Kenali 5 Tanda-Tanda Umum Penyebab Munculnya Perasaan Insecure dalam Diri

Perbanyak bersyukur agar tak melulu insecure

Setiap orang pasti pernah merasa insecure bukan? Insecure adalah perasaan dimana kamu merasa kurang percaya diri ketika melihat seseorang yang lebih rupawan dibanding diri sendiri. Perasaan insecure dapat muncul dalam diri ketika:

Advertisement

1. Selalu merasa kurang dihadapan diri sendiri

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Perasaan insecure dapat muncul saat seseorang selalu merasa kurang tampan atau cantik dibandingkan dengan orang lain. Hal itu terjadi karena seseorang selalu melihat ke atas dan jarang sekali untuk melihat ke bawah, sebaiknya selalu beryukur atas apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

2. Kritikan dari orang lain

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Saat mendapat kritikan seseorang cenderung akan merasa insecure dan kurang percaya diri. Karena mereka merasa bahwa seseorang hanya membicarakan kekurangan dirinya. Untuk menghadapi hal tersebut maka dapat menjadikan hal itu sebagai saran terbaik, untuk memperbaiki kekurangan.

Advertisement

3. Merasa selalu diabaikan dan tidak diperhatikan

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Seseorang yang insecure cenderung merasa bahwa dirinya selalu diabaikan dan tidak diperhatikan oleh orang-orang di sekitarnya, padahal itu hanya perasaannya saja. justru sebaliknya orang-orang di sekitarnya malah memperhatikan dan berusaha untuk lebih dekat dengannya.

4. Pengaruh dari sosial media

dampak sosial media terhadap diri.

dampak sosial media terhadap diri. via https://pin.it

Sosial media sangat berpengaruh bagi kehidupan, melalui  sosial media kita dapat melihat hal-hal yang baru dan mendapat inspirasi. Namun, jika terlalu sering melihat sosial media milik orang lain maka akan selalu merasa kekurangan dan ingin memiliki apa yang telah dimiliki orang lain baik itu berupa ketampanan ata kecantikan, barang ataupun prestasi yang dimilikinya. Bersyukurlah atas apa yang dimiliki karena yang ada di sosial media itu belum tentu baik untuk diri sendiri.

5. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Advertisement
Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Perasaan insecure bisa jadi datang karena terlalu sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Perasaan ini sering kali muncul saat merasa kekurangan, hal ini bisa saja terjadi saat melihat penampilan orang lain dan merasa bahwa prnampilannya lebih baik dibanding diri sendiri. Maka perasaan inilah yang dapat menyebabkan insecure atau kurangnya rasa percaya diri.

Mungkin perasaan insecure yang telah muncul dalam diri tidak dapat hilang sepenuhnya, namun tetap berusaha sebaik mungkin untuk mengurangi perasaan tersebut dengan berhenti merasa rendah diri. Berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan mulai membangun rasa percaya diri.

Untuk yang sedang merasa insecure mulailah mencintai diri sendiri dan bersyukur atas apa yang telah diberikan tuhan, karena apapun yang telah ditakdirkan itu adalah yang terbaik setiap manusia. Dengan itu setiap manusia tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE