Bepergian dengan motor memang punya keasyikan sendiri. Mobilitas yang lebih dinamis saat macet membuat motor menjadi pilihan saat berangkat bekerja maupun sekedar hobi. Perempuan pengguna motor semakin lumrah di Indonesia. Kini, pengguna motor tidak lagi terbatas pada kaum pria.

Nah, bagi cewek-cewek pengguna motor, pasti penasaran gimana sih supaya kalian tetap kece saat berkendara hingga sampai tujuan?

1. Selalu Gunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen via http://beautynesia.id

Sunscreen penting digunakan untuk mencegah radiasi ultra violet yang merusak kulit. Bukan rahasia bahwa sebagai pengendara motor, kita terpapar lebih banyak sinar matahari selama perjalanan. Paparan sinar matahari berlebih bisa mengakibatkan penuaan dini. Sebaiknya gunakan sunscreen minimal SPF 30. Ngga mau kan keriput duluan cuma karena malas pakai sunscreen?

Pastikan kamu menggunakan sunscreen yang oil free atau water based agar wajah kamu tidak menjadi kilang minyak ya, girls!

Advertisement

2. Pakai Primer Agar Makeup Tahan Lama

Jangan lupa pakai primer sebelum makeup via https://www.kompasiana.com

Kalian pasti sudah familiar dengan primer. Selain membuat aplikasi makeup lebih flawless, ternyata pemilihan primer yang tepat bisa membuat riasan wajah kamu lebih tahan lama. Pastikan kamu menggunakan primer yang sesuai jenis kulit agar hasilnya maksimal. Dijamin wajah kamu tetap segar sampai di tujuan, dan makeup kamu ngga lumer kemana-mana. Selain itu, jangan gunakan makeup atau foundation berlebihan agar kulitmu tidak kusam karena terkadang makeup akan teroksidasi setelah beberapa jam digunakan.

3. Pilih Makeup Waterproof/Smudgeproof

Eye liner smudging, big no! via https://www.youtube.com

Sebagai pengendara motor, tentu kita akan berada di luar ruangan untuk waktu yang cukup lama, jadi sangat penting untuk selalu memilih riasan mata yang waterproof atau smudgeproof agar makeup kamu segar sepanjang perjalanan. Jadi begitu sampai di tujuan, kamu nggak direpotkan oleh eye liner yang lumer atau maskara yang smudging di sekitar mata kamu.

4. Selalu Bawa Face Mist atau Face Spray

Face mist untuk menyegarkan wajah via https://journal.sociolla.com

Advertisement

Mengendarai motor berarti wajah kita lebih rentan terhadap polusi. Gunakan face mist agar wajah kamu segar dan terhidrasi kembali tanpa harus merusak riasan wajahmu yang sudah on set. Bawalah face mist ukuran travel size agar tidak menghabiskan ruang di tas kamu. Tinggal semprotkan dan tunggu partikelnya meresap. Ohya, sekarang ada face mist yang mengandung SPF juga lho, girls.

5. Jangan Gunakan Perhiasan Berlebihan dan Pakaian Minim

Sederhana tapi tetap keren via https://unsplash.com

Saat mengendarai motor, kamu harus memikirkan faktor keamanan. Menggunakan perhiasan berlebihan berarti meningkatkan resiko terjadinya kejahatan. Gunakan perhiasan secukupnya saja, misal: anting-anting simple, dan jam tangan saja. Jangan berkendara dengan tampilan seperti etalase berjalan. Selain membuat kamu terlihat kampungan, itu akan membahayakan dirimu sendiri. It's a BIG NO!

6. Jaket Stylish dan Sepatu Yang Nyaman

Yang penting nyaman via https://unsplash.com

Jaket berfungsi melindungi kulit kamu dari sengatan matahari, dan melindungi tubuh kamu dari cuaca yang tidak menentu. Selain itu, jaket akan melindungi kulit kita jika terjadi benturan. Jaket bisa juga kamu gunakan sebagai fashion statement agar penampilanmu makin kece, lho. Pilih bikers jaket yang stylish dengan bahan yang sesuai dengan iklim atau cuaca dimana kamu biasanya berkendara. Ngga lucu kan kalau kamu malah jadi banjir keringat atau menggigil saat naik motor?

Hindari penggunaan stilleto atau sepatu hak tinggi saat berkendara karena saat kamu berpijak mendadak, bisa jadi kakimu tidak stabil dan mengakibatkan kamu jatuh. Lebih baik gunakan sepatu kets atau biker boots yang nyaman agar pijakanmu lebih stabil.

Lengkapi keamananmu dengan menggunakan sarung tangan yang seseuai dengan outfitmu.

7. Helm Yang Aman dan Kaca Mata Hitam

Pakai helm supaya aman via https://unsplash.com

Helm adalah proteksi yang wajib dipakai saat mengendarai motor. Helm yang nyaman dan aman adalah faktor penting yang wajib kamu perhatikan sebagai pengendara motor. Jangan kaget jika ada helm yang harganya hingga belasan juta karena fungsinya melindungi kepala kita. Nah, yang perlu kamu perhatikan adalah minimal menggunakan helm yang sudah berstandar SNI dan dengan ukuran yang pas.

Kaca mata hitam sangat berguna di siang yang terik agar bebas silau saat berkendara. Selain itu kaca mata hitam bisa membuat penampilan kamu semakin all out. Pilih model aviator atau sesuaikan frame nya dengan bentuk wajah kamu. Pilih kaca mata dengan anti radiasi agar bisa melindungi mata kamu dengan maksimal. Dijamin kamu makin kece saat berkendara.

Last but not least, yang terpenting adalah menaati rambu lalu lintas dan menghargai sesama pengguna jalan. Jaga stamina dan fokus selama berkendara. Ride safe and stylish, my friends!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya