Buat pecinta drama korea pasti udah nggak asing lagi sama cibiran orang-orang mengenai kebiasaan kamu nonton drama bahkan sampai maraton seharian dan lupa waktu.Yakin deh pasti disekitar kamu ada aja yang bilang "ih kok drama queen banget? kebanyakkan nonton drama nih","duh khayalan lo ketinggian",atau "oppa tuh cuma ada di mimpi kamu doang".

Kamu pasti udah bosen sama semua omongan itu dan rasannya mau buktiin kalo drama korea nggak seburuk itu. Memang drama korea itu bahaya, iya bahaya karena bikin kamu penasaran sama setiap ceritanya dan bahkan bikin kamu kepikiran terus.Tapi, drama korea juga punya pesan moral loh yang baik kalau kita terapkan di kehidupan kita.Yuk simak 5 drama Korea yang punya pesan moral yang ngena banget buat kamu!

1. W Two Worlds

Lee jong suk & Han Hyo Joo via http://i.viewasian.com

Menceritakan tentang karakter webtoon benama Kang Chul yang takdirnya sudah digariskan oleh penciptanya yaitu Oh Sung Moo. Namun ia sangat menantang karena takdir yang dibuat si penulis untuknya buruk. Ia pun berusaha agar ceritanya happy ending sehingga ia bisa tetap bertahan hidup. Kang chul rela berkorban agar rencananya berjalan mulus dan demi orang yang dicintainya selamat.

Sama halnya di kehidupan ini, kita sudah digariskan takdirnya.Entah itu takdir buruk atau baik hanya sang pencipta yang tahu. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dengan giat untuk merubah suatu takdir tersebut menjadi lebih baik.

2. The Best Hit

Poster The Best Hit via http://hellokpop.com

Advertisement

Bercerita tentang seorang penyanyi terkenal pada masanya yang bernama Hyun Jae. Namun ketenaran membuatnya berlaku buruk dan sombong kepada manajer bahkan CEOnya. Ia menghianati CEO dan manajernya dengan kabur membawa uang agensi. Dan secara tiba-tiba ia masuk ke ruang waktu dan menghilang. Semua orang mencarinya namun tidak ditemukan dan pada akhirnya dianggap sudah tiada.

Di malam yang sunyi dengan badai yang dahsyat, secara tiba-tiba ia kembali dari masa lalu ke masa kini yaitu tahun 2017. Manajernya hampir tidak percaya saat bertemu dengannya. Sang manajer mengenali Hyun Jae namun masih punya rasa kesal padanya karena ia membuat agensi hampir bangkrut. Akhirnya perlahan Hyun Jae memperbaiki kesalahannya dan mengembalikan kepercayaan manajer dan CEOnya.

Kita pasti pernah egois dan tidak mementingkan nasib orang lain. Dan kita pasti pernah melakukan kesalahan kepada orang lain di masa lalu. Perlahan tapi pasti, perbaiki kesalahan kita dan jadikanlah pelajaran agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Goblin

Poster Goblin via http://rappler.com

Siapa sih yang nggak tahu drama hits satu ini? Yap the one and only Goblin!. Drama korea yang satu ini menjadi drama terpopuler tahun ini. Bahkan banyak netter yang membuat parodi dari drama ini.Drama ini juga mengandung pesan moral yang dalam loh.

Dalam kehidupan ada empat langkah. Yang ditanam, yang dipelihara, yang dipetik, dan yang dinimati. Di cerita tersebut dari raja hingga pelayan, semua yang telah mereka lakukan di kehidupan sebelumnya pasti akan dibayar sesuai kehidupan selanjutnya. Begitu juga dalam drama ini menggambarkan malaikat kematian sebagai makhluk yang mengalami hukuman akibat kesalahan yang ia perbuat di kehidupan sebelumnya. Namun ia pun dimaafkan karena telah belajar makna hidup yang sesungguhnya.

4. School 2017

Kamu yang suka dengan drama korea ala-ala persahabatan dan percintaan di sekolah harus banget nih nonton. Menceritakan tentang siswa SMA yang bernama Ra Eun Ho yang mempunyai rangking rendah di sekolah namun mempunyai bakat menggambar webtoon. Ia sering kali dianggap sebagai anak yang bodoh dan tidak mempunyai masa depan. Kehidupan sekolah yang berdasar hierarki nilai dan pemberontakan para siswanya akan kebijakan sekolah yang mencekik para siswa. Selain itu drama ini juga bercerita tentang sosok misterius Mister X yang membuat insiden di sekolah yang dianggap oleh sebagian orang sebagai pahlawan.

Pesan yang bisa kita ambil dari drama ini adalah terus semangat dalam menggapai mimpi walaupun banyak orang yang meremehkan kemampuan mu. Setiap orang punya passionnya masing-masing. Dan perjuangkan kebenaran walaupun sebenarnya itu berat.

5. Save Me

Kalo kamu suka sama genre thriller dan misterius, wajib nih nonton drama OCN yang satu ini. Menceritakan seorang wanita bernama Sang Mi (Seo Ye Ji) yang terjebak dalam kultus dengan agama sesat. Sang Mi meminta pertolongan kepada Sang Hwan (Ok Taecyeon) dan kawan-kawannya agar bisa keluar dari tempat kultus tersebut. Kultus sesat tersebut dipimpin oleh pendeta palsu dengan ambisi jahatnya. Dengan keberanian dan strategi yang tepat, akhirnya Sang Mi dan ibunya bisa bebas dari kultus tersebut dan memulai hidup yang baru.

Dalam drama ini kita bisa melihat pengorbanan dan keberanian Sang Mi yang mau melakukan apa saja asal ibunya selamat serta kecerdasaan Sang Hwan dan kawan-kawan dalam menyusun strategi sehingga Sang Mi dan ibunya bisa bebas.

Menonton drama korea juga ada manfaatnya, bukan hanya hiburan semata namun bisa kamu ambil pesan moral yang disampaikan dalam drama.