Siapa sih yang belum tahu apa itu insomnia? Untuk kamu yang belum tahu, insomnia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur dalam jangka waktu yang cukup untuk tubuh meskipun orang tersebut memiliki kesempatan untuk tidur. Insomnia dapat membawa dampak negatif, seperti lesu, kurang konsentrasi, ataupun tidak fit untuk menjalani aktivitas keesokan harinya.

Penyebab insomnia sendiri sangat beragam hingga mengakibatkan tidak mudah untuk tidur dalam jangka waktu yang dibutuhkan tubuh. Beberapa penyebab insomnia antara lain gaya hidup yang tidak sehat, masalah psikologi, terdapat gangguan kesehatan fisik, karena pengaruh obat-obatan sampai kondisi kamar tidur yang tidak atau kurang nyaman. Nah, jika kamu salah satu pengidap insomnia, berikut ini beberapa tips mudah yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

1. Minum minuman hangat

Minum yang hangat dulu via http://desakabut.com

Tips pertama ini pastinya sering kamu lihat pada adegan sebuah film, ya meminum minuman hangat. Sebelum tidur kamu bisa coba untuk membuat minuman hangat, bisa coklat atau susu hangat untuk dimininum sebelum tidur. Minuman hangat ini akan membantu merangsang badan dan pikiran kamu menjadi lebih tenang sehingga mudah terlelap.

2. Tenangkan pikiranmu

Kalo pikiran tenang bakal cepet tidur kok via http://verywell.com

Salah satu yang membuat orang bisa terkena insomnia adalah pikiran yang mengakar, stres atau memainkan ponsel sebelum tidur. Meskipun terdengar sepele namun jika terus menerus dilakukan kamu juga bisa terkena insomnia. Untuk menghindarinya cobalah untuk menenangkan pikiran sejenak, fokus untuk membuat kondisi tubuh dan pikiran rileks agar nantinya lebih mudah terlelap.

3. Buat kamarmu senyaman mungkin

Advertisement

Nggak bakal insomnia kalo kamarnya enak via http://desakabut.com

Suasana kamar menjadi faktor yang dapat membuat orang menderita insomnia. Jika kamu sudah mulai mengalami insomnia di beberapa hari terakhir tidur kamu, cobalah untuk menata ulang kamar, membersihkannya dan memberikan sesuatu yang dapat membuatmu menjadi lebih nyaman untuk tidur. Dengan suasana kamar yang nyaman, tenang, sejuk dan gelap dapat menghindarkan kamu dari masalah tidur yang satu ini. Perlu diingat, mematikan lampu atau tidur dalam keadaan gelap baik untuk kesehatan.

4. Jauhi kafein dari pukul 4 sore

Sudah jam segini kok nggak bisa tidur? via http://desakabut.com

Cara mengatasi insomnia yang satu ini tidak selalu berlaku untuk setiap orang, karena ada yang mengkonsumsi kafein (dalam bentuk kopi) namun tetap bisa tidur seperti pada umumnya. Nah, ini khusus buat kamu yang tidak terlalu suka kopi, biasanya jika sekali mengkonsumsi kopi efek kafein yang menyebabkan susah tidur akan sangat terasa. Jadi, lebih baik kamu tidak mengkonsumsi kafein dalam bentuk apapun mulai pukul 4 sore.

5. Jangan lupa olahraga teratur

Olahraga yang mudah jogging aja via http://desakabut.com

Poin terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan berolahraga. Olahraga secara rutin secara tidak langsung akan membuat waktu tidur kamu lebih berkualitas. Semakin banyak aktivitas fisik yang kamu lakukan, tentu semakin besar kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Nah, keadaan tubuh yang lelah setelah berolahraga inilah yang bisa membuat kamu tidur lebih cepat dan terhindar dari insomnia.

Gimana tipsnya? Mudah kan. Bagi kamu yang punya insomnia, boleh banget dicoba lho….