Kamu Masih Berada dalam Zona Nyaman dan Ingin Keluar? Berikut Langkah-langkah Keluar dari Zona Nyaman yang Bisa Kamu Terapkan

Cara Berani Keluar Dari Zona Nyaman

Apakah hanya dengan berada di dalam situasi terjebak di zona nyaman akan mampu untuk meningkatkan kualitas dirimu? Tentu saja tidak. Hal ini seperti diibaratkan layaknya smartphone atau perangkat canggih lainnya yang musti selalu diperbarui. Begitu pula dengan manusia yang perlu untuk selalu meng-improve diri menjadi lebih baik dari versi diri yang sebelumnya. Hampir semua orang kini berbondong-bondong untuk meningkatkan kualitas diri mereka untuk menjadi lebih baik. Dalam meng-upgrade diri menjadi lebih baik tentu ada banyak pilihan dan solusi. Langkah alternatif yang dapat kamu coba adalah dengan keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman memang saat ini tengah menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh banyak orang di masyarakat hingga di media sosial dari berbagai kalangan terutama dari kaum millenial yang sedang menuju proses pendewasaan.Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar dapat keluar dari zona nyaman.

Advertisement

1. Niat dari hati, tidak ikut-ikutan orang lain

photo by Steven Arenas on Pexels

photo by Steven Arenas on Pexels via https://www.pexels.com

Memang benar bahwa segala sesuatu yang hendak kamu lakukan ada baiknya bermula dari diri kita sendiri terlebih dahulu dengan berbekal niat dan kemauan yang kuat. Sebab, jika kamu menjalani segala sesuatunya dengan setengah hati, maka hasil yang nantinya kamu peroleh tentu tidak akan maksimal sesuai dengan yang kamu harapkan, malah nantinya ini akan menjadi beban bagi dirimu. Oleh karena itu, tanyakankan kepada diri kamu apakah keinginan kamu untuk keluar dari zona nyaman tersebut adalah untuk meningkatkan kulitas dirimu atau hanya sebagai alasan kamu untuk mengikuti trend agar terlihat sebagai orang yang pemberani dan bermental kuat. Jika niat dari hatimu adalah untuk improve diri kamu, maka mulai saat ini yakinkan kepada diri kamu untuk siap melangkah dan keluar dari zona nyaman.

2. Tidak takut akan resiko

Photo by Gladson Xavier on Pexels

Photo by Gladson Xavier on Pexels via https://www.pexels.com

Keluar dari zona nyaman artinya kamu telah mengambil keputusan untuk melangkah dari segala aktivitas dan rutinitas nyaman kamu sehari-hari yang selama ini telah berada di lingkaran aman tersebut. Setelah kamu berada di luar zona nyamanmu, kamu akan dihadapi dengan segala macam resiko, permasalahan yang datang, hingga kesalahan yang tak sengaja kamu lakukan. Jika kamu berada di fase ini, kamu tidak perlu untuk lengah dan langsung menyerah, apalagi lagi dari permasalahan itu, ini merupakan langkah yang salah. Tidak ada pilihan, selain kamu harus berani menghadapi persoalan yang ada dengan baik. Dari sinilah nantinya kamu akan mengerti dan mulai belajar sekaligus mengasah kemampuan problem solver-mu.

Advertisement

3. Mengabaikan opini negatif

Photo by Keira Burton on Pexels

Photo by Keira Burton on Pexels via https://www.pexels.com

Mungkin ketakutan yang selama ini telah menjadi penghalang buat kamu untuk keluar dari zona nyaman adalah kamu terlalu khawatir atas persepsi orang tentang dirimu. Kamu tidak dapat mengontrol opini orang-orang terhadap kamu. Yang hanya bisa kamu kendalikan ialah tentang bagaimana kamu menyikapinya. Ketika kamu bertekad untuk keluar dari zona nyaman, sudah saatnya kamu mulai mengabaikan apa perkataan orang. Bukan berarti kamu tutup telinga dan tidak menerima masukan dari orang lain, namun kamu hanya perlu mendengarkan kritik dan saran dari mereka yang sifatnya membangun untuk perkembangan diri kamu.

4. Tantang diri kamu

Photo by Nappy on Pexels

Photo by Nappy on Pexels via https://www.pexels.com

Agar strategimu untuk keluar dari zona nyaman lebih mantang dan matang, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan memulai menantang dirimu dengan mencari pengalaman dan sesuatu yang baru sebanyak banyaknya. Lakukan hal positif yang belum pernah kamu lakukan sejauh ini. Itu akan membantumu untuk belajar dan mengenal dunia lebih luas. Selain itu nantinya kamu akan mulai terbiasa pada hal-hal sulit yang selama ini mungkin ragu untuk kamu lakukan.

5. Bertemu dengan teman baru

Photo by Elevate on Pexels

Photo by Elevate on Pexels via https://www.pexels.com

Mulailah dengan membangun dan membina relasi dengan orang baru. Temukan teman sebanyak-banyaknya dan berkenalan dengan orang-orang baru dari berbagai macam latar belakang suku,agama, dan ras yang berbeda. Sehingga dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam memperoleh ilmu dan pengetahuan dengan cara bertukar pikir kepada mereka yang memiliki beraneka ragam sudut padang yang berbeda-beda. Kemudian, kamu juga akan mendapatkan networking yang lebih luas dengan bergaul kepada orang dari beragam suku budaya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Just a simple girl :)

CLOSE