Kenyataan memang tak selamanya sejalan dengan keinginan. Tak jarang, kenyataan yang ada sering kali di luar ekspektasi, bahkan jauh dari yang kita harapkan. Seperti kegagalan, yang kedatangannya tak pernah diharapkan.

Walaupun kegagalan merupakan hal yang paling ditakuti oleh banyak orang, kita haruslah mampu menghadapinya agar mampu move on atau bangkit dari kegagalan dan mencapai kesuksesan. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan untuk bangkit dari kegagalan, namun tidaklah mustahil, selama kita mau berusaha dan semangat.

Gagal pasti pernah dihadapi oleh semua orang. Yang menjadikan pembeda ialah, bagaimana masing-masing menyikapi kegagalan tersebut. Ada yang merutuki keadaan sambil mencari-cari alasan, ada pula yang bangkit dan menjadikan pengalaman gagal sebagai pijakkan untuk tidak jatuh pada lubang yang sama.

Bagi yang bangkit, cara mereka untuk bangkit dari kegagalan dan kembali menatap masa depan merupakan salah satu kunci. Sikap seperti itu bisa dipelajari, bisa dibiasakan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berdamai dengan kegagalan dan menjadikannya tumpuan untuk bangkit:

1. Segera bangkit dari kegagalan

Attraction

Attraction via https://goo.gl

Tak cukup sekali, banyak orang sudah mengalami berbagai kegagalan dalam meraih target. Dan perlu diakui, bangkit dari kegagalan adalah hal yang sulit. Kendati demikian, kita harus tetap berjuang untuk bangkit.

Ingat, bahwa kamu berhak untuk memulai hidup dari awal. Entah itu dalam karier, hubungan, maupun menjalin hubungan dengan keluarga yang sudah lama terputus, kita harus tetap menjalani hidup, meski banyak hal buruk telah terjadi. Nikmati setiap prosesnya, agar kita bisa menerima kenyataan dan segera bangkit dari keterpurukan.

2. Boleh kecewa dan marah

Kamu boleh kecewa, kesal dan bete

Kamu boleh kecewa, kesal dan bete via https://goo.gl

Advertisement

Rasa marah dan kecewa merupakan hal wajar saat kita mengalami kegagalan. Lebih-lebih, apabila kegagalan disebabkan oleh kesalahan orang lain. Saat itu, kita berhak untuk menangis meraung-raung semalam-suntuk atau tidak membalas chat teman beberapa hari.

Keluarkan semua rasa marah dan kecewa yang ada di hati. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengeksplorasi perasaan kita. Rasakan secara nyata dan tanyakan pada diri, mengapa kita marah? Lalu, apa langkah selanjutnya? Tak perlu buru-buru mengambil keputusan saat kita marah atau kecewa.

3. Belajar rasional pada fakta

Kaidah berfikir

Kaidah berfikir via https://goo.gl

Seiring waktu berlalu, rasa kecewa dan marah pun lenyap. Saatnya, kita melihat kegagalan dengan lebih rasional. Coba sekarang kita tuliskan apa saja yang terjadi akhir-akhir ini, termasuk pengalaman kegagalanmu.

4. Latih ketabahan

Melatih sikap

Melatih sikap via https://goo.gl

Advertisement

Sikap tabah adalah satu cara sukses untuk bangkit dari kegagalan. Memang, sih, kita nggak bisa punya sikap tabah begitu saja. Karena tiap orang punya kepribadian yang beda-beda. Namun, sikap ini bisa dilatih, kok. Setelah mengetahui apa saja hal yang membuat kita gagal, kita harus membuat target baru.

Cari cara untuk memotivasi diri dan segera bangkit dari keterpurukan. Ingat, bahwa kita masih punya harapan untuk sukses dan butuh waktu untuk meraihnya. Setuju?

Dari sini, kita bisa belajar mengantisipasi kegagalan. Seandainya, kemungkinan kita menghadapi kondisi yang sama di masa depan, apa yang kita akan lakukan? Tentu kita akan mengambil keputusan yang berbeda dari apa yang telah kita lakukan saat mengalami kegagalan, bukan?

5. Meningkatkan kepekaan pada kegagalan

Panggilan hidup

Panggilan hidup via https://goo.gl

Perlu kita ketahui, sekecil apapun keputusan yang kita ambil, pasti ada konsekuensinya. Dari sini, kita akan lebih peka untuk mendeteksi potensi kegagalan.

Setiap pilihan yang kita ambil, pasti juga akan berujung pada hasil yang berbeda. Dengan mengalami kegagalan pada hari ini, kita bisa menghindarinya di lain kesempatan. Solusinya, harus ada kepekaan diri. Karena terkadang, ada orang yang telah gagal berkali-kali, tapi tidak bisa mengambil pembelajaran dari pengalaman tersebut.

6. Kegagalan adalah guru yang terbaik

Sosiality

Sosiality via https://goo.gl

Saya akan membenci diri sendiri saat gagal meraih target. Mengapa? Karena saya terjebak pada persepsi telah melakukan hal yang tidak benar. Seandainya, saya lebih serius belajar, pasti semua target akan tercapai, bukan?

7. Tidak mengenal kata menyerah

Selalu bahagia

Selalu bahagia via https://goo.gl

Meski kita mengalami kegagalan bertubi-tubi, bukan berarti hidup telah berakhir. Siapa, sih, yang tak pernah mengalami kegagalan, merasa sedih, dan kecewa? Meski saat ini kita merasa hidup telah hancur berkeping-keping, seiring berjalannya waktu semua akan baik-baik saja. Kita hanya butuh sedikit waktu dan keberanian untuk tidak pernah menyerah.

Itulah tadi 7 cara yang akan membantu kita bangkit dari kegagalan. Ingatlah bahwa kesuksesan paling banyak diraih oleh orang-orang yang menyadari bahwa kegagalan adalah sebuah jalan yang harus dilalui sebelum mereka meraih sukses.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya