Lagi di Gresik? 5 Kuliner Khas Gresik Pesisir yang Sayang Dilewatkan!

Selain kaya dengan warisan sejarahnya, daerah Gresik pesisir juga kaya akan santapan makanannya yang lezat.

Jika kamu sedang berkunjung ke Surabaya, dan bosan dengan pemandangan gedung dan macet lalu lintas, kamu bisa mencoba destinasi alternatif ke Kota Gresik! Akses jalan tol yang semakin baik membuatmu sampai ke kota Pudak dalam waktu kurang dari 1 jam saja. Tapi tunggu, memangnya ada apa sih di kota Gresik?

Banyak yang mengira kota Gresik hanyalah sebuah kota kecil yang penuh dengan kepulan cerobong asap. Padahal, wilayah Gresik mempunyai daerah pesisir yang kental dengan sejarahnya. Konon, agama Islam pertama kali muncul di Pulau Jawa bermula dari kedatangan ulama, yaitu Syech Maulana Malik Ibrahim (atau lebih dikenal dengan sebutan Sunan Gresik), dan santri-santri luar daerah yang datang dari arah pesisir Gresik.

ADVERTISEMENT

1. Bonggolan Ikan

Photo by @warungyuktin on Instagram

Photo by @warungyuktin on Instagram via http://instagram.com

Kuliner satu ini merupakan yang tersohor di wilayah Gresik Pesisir. Sekilas, Bonggolan terlihat seperti pempek lenjeran karena bentuknya yang lonjong. Bahan dasar Bonggolan adalah ikan laut dengan ditambah tepung kanji, tepung terigu, bawang merah, bawang putih, dan sedikit penyedap rasa. Komposisi itulah yang membuat rasa Bonggolan gurih, kenyal, khas berbau ikan. 

Cara menikmati Bonggolan cukup mudah. Biasanya, masyarakat Gresik pesisir menyantap Bonggolan dengan sambal Kemanda! Selain menikmati on the spot, kamu juga bisa loh membawa pulang kuliner ini sebagai oleh-oleh. Salah satu warung penyedia Bonggolan yang selalu diburu pelancong adalah Bonggolan Ikan Yuk Tin.

ADVERTISEMENT

2. Kelo Kuning Ikan Sembilang

Photo by Kompas

Photo by Kompas via http://https

Kuliner ini bisa kamu temukan jika kamu berkunjung ke Pulau Mengare! Pulau ini merupakan bagian dari Kecamatan Bungah, Gresik. Nah, kuliner yang paling diburu jika sedang berada di wilayah ini tentu saja Kelo Kuning Ikan Sembilang. Dan, warung makan yang paling ramai adalah Warung Cak Kasan di desa Mengare. Buka dari pukul 9 pagi. Tapi karena penikmatnya begitu banyak, seringkali pukul 12 siang sudah ludes. 

Sebenarnya, apa sih ikan Sembilang itu? Ikan Sembilang adalah saudara kembarnya ikan Lele, namun mempunyai ciri khusus pada bagian siripnya. Meskipun tergolong beracun, namun dengan pengolahan yang benar, kuliner ini mempunyai sejuta manfaát loh! Salah satunya adalah kandungan omega 3 yang tinggi sehingga bagus untuk pembentukan jaringan otak. Masyarakat Gresik pesisir biasa menikmati Ikan Sembilang dengan kuah kuning yang bercita rasa asam, gurih, dan pedas. Jadi, jangan sampai kesiangan untuk menikmati kuliner lezat dan bergizi ini ya.

ADVERTISEMENT

3. Rujak Blonyo

Photo by @gresspediagresik on Facebook

Photo by @gresspediagresik on Facebook via http://facebook.com

Kuliner ini juga nggak kalah uniknya! Orang Jepang juga sangat suka menyantap terung laut segar yang hanya diberi asam jawa dan cuka. Tapi tahu kah kamu, bahwa tidak setiap waktu kamu bisa menikmati kuliner ini saat berkunjung ke Gresik Pesisir. Hal ini dikarenakan bahan bakunya, yaitu terung laut segar, nggak selalu ada. Jadi harus nagih informasi ke teman atau saudara yang rumahnya di daerah sini nih untuk bisa tahu ketersediaan terung laut.

Salah satu penjual kuliner Rujak Blonyo ini berlokasi di Jalan Sindujoyo XVI No. 14, Lumpur, Gresik. Bahan yang dibutuhkan selain terung laut segar, antara lain asam jawa, cuka, petis udang, daun kemangi, kelapa parut, dan bumbu olahan campuran kelapa. Harganya sangat murah, loh! Hanya 5.000-10.000 saja sudah bisa menikmati kuliner unik dan langka ini. Eits, jangan sampai kesiangan juga ya! Karena warung penjual Rujak Blonyo ini buka dari pukul 9 pagi, dan dalam waktu 2 jam saja sudah ludes!

ADVERTISEMENT

4. Kerang Simping

Photo by Radar Gresik

Photo by Radar Gresik via http://gresik.co

Kerang ini hidup di perairan dasar laut. Masyarakat Gresik pesisir terbiasa memakannya secara mentah. Wah, sudah mirip orang Jepang ya suka makan seafood segar. Tapi, banyak juga kok yang mengolahnya menjadi camilan khas, misalnya keripik. Jika kamu  berkunjung ke wilayah Gresik pesisir, dan sedang musim panen Kerang Simping, kamu bisa sepuasnya menyantap kuliner ini karena penghasilan masyarakat melimpah. Kapan dong musim panennya? Yaitu saat pertengahan tahun, atau sekitar bulan Juni.

Tapi, ingat ya! Meskipun bergizi, jangan sampai terlena karena mentang-mentang lagi musim panen. Mengonsumsi Kerang Simping secara berlebihan juga menimbulkan efek samping, antara lain pusing hingga flu.

ADVERTISEMENT

5. Otak-Otak Bandeng

Photo by Resep Media

Photo by Resep Media via http://resepmedia.com

Tanpa keraguan tanpa tipuan, dari sekian banyak rekomendasi kuliner khas Gresik pesisir, Bandeng merupakan yang paling dikenal masyarakat seantero Indonesia. Sebagai wilayah yang masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan laut atau tambak, tentu saja ikan Bandeng merupakan salah satu komoditas andalan mereka. 

Berbagai macam olahan masakan ikan Bandeng pun dapat dengan mudah ditemukan, bukan cuma di wilayah pesisir namun di setiap penjuru wilayah Gresik, salah satunya otak-otak Bandeng. Kabar baiknya, kuliner satu ini bisa dibuat oleh-oleh juga loh. Yang paling terkenal dan paling diburu adalah Otak-Otak Bandeng Bu Muzanah. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan membawakan oleh-oleh Otak-Otak Bandeng untuk yang tersayang di rumah ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Belajar Ilmu Hubungan Internasional selama 4 tahun. Lalu berkarir di dunia PR, marketing communication, media relations, dan antek-anteknya selama 3 tahun lebih. Suka ngvolunteer sambil traveling tipis.