Memiliki wajah yang halus, bersih dan bebas jerawat, pastinya dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada berbagai cara yang dapat dilakukan wanita, salah satunya dengan menggunakan make up. Make up atau kosmetik merupakan sediaan farmasi yang berfungsi untuk meningkatkan penampilan agar terlihat lebih cantik. Pastinya kalian tahu kan, ada berbagai macam jenis sediaan kosmetik yang diproduksi, mulai dari sediaan kulit wajah, mata dan bibir. Nah, jangan lupa ada hal penting yang perlu dilakukan sebelum kamu menggunakan make up, yakni dengan mengenal jenis kulit wajahmu. Mengapa? Karena setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, ada normal, kering dan berjerawat. Dengan mengetahui jenis kulit yang kalian miliki, maka akan berpengaruh terhadap ketepatan produk kosmetik yang kalian pilih, sehingga produk yang kalian gunakan aman dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Nggak mau kan, yang semestinya tampil lebih memukau malah jadi menyeramkan karena alergi. Nah, kali ini aku akan merekomendasikan make up yang tepat untuk kalian yang memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat.

1. Mengenal jenis kulit

kulit berminyak dan berjerawat

kulit berminyak dan berjerawat via https://www.biutiva.com

Mengenal jenis kulit sendiri sangat penting sekali. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui dan memilih dengan tepat jenis make up apa yang akan kalian gunakan untuk perawatan kulitmu. Pada jenis kulit berminyak, minyak pada kulit berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya seperti debu dan polusi luar yang dapat masuk ke dalam pori-pori kulit. Selain itu, fungsi minyak pada kulit mampu mencegah terjadinya penuaan kulit. Tapi, jika produksi minyak berlebih malah akan membawa masalah pada wajah dan akan menyebabkan jerawat mudah timbul. Peningkatan produksi minyak dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti genetik, makanan berlemak dan tidak tepat memilih jenis kosmetik.

2. Jenis kosmetik untuk kulit berminyak dan berjerawat

Kosmetik merupakan suatu benda yang lekat dengan perempuan. Hampir seluruh perempuan menggunakan produk kosmetik setiap harinya. Nah, yang perlu diketahui adalah kosmetik tidak bisa digunakan pada sembarang kulit. Jangan sampai kamu memilih suatu produk kosmetik hanya karena tertarik pada suatu iklan, melihat temanmu menggunakan produk tersebut dan parahnya lagi, karena ingin lebih hits dengan menggunakan brand tersebut. Ya, jangan sampai itu terjadi, ingat jenis kulitmu belum tentu sama dengan temanmu dan belum tentu kulitmu cocok dengan brand yang katanya bikin hits itu. So, kalian harus berhati-hati dan selektif memilih kosmetik yang akan kalian gunakan dan berikut ini jenis kosmetik untuk kulit berminyak dan berjerawat yang biasa kalian gunakan setiap hari.

Advertisement

Advertisement

3. Facial Wash

kulit berminyak

kulit berminyak via https://www.biutiva.com

Facial Wash yang baik adalah yang dapat membersihkan dan dapat mengangkat kotoran dari pori-pori tanpa menghilangkan kelembaban dan merusak sel-sel kulit yang masih sehat. Untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat disarankan menggunakan produk yang free oil, anti acne, atau jenis facial wash yang mengandung busa dan berbentuk gel.

4. Foundation

foundation

foundation via http://www.sayangi.com

Untuk jenis kulit berminyak, foundation yang cocok adalah jenis foundation cair/liquid. Jenis foundation ini ringan dan cocok untuk semua jenis kulit. Nah, jika kalian menginginkan yang tahan lama, kalian dapat menggunakan yang jenis matte. Dan yang kalian perlu tahu, jenis foundation cream tidak disarankan untuk kulit berminyak karena mengandung banyak minyak dan malah meningkatkan produksi minyak pada kulit kalian.

5. Bedak

Jenis bedak yang disarankan untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah jenis bedak tabur, karena bedak tabur memiliki tekstur yang ringan pada kulit. Selain itu, untuk kulit berminyak, bedak tabur tidak akan membuat wajah terlihat belang apalagi saat anda berkeringat. Bedak padat memang lebih praktis karena tidak akan berantakan saat anda memakainya. Jika Anda tak memiliki masalah kulit wajah seperti minyak berlebih atau jerawat, bedak padat bisa menjadi pilihan yang paling oke.

6. Pembersih Make-Up

pembersih make-up

pembersih make-up via http://stylecaster.com

Untuk membersihkan sisa make up dan mengangkat kotoran dari wajah kalian, micellar water adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat karena produk ini mengandung air dan tidak meningkatkan produksi minyak pada wajah kalian.

Nah, jelas kan, jenis kosmetik apa yang harus kamu pilih? Bagi kalian yang masih salah memilih jenis kosmetik segeralah beralih untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya