Kamu Cewek dan Ingin Coba Jadi Solo Traveler Untuk Pertama Kalinya? Coba ke 5 Kota Ini Aja, Yuk!

Nggak cuma buat mendapatkan hiburan, traveling juga bisa membuka pikiran dan wawasan kita terhadap hal-hal baru.

Dewasa ini, makin banyak kaum muda yang menyadari pentingnya traveling. Nggak cuma buat mendapatkan hiburan, traveling juga bisa membuka pikiran dan wawasan kita terhadap hal-hal baru. Kegiatan ini pun penting buat melatih kemandirian, kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi, sampai pengambilan keputusan.

Namun, meski udah menyadari berbagai manfaat di atas, nggak jarang ada yang masih ragu buat melakukannya. Terutama kaum cewek yang belum pernah pergi jauh dari rumah sebelumnya. Apalagi kalau harus pergi sendirian, berbagai ketakutan mungkin langsung muncul dalam pikiran.

Hati-hati lho sis kalau kamu juga merasakannya. Semakin lama kamu ragu buat berangkat, semakin habis pula masa mudamu. Jangan sampai saat keberanianmu muncul, kamu malah nggak punya waktu dan kesempatan lagi buat melakukannya.

Nah, buat melatih keberanian, coba deh pergi ke lima kota yang dikenal ramah bagi para wisatawan ini!

1. Daerah Istimewa Yogyakarta yang selalu istimewa di hati

Yogyakarta

Yogyakarta via https://pixabay.com

Advertisement

Ada banyak alasan mengapa Yogyakarta layak banget dikunjungi sendirian.

Pertama, transportasinya gampang banget! Kamu nggak perlu bingung cari tahu harus naik apa ke sana. Saat mau jalan-jalan di dalam kota pun, pilihan tranportasinya beragam dan mudah didapatkan.

Alasan kedua, biaya hidup di Yogyakarta tergolong murah. Berbagai macam pilihan akomodasi dan makanan bisa kamu dapatkan tanpa perlu menguras kantong.

Kalau kehabisan uang sewaktu-waktu, ada banyak ATM yang tersebar di berbagai penjuru kota. Jadi, nggak perlu khawatir bakal nggelandang di jalanan.

Yang paling penting lagi, Yogyakarta punya beragam pilihan destinasi yang bisa kamu kunjungi. Mau belanja? Bisa. Mau belajar sejarah? Bisa juga. Mau wisata kuliner? Apalagi. Mau cari tempat wisata alam dan hunting spot foto keren pun kamu bisa melakukannya. Lengkap banget, kan?

2. Malang, kota berhawa sejuk yang menyejukkan hati

Advertisement

Seperti Yogyakarta, Malang juga punya berbagai alasan yang membuatnya layak dikunjungi sendirian. Mulai dari transportasi yang gampang, sampai pilihan akomodasi yang beragam. Asyiknya lagi, kota ini punya hawa sejuk sehingga cocok buat kamu yang nggak suka panas-panasan.

Destinasi yang tersedia di Malang pun beragam. Baik di kotanya maupun di kabupaten atau daerah lain di sekitarnya. Sebut aja Batu Night Spectacular, Bromo, Museum Angkut, sampai Jatim Park 1, 2, dan 3. 

Kota ini juga punya event tahunan yang sayang buat dilewatkan seperti Malang Tempoe Doeloe. Seperti namanya, di acara ini kamu bakal “dibawa” kembali ke masa lalu.

Kamu bisa menemukan jajanan tradisional yang mungkin sulit kamu temukan sekarang, sepeda kuno, sampai foto-foto yang menunjukkan rupa Malang zaman dulu.

3. Surabaya yang bikin kamu betah berlama-lama di sana

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, Surabaya punya berbagai macam fasilitas yang memudahkan para pelancong untuk berkunjung ke sana.

Dari segi transportasi, kamu bisa naik pesawat, kereta api, bus, sampai kapal laut buat mengunjunginya. Di dalam kota, pilihan transportasinya nggak kalah banyak. Dari bus kota, angkot, taksi, sampai ojek banyak tersedia sehingga kamu nggak perlu khawatir kalau mau ke mana-mana.

Ditambah lagi, sudah banyak akomodasi yang terletak di tengah kota dan dekat dengan berbagai destinasi wisata sehingga kamu bisa langsung jalan kaki buat menuju ke sana.

Hmm…bagaimana dengan biaya? Yang namanya kota besar, biasanya mahal-mahal, kan? Jangan khawatir! Banyak kok destinasi wisata di Surabaya yang cocok buat para backpacker yang lagi ngirit.

Sebut saja Surabaya North Quay, Jembatan Suramadu, sampai Kebun Binatang Surabaya. Malah, kamu bisa ikut city tour gratis yang digelar House of Sampoerna setiap Selasa-Minggu. 

4. Nggak cuma ceweknya yang cantik-cantik, Bandung pun punya wisata yang cantik nan kece, lho!

Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung via https://pixabay.com

Ibu kota Jawa Barat ini punya berbagai macam atraksi yang akan membuatmu betah berlama-lama di sana. Kamu bisa memborong baju dan sepatu murah tapi berkualitas di Cibaduyut, belajar soal bintang di Observatorium Boscha, wisata alam di Kawah Ratu, dll.

Di pusat kotanya pun banyak taman-taman atau tempat nongkrong yang biasanya dipenuhi anak muda. Kalau mau cari destinasi kekinian, tinggal mampir ke Trans Studio Mall, Kampung Korea, Kampung Dago Pojok, atau Upside Down World yang cocok buat seru-seruan dan berswafoto sepuasnya.

Kalau perut keroncongan, tinggal cari makanan khas Bandung seperti seblak atau batagor. Nggak mesti ke kafe, kamu bahkan bisa menemukan makanan-makanan ini dijual di pinggir jalan dengan harga terjangkau.

5. Bali, Land of Paradise yang nggak bakal bikin kamu kesepian meskipun sendirian

Siapa sih yang nggak kenal Bali? Destinasi wisata ini nggak hanya popular di dalam negeri, namun sampai ke mancanegara.

Pulau Dewata ini memang punya berbagai macam daya tarik yang bisa memikat para turis untuk datang berkunjung. Di sana, kamu bisa menyaksikan bagaimana masyarakat Bali tetap menjaga tradisinya di tengah kehidupan modern.

Kalau kamu sedang butuh menenangkan diri, sewa saja motor dan pergi ke Ubud yang masih asri dengan hamparan persawahan. Kalau butuh hingar bingar, tinggal datang ke kawasan Kuta yang sudah dipenuhi toko-toko dan kafe-kafe modern.

Nggak perlu khawatir datang sendirian karena biasanya Bali sudah sering dijadikan tujuan para solo traveler dari dalam maupun luar negeri. Malah, kamu bisa berinteraksi dan berkenalan dengan sesama solo traveler ini. 

 

Bagaimana? Mau coba? Cobalah memberanikan diri untuk solo traveling dengan mencoba kelima destinasi ini! Kalau kamu sudah terbiasa dan yakin buat pergi sendirian, baru deh bikin jadwal buat melancong ke tempat-tempat lain yang lebih jauh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pengemar K-Pop dan K-Drama, apapun kata orang yang penting saya bahagia dan anda tidak terganggu.

CLOSE