Cara Tepat Hemat Kuota untuk Kamu yang Suka Tethering, Buka Maps dan Main Instagram Aja

Cara menghemat kuota internet

Pada saat ini semuanya serba internet. Sudah dapat dipastikan jika semua orang membutuhkan kuota internet setiap harinya. Bahkan nih, kuota internet dapat dikatakan sebagai pengeluaran rutin yang harus kamu lakukan. Karena jika tidak punya kuota kamu tidak dapat buka media sosial dan membuka segala sesuatu yang berhubungan dengan internet.

Nah, masalahnya di beberapa kasus ada yang mengeluhkan kuota internetnya cepat habis. Untuk menghemat pengeluaran rutin, tentu kamu harus tahu cara menghemat kuota internet agar nggak jebol lagi tabunganmu.

Nah, berikut ini beberapa tips hemat kuota internet yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaranmu juga. Apalagi untuk kamu yang sukanya tethering ke laptop, pakai maps sebagai penunjuk jalan dan buka-tutup Instagram sebelum tidur. Yuk simak!

Advertisement

1. Gunakan browser yang lebih efisien dan mampu menghemat kuota

Ketika akan mencari suatu hal di mesin pencari, kamu bisa menggunakan browser sebagai medianya. Nah, ada banyak jenis browser yang dapat kamu gunakan.

Namun, satu hal yang paling penting adalah pastikan kamu menggunakan browser yang paling efisien misal seperti Opera Mini dan Google Chrome. Hal ini sudah terbukti dapat menghemat kuotamu lho.

Advertisement

2. Nonaktifkan fitur sinkronasi pada aplikasi yang jarang digunakan

Fitur Ponsel

Fitur Ponsel via https://pixabay.com

Tips menghemat kuota internet yang selanjutnya adalah pastikan kamu menonaktifkan fitur sinkronasi pada aplikasi yang jarang digunakan. Caranya adalah masuk ke menu pengaturan dan pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronkan.

3. Pakai aplikasi hemat data

Aplikasi Hemat Kuota

Aplikasi Hemat Kuota via https://www.kuotainternetgue.com

Cara ini juga bisa kamu terapkan loh, pada saat ini sudah banyak para developer yang membuat aplikasi hemat data. Kamu bisa menggunakan salah satunya yang ada di Playstore atau AppStore. Kamu juga bisa menggunduh aplikasi ini di laptopmu agar pada saat tethering, kuota internetmu nggak cepat habis.

 

Advertisement

4. Update semua aplikasi di ponsel ketika terhubung ke wifi

Wifi HP

Wifi HP via https://unsplash.com

Selanjutnya, biasanya smartphone akan memperbarui beberapa aplikasi yang perlu diperbarui secara otomatis. Dalam hal ini yang perlu kamu lakukan adalah buat pengaturan pembaruan agar hanya memperbarui aplikasi apabila terhubung pada Wifi.

Update aplikasi secara otomatis tentu saja akan menguras kuotamu. Jadi, pastikan kamu mengubah peraturan di bagian menu setting, lalu pilih auto-update Apps dan pilih auto-update apps over wifi only.

5. Trik hemat kuota saat menggunakan aplikasi maps: pindah mode ke offline!

Maps Ponsel

Maps Ponsel via https://pixabay.com

Siapa yang mengira, ternyata aplikasi maps juga jadi salah satu penyebab kuotamu cepat habis lo. Oleh karena itu, kamu perlu perhatikan ini. Ternyata aplikasi Maps akan memakan banyak kuota data jika menggunakan layanan built-in navigation hingga melihat traffic secara real time atau saat kamu melihat map dengan menggunakan mode satelit.

Nah, untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengubah pengaturan Maps ini dari yang awalnya mode online diubah ke mode offline. Dengan begitu kuotamu akan lebih hemat.

Selamat mencoba tips hemat kuota sekaligus hemat biaya pengeluaran ini. Semoga tabunganmu nggak jebol gara-gara kuota internetmu yang selalu habis sebelum waktunya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sosok wanita periang dengan ketawa lepas. Suka makan coklat sembari menulis.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE