Tahukah kamu bahwa ternyata banyak perusahaan teknologi besar seperti Google, Baidu, dan Metrodata ternyata memiliki misi positif di dunia pendidikan. Mereka menyediakan sejumlah beasiswa yang dapat diikuti oleh mahasiswa di Indonesia.

Ayo dicek, siapa tahu nanti kamu bisa diterima kerja full time di perusahaan teknologi berikut ini:

1. Beasiswa dan Program Magang Google

blog.galedu via http://blog.galedu.com

Google yang merupakan perusahaan search engine atau mesin pencari terbesar di dunia, adalah salah satu perusahaan yang menyelenggarakan program beasiswa dan magang yang cukup ramai di kalangan anak muda. Kebanyakan anak muda memang mempunyai cita-cita untuk bekerja di perusahaan ini, dan jika kamu salah satunya, kamu bisa mengikuti program beasiswa google yang bernama The Google Anita Borg Memorial Scholarship.

Program ini dibentuk sebagai penghargaan kepada Dr Anita Borg, ilmuwan wanita asal Amerika Serikat yang mendorong peran perempuan di bidang ilmu komputer dan teknologi. Beasiswa ini ditujukan bagi kamu yang hendak atau sedang menempuh jenjang pendidikan S1, S2, dan S3. Program studi yang berlaku terkait bidang ilmu komputer, teknik komputer, dan bidang ilmu terkait lainnya.

The Google Anita Borg Memorial Scholarship akan membiayai uang kuliah bagi kandidat yang terpilih. Semua penerima dan juga finalis beasiswa juga akan diundang ke serangkaian acara Google yang berisikan workshop, panelist, sesi breakout, dan aktivitas sosial selama dua hari. Beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan April, dan ditutup pada bulan Juni.

2. Beasiswa S1 dari Metrodata

Advertisement

Forbes Indonesia via http://forbesindonesia.com

Selain Google, Metrodata juga termasuk perusahaan teknologi yang menyediakan program beasiswa lho. Bagi kamu dengan jurusan Information and Communication Technology (ICT), Akuntansi, ataupun Teknik Industri dapat melamar di program beasiswa ini. Kamu akan mendapatkan tunjangan uang kuliah sebesar Rp 5 juta tiap semester hingga semester 8, konseling karir, prioritas untuk menjadi karyawan di Metrodata, pengembangan kepemimpinan, dan kesempatan magang.

3. Kompetisi Marketing dan Beasiswa ke Beijing dari Baidu

Tidak mau ketinggalan, Baidu, perusahaan teknologi asal Tiongkok, juga meluncurkan sebuah kompetisi bernama Baidu International Marketing Competition, yang ditujukan untuk mahasiswa yang tertarik dengan dunia industri digital. Peserta kompetisi ini akan bersaing secara individual untuk merencanakan strategi pemasaran terbaik yang dapat diimplementasikan di produk Baidu.

Dalam ajang kompetisi ini, ada empat produk yang dijadikan kasus untuk marketing plan, yakni MoboMarket, DU Browser, DU Speed Booster, dan DU Battery Saver. Kompetisi ini dimulai sejak 1 Juli hingga 15 Oktober 2016 ini berlangsung dalam dua format penulisan, yaitu proposal marketing plan dan slide persentasi.

Ini dia yang paling menarik, 3 juara utama akan mendapatkan perjalanan gratis untuk menghadiri acara marketing bergengsi di Beijing pada akhir tahun 2016 dan mendapatkan beasiswa jutaan rupiah dari Baidu.

4. Citiasia Oracle Scholarship Tawarkan Training dan Sertifikasi Oracle Gratis

Citiasia Oracle Scholarship via http://oracle.citiasiainc.id

Cukup berbeda dengan perusahaan teknologi lainnya, beasiswa yang diberikan oleh Citiasia berupa program sertifikasi Oracle dari Oracle University, yang terdiri atas Applications, Database, Enterprise Management, Industries, Java & Middleware, Operating Systems, Systems, Virtualization, Cloud, dan lain-lain. Sertifikasi Oracle ini sangat berguna, terutama bagi kamu yang hendak masuk ke industri teknologi.

Terdapat 3 level sertifikasi Oracle, yaitu Oracle Certified Associate (OCA), Oracle Certified Professional (OCP) dan Oracle Certified Master (OCM). Program Citiasia Oracle Scholarship ini ditujukan kepada mahasiswa aktif D1-S3 dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri atau swasta di Indonesia. Terdapat dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa parsial dan beasiswa penuh.

5. Google Business Intern

Selain beasiswa, Google juga menawarkan sejumlah program magang yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa, dari dan di seluruh dunia. Yup, Google menawarkan sejumlah negara yang bisa kamu pilih sebagai tempat magang, keren kan? Program magang ini ditujukan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di jenjang S1, S2, dan S3.

Google Business Intern ini berdurasi 8-12 minggu dan berlokasi di beberapa negara. Peserta program magang diharapkan dapat mengikuti program ini diantara bulan Mei sampai dengan bulan Oktober di tahun selanjutnya.