Panas terik di siang hari dan hujan deras di sore hari merupakan rutinitas yang hampir tiap hari harus kita rasakan. Bukan hanya kebugaaran tubuh yang terancam, kulit pun mulai kering, kusam bahkan mengelupas tanda ia lelah dan meminta perhatian lebih darimu.

Ingin hati pergi ke salon atau setidaknya beli sheetmask ala korea supaya bisa one day one mask, tetapi kantong tidak mengizinkan. Tenang, dimana ada niat dan kemauan pasti ada jalan. Tuhan sudah menciptakan suatu bahan ajaib bernama oatmeal yang menjadi solusi bagi hampir semua permasalahan kulit. Satu yang harus diperhatikan adalah TELATEN. Simak keajaiban-keajaiban oatmeal bagi kulit kita berikut ini.

1. saat wajah memerah, tenangkan dengan oatmeal dan air

skin inflamation 101

skin inflamation 101 via http://pinterest.com

Bagi pemilik kulit sensitif, paparan sinar matahari yang intens dapat membuat kulit kemerahan dan terbakar. Tidak cocok dengan kosmetik atau berhenti dari krim dokter juga terkadang membuat kulit meradang yang membuat kita bingung harus bagaimana. Diberi produk skincare pun terkadang tidak memberi solusi, justru perih yang didapat.

Jangan resah, buatlah pasta dari 2 sendokmakan oatmeal dan air hangat secukupnya, oleskan di wajah dan tunggu sampai kering. Lakukan terus sampai warna kulit kembali normal dan tidak perih lagi bila menggunakan kosmetik favoritmu.

2. kulit kering dan mengelupas bukan masalah besar lagi

Dry Skin Patches on Face,

Dry Skin Patches on Face, via http://www.healremedy.com

Advertisement

Saat kulit kering bahkan mengelupas, bukan hanya berasa tidak nyaman, bedak dan make up favorit kamu juga tidak melekat paripurna pada kulit. Jangan khawatir, karena segenggam oatmeal, sedikit air hangat dan beberapa tetes madu mampu menjaga kelembapan kulit wajahmu seharian.

3. beberapa tetes jeruk lemon dan oatmeal dapat singkirkan kulit kusam tanpa rasa perih berlebih

Lemon yang kaya vitamin C sudah terkenal sebagai whitening agent ampuh andalan berbagai produk. Namun menggunakan lemon tanpa campuran bahan-bahan lain justru membuat kulit perih karena keasaman lemon yang tinggi.

Oatmeal dapat menjadi pilihan yang sempurna sebagai campuran masker lemon. Dengan perbandingan lemon dan oatmeal 1:2, wajah cerah seketika bukan hal mewah lagi.

4. Facial wash andalanmu habis? Oatmeal bisa jadi pengganti yang terbaik

Advertisement

Saat facial wash favorit kamu habis dan belum ada waktu untuk belanja atau harus menunggu diskon, kamu bisa menggunakan oatmeal instan sebagai pengganti. Kandungan saponin dalam oatmeal dapat membersihkan kotoran dan minyak pada kulit tanpa rasa kering setelahnya. Justru kulit menjadi kenyal dan halus yang bikin kita betah elus pipi sendiri.

Caranya mudah, pertama, genggam kira-kira 1/2 sampai 1 sendok makan oatmeal instan lalu kucurkan air, biarkan air membasahi oatmeal melewati sela-sela jari, saat oatmeal sudah cukup basah gosok-gosok lembut ke wajah. Lakukan seperti kamu biasa mencuci wajah. Kekurangannya memang hanya tidak praktis terutama jika dibawa berpergian.

5. Terakhir, segala sesuatu butuh proses begitu pula kulit cantikmu

Bagi saya, hal-hal di atas memiliki efek yang signifikan. Apabila tidak begitu bagimu maka tidak ada yang perlu disalahkan. Karena pada akhirnya, semua orang memiliki respon dan efek yang berbeda pada setiap perawatan maupun produk kosmetik. Ada yang 'ngaruh' dengan cepat ada juga yang perlu menunggu. Sabar, konsisten dan telaten adalah kunci utama semua perawatan.

Karena cantik tidak melulu soal mahal dan sakit, tapi soal niat dan kemauan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya