Hidup Itu Adalah Perjuangan, Maka Berjuanglah!

Setiap manusia punya kemampuan menghadapi masalahnya masing-masing.

Masa sulit akan datang, entah kapan dan di mana yang pasti dia akan hadir dalam hidupmu. Tidak ada yang bisa menduga kapan ia akan datang, namun semua orang tahu bahwa masa sulit itu nyata dan ada. 

Tidak perlu mengeluh berlebihan jika sedang menghadapi masa-masa ini. Justru bersyukurlah, kamu diberi pelajaran untuk menjadi lebih tangguh, bijak dan dewasa dalam menyikapi hidup. Bagaimana jika tidak berhasil melewati masa sulit itu? Ya sudah, tinggal menunggu masa-masa sulit berikutnya datang menghampiri kamu. 

Masa sulit tak terhindarkan, namun dapat diantisipasi. Salah satu yang dapat dilakukan sebagai antisipasi adalah bekerja keras sedari dini. Tidak ada yang bisa memahami seberapa kuat kamu menghadapi kesulitan, namun orang akan mengapresiasi jika kamu berhasil melewatinya. Lakukanlah apa yang bisa kamu kerjakan saat ini.

 

Advertisement

1. Bekerja keras setiap saat!

Photo by C Technical from Pexels

Photo by C Technical from Pexels via https://www.pexels.com

Manusia harus merangkak dulu untuk bisa berjalan. Setiap bayi terlahir tanpa kemampuan untuk berjalan, namun seiring berjalannya waktu dan kegigihannya maka ia pun  dapat berjalan. 

Begitu pun dengan kita menghadapi kehidupan. Kita tidak bisa tiba-tiba menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi suatu permasalahan tanpa ditempa terlebih dulu menjadi sosok yang tangguh. 

Advertisement

Jika kamu menghadapi masalah dan berhasil melaluinya, bersyukurlah. Tingkat ketangguhanmu sedang ditambahkan, jika gagal maka belajarlah untuk bangkit dan nikmati prosesnya. 

2. Perbanyak Ilmu dan Membaca.

Photo by Gabby K from Pexels

Photo by Gabby K from Pexels via https://www.pexels.com

Selagi masih hidup, jangan pernah berhenti belajar. Jika kamu merasa bebanmu lebih besar dibandingkan dengan orang lain, cobalah membaca buku biografi orang-orang sukses. Kesuksesan tidak datang tiba-tiba tanpa adanya perjuangan dan kerja keras. 

Mungkin kamu merasa lelah untuk belajar terus menerus, ingatlah banyak orang di luar sana sedang berusaha keras untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Walau pun kita ada di planet yang sama, namun kita juga berlomba untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik entah itu pendidikan, pekerjaan atau masa depan yang lebih baik. 

Advertisement

3. Perbanyak Teman Juga Koneksi

Photo by mentatdgt from Pexels

Photo by mentatdgt from Pexels via https://www.pexels.com

Pandai-pandailah dalam memilih teman, jangan sampai teman yang kamu pilih malah menjadi efek buruk buat kamu. Tidak ada salahnya jika berteman dengan siapa saja, justru semakin banyak berteman dengan orang beda usia, latar belakang, hobi, pendidikan dan lain-lain akan memberi warna berbeda dalam hidupmu. 

Namun, kamu juga harus ingat selain butuh teman kita juga butuh koneksi. Di saat kamu menghadapi fase harus mencari kerja, pasti kamu membutuhkan koneksi. Koneksi dapat membantu kita mempermudah mencari pekerjaan dan bahkan bisa menjadi tempat bertanya untuk mendapat ilmu. 

Jangan sepelekan peran teman, tapi ingat koneksi juga sangat penting! 

 

4. Ikut Pelatihan

Photo by Julia M Cameron from Pexels

Photo by Julia M Cameron from Pexels via https://www.pexels.com

Sekolah dan kampus tidak akan mengajarkan semua ilmu dan skil yang kamu butuhkan dalam hidupmu!

Banyak yang beranggapan bahwa kuliah saja sudah cukup untuk mendapatkan ilmu toh tidak semua ilmunya nanti dipakai. Ya betul, tidak semua yang dipelajari di sekolah atau kampus akan dipakai dalam dunia pekerjaan. Tapi, itu saja tidak cukup. 

Sekolah dan kampus hanya mengajarkan ilmu formal dan jarang sekali mengajarkan tentang soft skill. Ilmu yang tidak kamu dapatkan di sekolah atau kampus dapat kamu peroleh dengan cara mengikuti les atau kursus. 

5. Hiduplah seolah-olah ini hari terakhirmu

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Jika ini adalah hari terakhir kamu hidup, apa yang harus kamu lakukan?

Tentu banyak hal yang ingin kamu lakukan. Malas-malasan hanya akan membawa kesulitan dalam hidup. Hiduplah seolah-olah hari ini adalah hari terakhir kamu hidup.

JIka kamu merasa ada di titik terendah dalam hidupmu, ingatlah bahwa kamu orang yang beruntung masih bisa menikmati oksigen dengan gratis. Perbanyaklah bersyukur atas setiap kesempatan dan kesulitan yang boleh kamu lalui dalam hidupmu, karena gelap akan digantikan dengan terang dan sebaliknya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE