Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja tanpa pandang dulu. Mulai dari anak - anak hingga lansia. Terlebih dapat terjadi pada seseorang yang malas untuk menjaga kebersihan gigi serta mulut.

Ketika seseorang mengalami sakit gigi pasti suka nyanyi gini deh "dari pada sakit gigi lebih baik sakit hati ini"
Iya kan sering gitu! Coba ngaku deh, tapi ketika sedang sakit hati liriknya beda lagi ya 😀 (maaf intermezzo). Karena ketika sedang sakit gigi kamu bisa ngalami nyeri yang begitu luar biasa terkadang juga menimbulkan sakit kepala dan nyut nyutan, sehingga kamu susah untuk makan, ngemil, aktivitas pun terganggu dan mood jadi buruk.

Sehingga itu, solusi yang mudah dan alami ini harus diketahui. Yang mana jika sakit gigi kambuh lagi, kamu dapat mengatasinya dengan cepat dan aman tanpa harus mengkonsumsi obat - obatan. Dan berikut cara alami yang dapat dilakukan di rumah dengan bahan yang mudah di cari:

1. Kumur air garam

Ternyata berkumur dengan air garam mampu mengatasi sakit gigi yang kamu alami. Mengapa begitu? Karena kandungan sodium yang tinggi dalam garam mampu membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut, terlebih mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang yang mana salah satu dari penyebab sakit gigi.

Cara pemakaiannya cukup mudah, kamu hanya cukup menyediakan 1 gelas air putih lalu campurkan dengan garam secukupnya. Setelah itu kumur – kumur selama beberapa menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan kumur dengan air garam ini setelah kamu gosok gigi dan flosing. Sehingga tidak ada sisa makanan yang masih mengangganjal di dalam mulut.

2. Jeruk nipis

Advertisement

Obat alami sakit gigi selanjutnya adalah jeruk nipis, dimana jeruk nipis memiliki kandungan asam yang dapat berguna untuk menyeimbangkan PH di dalam mulut. Selain itu, jeruk nipis juga mampu membasmi bakteri yang ada di dalam mulut sehingga kesehatan mulut dapat terjaga.

Cara pemakaiannya, sediakan 2 buah jeruk nipis lalu belah dan masukan perasan air jeruk nipis ke dalam 1 gelas air putih hangat. Setelah itu, jadikan obat kumur untuk mengatasi sakit gigi Anda.

3. Kunyah bawang putih

Bawang putih untuk mengobati sakit gigi mungkin sudah menjadi rahasia publik. Yang mana telah banyak di gunakan oleh orang tua kita zaman dulu. Di mana di dalam bawang putih memiliki kandungan antiseptic yang mampu membasmi bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut.

Advertisement

Sehingga tak heran jika kini juga banyak orang yang menggunakan bawang putih untuk mengatasi sakit gigi. Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit gigi :

  1. Dapat dikunyah secara langsung dengan gigi yang sakit.
  2. Diolah terlebih dulu, caranya : sediakan 1 siung bawang putih yang sudah di cuci, lalu haluskan dengan diberikan sedikit garam. Setelah halus tempelkan pada daerah gigi yang sakit.

4. Getah jarak

Getah Jarak

Getah Jarak via https://google.com

Pohan jarak memiliki getah yang mampu mengatasi sakit gigi, yang mana di dalamnya mengandung antiseptik, anti bakteri dan antibiotik alami yang cukup tinggi. Sehingga sangat ampuh untuk dijadikan obat alami sakit gigi. Caranya cukup sederhana sekali, Anda hanya perlu memetik daun jarak, lalu teteskan getahnya pada daerah atau lubang gigi yang sakit.

5. Kompres es batu

Tips ini dapat kamu lakukan untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Dan caranya sangat simple kamu masukkan beberapa es batu ke dalam plastik kecil lalu bungkus dengan kain (misal dengan kain tipis) lalu tempelkan pada pipi, di dekat daerah bagian gigi yang sakit selama beberapa menit.

Itulah beberapa cara mudah dan alami yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sakit gigi. Dan untuk mencegah sakit gigi datang kembali, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman manis serta rajinlah menjaga kebersihan gigi.

Semoga bermanfaat 🙂 khususnya buat kamu yang sedang sakit gigi 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya