cokelat muda, dan juga kombinasi kayu yang coraknya terang. Warna-warna netral ini bakal memantulkan cahaya lampu lebih maksimal, bikin kamar jadi lebih terang dan luas.

Warna terang juga relatif lebih adem dibandingkan warna gelap karena enggak menyerap panas dan mengeluarkannya di malam hari. Jadinya, kamar tidur pun terasa lebih dingin, enggak terlalu pengap, dan sumpek. Tampilannya pun lebih nyaman di mata. 

Advertisement

2. Atur Sistem Pencahayaan Sedemikian Rupa, Gunakan Kombinasi Direct dan Indirect Lighting Agar Hasilnya Maksimal

Sumber: Apartment Therapy

Sumber: Apartment Therapy via https://www.apartmenttherapy.com

Perpaduan warna netral dan lampu utama yang terang bakal bikin kamar tidur tanpa jendela jadi lebih terang. Lampu warna putih bakal kasih intensitas cahaya yang maksimal. Sementara buat kalian yang suka suasana kamar tidur yang lebih hangat dan nyaman, bisa pakai lampu warna kuning.

Enggak cuma lampu gantung & lampu plafon standar aja, pencahayaan sekunder (indirect lighting), melalui lampu lain juga bakal menghasilkan pencahayaan yang lebih kompleks. Lampu meja, lampu dinding, lampu gantung dengan desain yang menarik, atau strip LED yang disembunyikan pada furnitur, memberikan pencahayaan yang dramatis. 

3. Manfaatkan Gadget dan Perlengkapan Elektronik Untuk Menjaga Kualitas Udara dan Kelembapan Kamar Tidur

Advertisement
Sumber: PuroClean

Sumber: PuroClean via https://www.puroclean.com

Satu risiko yang mengintai kamar tanpa jendela adalah kamar yang lembap dan kualitas udaranya kurang bagus. Jangan khawatir, berbagai gadget rumahan bisa mengatasi masalah ini. Pasang dehumidifier buat menyerap kelembapan di kamar tidur tanpa jendela. Udara jadi lebih bersih dan kering.

Kalian juga bisa tambahkan diffuser aromaterapi supaya aroma kamar jadi lebih wangi dan menenangkan. Ataupun menggunakan peralatan elektronik yang sederhana, tapi ampuh meningkatkan sirkulasi udara di kamar, seperti kipas angin. Matikanlah AC dan sesekali nyalakan kipas angin agar udara bisa berputar lebih optimal tanpa jendela sekalipun.

4. Pasang Furnitur Sesuai Kebutuhan. Enggak Perlu Terlalu Besar Atau Tinggi Supaya Ruang Gerak Tetap Lega

Sumber: Livingetc

Sumber: Livingetc via https://www.livingetc.com

Absennya jendela biasanya bakal bikin kamar tidur jadi terasa lebih sempit. Makanya, hindari memperparah suasana sumpek ini dengan furnitur yang terlalu besar atau terlalu tinggi. Sesuaikan dengan jumlah penghuni kamar, ukuran fisik ruangan, dan kebutuhan.

Bila kamu tidur sendiri, kasur single mungkin sudah cukup untuk membuat kamar terasa lebih luas. Ukuran lemari dan meja kerja juga perlu diperhatikan. Alih-alih menggunakan lemari pakaian 3 pintu, kalian bisa menggunakan yang satu atau dua pintu kalau bajunya tidak terlalu banyak. Jadinya, ruang gerak di kamar masih lega dan terasa luas.

5. Memelihara Tanaman Hias yang Punya Kemampuan Membersihkan Udara, Kamar Jadi Cantik Alami dan Sehat

Sumber: NBC News

Sumber: NBC News via https://www.nbcnews.com

Enggak ada jendela di kamar juga berarti ada kemungkinan kebersihan udara jadi terpengaruh. Salah satu solusi yang relatif mudah buat mengatasinya adalah dengan memasang tanaman hias yang punya kemampuan membersihkan udara dari polutan dan zat berbahaya.

Tanaman-tanaman seperti sirih gading, lidah mertua, atau peace lily, terbukti mampu membersihkan udara dari zat-zat berbahaya. Tentunya, juga mampu mempercantik kamar tidur. Kalian bisa taruh di atas meja samping kasur, rak buku, atau meja kerja untuk suasana yang lebih asri.

Tanpa jendela pun, kalian tetap bisa mendapatkan istirahat dan waktu santai yang berkualitas di kamar tidur berkat trik-trik ini. Selamat menerapkan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE