Ide Kreatif Menata Perpustakaan Mini di Rumah

7 cara kreatif menyimpan koleksi buku di dalam rumah

Kamu punya banyak koleksi buku tapi kebingungan mencari tempat untuk menyimpannya? Kenapa tidak coba membuat perpustakaan mini di rumah? Dengan penataan yang tepat, perpustakaan rumah yang minimalis bisa jadi sudut ruang favoritmu. Menghadirkan perpustakaan di dalam rumah memang membutuhkan ruang tambahan. Namun, kamu tak perlu khawatir karena perpustakaan juga bisa diterapkan pada hunian yang memiliki lahan terbatas. Tunggu apa lagi? Yuk, kita tengok ide kreatif menata perpustakaan rumah minimalis berikut ini.

Advertisement

1. Rak minimalis untuk koleksi buku favorit

Area membaca tanpa perlu lemari besar di House at Pasteur oleh Januar Senjaya & Filani Limansyah/ Addo Architecture

Area membaca tanpa perlu lemari besar di House at Pasteur oleh Januar Senjaya & Filani Limansyah/ Addo Architecture via https://www.arsitag.com

Jika kamu berpikir perpustakaan rumah harus dilengkapi dengan lemari besar atau kabinet, itu salah. Kamu hanya perlu rak-rak mini yang bisa ditempatkan di berbagai sudut ruangan. Kamu bisa menciptakan area membacamu sendiri dengan nyaman, seperti House at Pasteur ini. Ruangan yang serba putih pun jadi penyejuk yang nyaman dan menenangkan untuk membaca.

2. Perpustakaan mini di loteng rumah

Perpustakaan mini di area loteng Rumah Kecil at Ozone Residence oleh Akanoma Yu Sing

Perpustakaan mini di area loteng Rumah Kecil at Ozone Residence oleh Akanoma Yu Sing via https://www.arsitag.com

Lahan yang terbatas bukan hambatan untuk memiliki perpustakaan rumah. Kamu bisa memanfaatkan loteng rumahmu untuk dijadikan perpustakaan mini. Tempatkan rak buku panjang agar koleksi buku-bukumu tersusun rapi. Jika memungkinkan, tambahkan jendela untuk pencahayaan supaya tidak terkesan gelap dan lembab.

Advertisement

3. Memanfaatkan dinding tangga yang kosong

Rak buku di dinding area tangga di Citra Garden House oleh Studio Denny Setiawan

Rak buku di dinding area tangga di Citra Garden House oleh Studio Denny Setiawan via https://www.arsitag.com

Kebanyakan dari kamu pasti jarang terpikir untuk memanfaatkan area dinding tangga, bukan? Nah, buat kamu yang ingin menghadirkan perpustakaan mini di rumah, cukup maksimalkan fungsi dinding tangga sebagai tempat menyimpan koleksi berbagai macam buku. Selain terlihat menarik, desain ini terkesan anti-mainstream. Sekaligus, menjadikan dinding memiliki fungsi tambahan yang tadinya hanya dibiarkan kosong begitu saja.

4. Perpustakaan mini di satu sudut ruangan

Perpustakaan mini di salah satu sisi ruangan Puri Galaxy oleh Lumos Interior Design

Perpustakaan mini di salah satu sisi ruangan Puri Galaxy oleh Lumos Interior Design via https://www.arsitag.com

Masih banyak area ruangan yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi perpustakaan mini di rumah, seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Rumah Puri Galaxy ini mendesain ruang tamu yang sempit sekaligus menjadi ruang baca dengan gaya modern. Warna krem pada dinding dan sofanya membuat ruangan ini sangat nyaman untuk bersantai sambil membaca.

5. Jangan lupa tambahkan area duduk bikin nyaman

Perpustakaan dengan tempat duduk yang nyaman, proyek DE's House oleh Tridivan Architama

Perpustakaan dengan tempat duduk yang nyaman, proyek DE’s House oleh Tridivan Architama via https://www.arsitag.com

Perpustakaan kurang lengkap tanpa adanya ruang untuk duduk yang nyaman. Penataannya cukup mudah. Cukup tempatkan sofa dan kursi empuk berbentuk bulat dengan warna senada supaya terlihat lebih elegan. Jangan lupa untuk tambahkan karpet tebal dan empuk, agar suasana makin hangat dan nyaman. Kamu pun jadi betah berlama-lama membaca.

Advertisement

6. Pojok ruangan yang minimalis

Perpustakaan rumah di pojok ruangan, proyek DYG01 oleh Casa.ID Architecture Design

Perpustakaan rumah di pojok ruangan, proyek DYG01 oleh Casa.ID Architecture Design via https://www.arsitag.com

Apabila di dalam rumahmu masih terdapat sudut ruangan yang kosong tak terpakai, kenapa tidak menyulapnya menjadi area baca? Tampilan material kayu pada rak bukunya yang dikombinasikan dengan kabinet warna putih, memperlihatkan kesan stylish dan apik. Cocok buat hunian dengan konsep desain minimalis untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.

7. Area lorong rumah disulap jadi perpustakaan mini

Perpustakaan mini di lorong rumah, proyek La Vintage oleh Dap Studio

Perpustakaan mini di lorong rumah, proyek La Vintage oleh Dap Studio via https://www.arsitag.com

Tak hanya pojok ruangan saja yang bisa kamu jadikan perpustakaan mini. Lorong rumahmu pun bisa disulap jadi area membaca yang menarik seperti ini. Kamu bisa menggunakan lemari dinding untuk memajang buku-buku koleksimu. Kemudian, berikan bantalan empuk di atas kabinet sebagai tempat duduk yang menempel dengan dinding. Jangan lupa tambahkan lampu penerangan yang cukup untuk membaca.

Menarik bukan, ide-ide kreatif menata perpustakaan rumah di atas? Dengan sentuhan kreativitas, ada banyak cara untuk menghadirkan perpustakaan mini di dalam rumah. Kini, keterbatasan ruang bukanlah hambatan untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk membaca.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE