Kecemburuan adalah hal yang biasa terjadi dalam sebuah hubungan. Cemburu kepada pasangan itu sah-sah saja. Itu merupakan hal yang normal terjadi dalam sebuah hubungan. Kita semua pasti pernah mengalaminya. Bahkan bisa dibilang cemburu adalah bumbunya orang berpacaran. Tetapi ada saat-saat tertentu ketika kita merasakan yang namanya cemburu buta. Kamu pasti tahu seperti apa rasanya, jenis cemburu yang bikin benak kita dikuasai pikiran-pikiran negatif sampai rasio jadi macet.

Perasaan cemburu bisa muncul karena khawatir kehilangan orang yang disayangi, takut ditolak, tidak diterima, tidak dicintai yang sering menghantu.

Bagaimana cara mengatasi emosi seperti ini? Jawabannya tentu saja kembali pada logika. Emosi dan hatimu sedang berebut bicara, jadi kamu perlu injeksi logika untuk menghadapinya dengan tenang. Pastikan kepala tetap dingin dan lakukan beberapa strategi yang akan membantu untuk mengatasi rasa cemburumu.

1. Jangan bertindak gegabah

Jangan gegabah

Jangan gegabah via https://images.app.goo.gl

Advertisement

Memang sulit untuk tidak melakukan apa-apa saat kita cemburu. Tapi terkadang, bukan cemburu yang jadi masalah, melainkan tindakan kita saat perasaan itu datang. Misalnya, saat kamu mulai memarahi pasangan atau menduga-duga hal yang belum pasti. Jadi, saat dirimu merasa cemburu, cobalah untuk tetap berpikir jernih dalam menilai situasi. Ubah caramu berpikir tentang situasi dan bersikaplah dengan masuk akal dan bijak.

 

2. Sembuhkan luka masa lalu

Mediasi diri

Mediasi diri via http://www.hipwee.com

Orang cenderung bertindak cemburu karena dipengaruhi hubungan sebelumnya. Misalnya karena pernah disakiti seseorang sebelumnya. Dirimu harus move on dari masa lalu dan menyadari bahwa kamu berada di hubungan yang baru. Memahami akar, pemicu, dan alasan kecemburuan kamu adalah hal penting untuk hubungan yang sehat.

Advertisement

 

3. Hargai diri sendiri

Membangun healthy self

Membangun healthy self via https://images.app.goo.gl

Salah satu alasan utama mengapa orang merasa cemburu  adalah karena mereka memiliki harga diri yang rendah dan masalah rasa tidak aman atau tidak percaya diri. Mereka cenderung berpikir bahwa mereka tidak cukup baik, pasangan mereka akan menyadari hal ini, dan akan meninggalkan mereka untuk orang lain. 

Kita perlu tahu bahwa ada alasan mengapa pasangan menyukaimu sejak awal sampai berumah tangga. Jika kamu membutuhkan penegasan atau apresiasi, jangan ragu untuk meminta itu. Jadi saat merasa cemburu, ingatlah bahwa pasangan tetap bersama denganmu.

4. Bangun rasa percaya pada diri sendiri dan pada pasangan

Penuh kasih

Penuh kasih via https://images.app.goo.gl

Hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah percaya diri. Percayalah pada diri sendiri bahwa kita dapat sangat mencintai tanpa penyesalan. Percayalah pada diri sendiri bahwa cinta kita akan bertindak seperti jangkar yang akan mencegah hubungan kita melayang.

Ini tidak mudah, tetapi pada akhirnya ketika kita mempercayai diri sendiri, kita memercayai apa pun yang datang. Kita yakin bahwa dirimu dapat mengelola bahkan situasi yang paling sulit, termasuk perpisahan atau penolakan.

Untuk menjalani hubungan yang bahagia, kita harus mempercayai pasangan. Memiliki kendali bukanlah hal yang buruk, namun mencoba mengendalikan seseorang untuk hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, bermasalah. Bertindak dengan cara yang penuh kasih terlepas dari perasaan iri yang kita alami.

5. Bersikap tenang

Sanagat dibutuhkan

Sanagat dibutuhkan via https://images.app.goo.gl

Yang perlu kita lakukan adalah membuka hati kepada pasangan, dan tetap mempercayainya, serta bersikap tenang. Memang tidak mudah, tetapi kita harus bisa tenang agar tidak terjebak pada dugaan yang keliru, dan menuduh pasangan yang bukan-bukan. 

Sebelum cemburu semakin buruk, mintalah pasangan untuk menjelaskan hal-hal yang menjadi pemicu dari kecemburuanmu. Agar semuanya menjadi jelas. Dan tetaplah tenang saat melakukannya.

6. Mencari tahu alasan kenapa kamu bisa cemburu

Koreksi diri Photo by Sean Pollock

Koreksi diri Photo by Sean Pollock via http://www.unsplash.com

Nggak ada asap kalau nggak ada api. Meski api itu kecil, perlu kamu cari tahu di mana sumbernya. Setiap kali kita dikuasai perasaan cemburu, coba kita tanyakan pertanyaan ini pada diri masing-masing. “Apakah aku punya alasan buat cemburu?” Apakah dia hobi flirting dengan cewek atau cowok lain? Apakah kamu selalu jadi prioritas kesekian dalam hidupnya?

Ini poin penting yang perlu kita pikirkan baik-baik. Kalau dia memang tidak pernah melakukan hal-hal yang patut bikin kita cemburu, buat apa kita harus memelihara perasaan jealous yang nggak jelas alasannya ini?

7. Bicara sejujurnya, kalau kamu memang punya alasan untuk cemburu

Saling komunikasi

Saling komunikasi via https://images.app.goo.gl

Oke, jadi kamu memang punya alasan buat cemburu? Kalau begitu bicarakan dengan pasanganmu apa saja hal bikin kamu merasa tidak nyaman dan berakhir jadi cemburu. Kalau ini soal teman-temannya yang menurut kamu mengkhawatirkan, coba kenali mereka. 

Sesekali coba kamu lihat sendiri seperti apa dia ketika berada dalam lingkup pergaulan yang biasanya tidak melibatkan kamu. Setelah mengenal orang-orang yang ada di sekitar pasangan, biasanya kita akan merasa lebih tenang untuk 'memercayakan' pasangan kepada mereka.

Cemburu dengan kegiatannya yang segudang?

Kalau begitu coba untuk bicarakan dengan dia, bilang kalau kamu perlu quality time bersamanya. Kalau itu juga tidak memungkinkan, coba saja menemani dia saat beraktivitas sesekali. Dia masih bisa memenuhi tugas yang jadi tanggung jawabnya, kamu juga jadi punya kesempatan buat bersamanya. Win-win solution.

Kalau ini soal mantannya yang masih suka muncul, bilang kalau kamu merasa tidak nyaman dengan kehadiran si mantan dan dia perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi hal itu. Tetapi jangan sekali-sekali melabrak mantan pacar kamu. Hadapi mantan yang rese dengan classy. Jangan biarkan para pengganggu merasa puas dengan menunjukkan kalau mereka berhasil mengguncang stabilitas hubungan kamu dan pasangan. 

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi kecemburuan berlebihan pada pasangan. Kamu sering merasa cemburu gak pada pasanganmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya