5 Kegiatan Singkat Pelepas Penat dan Stress. Cocok untuk Kamu yang Sibuk dan Butuh Hiburan!

kegiatan pelepas stres

Saat merasakan stress, salah satu obatnya adalah pergi berlibur. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bepergian. Beberapa alasan yang sering muncul adalah tidak ada biaya, jatah cuti sudah habis, tidak mendapat izin pergi jauh, dan masih banyak lagi. Sebab itu cobalah lakukan beberapa kegiatan berikut agar stressmu sedikit terobati. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya memakan waktu yang singkat, tapi juga tidak terlalu mahal. Penasaran apa saja kegiatan-kegiatan tersebut? Simak terus di sini, yuk!

Advertisement

1. Ngegym, karena olahraga dapat membuatmu lebih happy

Photo by mentatdgt from Pexels

Photo by mentatdgt from Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan saat stress adalah oleh raga. Cobalah bergabung dengan gym atau fitness center di daerahmu. Jika tidak, mungkin ajak teman-temanmu untuk main basket atau bermain futsal bersama secara rutin. Jika tidak menemukan teman untuk berolahraga bersama, usahakan bergabung di gym daripada olahraga sendirian. Sebab, berolahraga bersama orang lain bisa memotivasi dirimu.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan orang lain, jadi sejenak kamu akan melupakan masalahmu. Olahraga yang dibutuhkan juga tidak butuh waktu yang lama. Hanya sekitar 15 sampai 30 menit sehari sudah cukup. Jika kamu berpikir, “Sudah stress karena masalah, malah disuruh bekerja keras,” jangan negative thinking dulu. Siapa sangka, ternyata berolahraga dapat membuatmu lebih happy, lho!

2. Spa, sangat bagus bagi kamu yang sering merasa pegal dan kaku saat beraktifitas

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan berikutnya yang tidak kalah menyenangkan adalah memanjakan diri di spa. Bersantai sambil dipijat dan dimanjakan orang lain, siapa yang menolak, kan? Jika kamu merasa kegiatan ini hanya bisa dinikmati kaum hawa, kamu sudah salah besar. Ada banyak spa yang menawarkan ruang pijat dan sauna yang terpisah dengan perempuan.

Selain itu, laki-laki yang menikmati spa juga sudah semakin umum. Jadi jangan khawatir, maskulinitasmu masih aman kok. Pijatan dan sauna yang dilakukan tidak hanya bagus untuk kulitmu saja, tapi juga melemaskan syaraf-syaraf dan ototmu yang kaku. Terutama pada bagian-bagian di leher, wajah, dan betis. Jadi sangat bagus bagi kamu yang sering merasa pegal dan kaku pada bagian tersebut saat beraktifitas.

3. Ngopi di kafe, buat perasaan nyaman dan memperbaiki mood

Advertisement
Photo by Andrew Neel from Pexels

Photo by Andrew Neel from Pexels via https://www.pexels.com

Kopi mengandung kafein yang meningkatkan fungsi reseptor adenosin. Hormon tersebut memiliki efek untuk membuat syaraf-syaraf yang ada di otak menjadi rileks. Selain kafein, kopi juga mengandung dopamine, zat bersifat neurotransmitter yang mampu memberikan perasaan nyaman dan memperbaiki mood.

Cobalah nikmati kopi di café bersama teman-teman, jadi kamu tidak bosan. Mungkin juga kamu bisa curhat tentang masalah dipekerjaan atau sekolahmu. Jadi mood dan stressmu jauh berkurang setelah sampai di rumah.

4. Jalan-jalan santai, menikmati ramainya taman kota sembari mengenal lingkungan sekitar

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Apakah kamu tahu istilah “mayeng-mayeng”? Mayeng-mayeng merupakan istilah Jawa yang berarti berjalan-jalan tanpa arah. Tujuannya memang hanya sekedar relaksasi dan membuat diri sendiri merasa santai. Jika kamu sedang stress cobalah berjalan-jalan menikmati ramainya taman kota.

Suara ramai taman kota justru akan menjadi hiburan saat kamu sedang stress. Beberapa kota memiliki pedestrian walk, saat berjalan-jalan cobalah kunjungi lokasi tersebut. Biasanya ada banyak penjual makanan, jadi kamu bisa menikmati waktu sambil jajan.

5. Berkunjung ke kebun binatang dan melihat kelakuan lucu binatang yang akan menghiburmu

Mengunjungi kebun binatang bisa jadi quick getaway jika kamu hanya memiliki libur sebanyak satu hari saja. Mengunjungi taman margasatwa dan melihat kelakuan-kelakuan hewan, bisa mengalihkan perhatianmu dari masalah pekerjaan atau sekolah sementara. Selain itu, hampir semua kota-kota besar memiliki kebun binatang. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Taman Safari Bogor untuk melihat gajah atau jerapah dari dekat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pengemar K-Pop dan K-Drama, apapun kata orang yang penting saya bahagia dan anda tidak terganggu.

Editor

une femme libre

CLOSE